Sukses

Burj Khalifa Akan Tampilkan Pertunjukan Salam Hari Raya Iduladha 2021

Cara unik sekaligus istimewa dilakukan pengelola gedung Burj Khalifa untuk menyambut Iduladha tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar umat muslim di duni akan merayakan Hari Raya Iduladha 1442 H pada Selasa, 20 Juli 2021. Meski masih dalam masa pandemi Covid-19, ada banyak cara untuk bisa merayakn Iduladha.

Cara unik sekaligus istimewa dilakukan pengelola gedung Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Gedung tertinggi di dunia itu akan menampilkan pertunjukan lampu dengan salam hari raya.

Dilansir Timeout Dubai, Minggu, 18 Juli 2021, para wisatawan dan warga UEA bakal disuguhkan dengan ucapan 'Eid Mubarak' yang terpampang di menara Burj Khalifa.

Tulisan tersebut akan dinyalakan mulai pukul 20.00 waktu setempat dari tanggal 20 sampai 24 Juli 2021. Selain itu, pertunjukkan spesial LED bertema Iduladha juga akan digelar setiap 30 menit mulai pukul 19.45 sampai 22.45 waktu setempat.

Para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pertunjukan air mancur di Dubai Fountain setiap 30 menit. Pertunjukkan ini digelar mulai pukul 18.00 waktu setempat hingga pukul 23.00 waktu setempat.

Dilansir Hindustan Times, Dubai juga menampilkan sejumlah pertunjukan menarik bagi wisatawan selama perayaan Iduladha. Tak hanya untuk merayakan hari besar, pertunjukan lampu di Burj Khalifa juga pernah digelar sebagai tanda solidaritas.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Solidaritas UEA

Pada April 2021, gedung itu diselimuti warna merah di bagian puncaknya, putih pada bagian tengahnya, dan hijau pada bagian bawahnya. Warna-warna tersebut sebagai lambang dari bendera India.

Burj Khalifa menyala dalam warna bendera India itu sebagai tanda solidaritas UEA dengan negara yang dilanda gelombang kedua virus corona Covid-19.

"Mengirimkan harapan, doa, dan dukungan kepada India dan semua orangnya selama masa yang menantang ini," kata akun Twitter resmi menara ikonik tersebut, menggunakan tagar #StayStrongIndia yang juga ditampilkan di Burj Khalifa, seperti diberitakan Arab News, 26 April 2021.

Orang India adalah kelompok ekspatriat terbesar di UEA. India menghadapi krisis karena lonjakan kasus Covid-19 dan oksigen serta langkanya pasokan perlengkapan medis.

3 dari 4 halaman

Rayakan HUT RI

Di tahun lalu, Burj Khalifa juga menampilkan pertunjukan dengan ikut mengibarkan bendera Merah Putih  Warga Dubai di Uni Emirat Arab turut merasakan semarak HUT ke-75 RI lewat tampilan cahaya di Burj Khalifa. Pada 17 Agustus malam waktu setempat, menara itu menampilkan animasi Bendera Merah Putih yang berkibar.

KBRI Abu Dhabi mengungkap, selain di Burj Khalifa, Bendera Merah Putih juga muncul di Burj Al Arab, ADNOC Building, Sheikh Zayed Bridge, Abu Dhabi Municipality Building, dan berbagai lokasi lain.

Putra Mahkota Emirat Abu Dhabi, Pangeran Mohamed bin Zayed (MbZ), juga menyampaikan pesan kemerdekaan kepada Presiden Joko Widodo. Pangeran MbZ mengharapkan perdamaian dunia pada HUT ke-75 RI.

"Dalam perbincangan telepon dengan sahabat saya Presiden Jokowi dari Indonesia, kami mendiskusikan hubungan antara dua negara. Kami juga bertukar salam untuk Tahun Baru Islam, semoga itu membawa perdamaian dan kesejahteraan ke dunia," ujar Mohamed bin Zayed lewat Twitternya.

4 dari 4 halaman

Infografis Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.