Sukses

Pakai Rok ke Sekolah, Murid Pria di China Picu Debat Pendidikan Netral Gender

Suara kontra disebut jadi bukti bahwa pendidikan netral gender tidak akan diterapkan dalam waktu dekat di China.

Liputan6.com, Jakarta - "Karena sejuk dan cantik," seorang murid pria asal China meminta pada orangtuanya untuk diperbolehkan memakai rok ke sekolah. Tidak terkejut dengan permintaan itu, mereka pun pergi ke mal untuk membeli rok.

Namun, ketika ayahnya menulis tentang pengalaman itu di media sosial, cerita tersebut memicu diskusi tentang pendidikan netral gender di China, lapor SCMP, Sabtu, 17 Juli 2021. "Saya dan istri saya sepenuhnya siap untuk apa yang kita hadapi hari ini, dan mengagumi keberanian putra kami karena ia tahu anak perempuan memakai rok," tulis pria yang diketahui bernama Haixing ini.

Ketika pulang sekolah, ayah 31 tahun itu melanjutkan, anaknya menangis. Ia mengatakan, beberapa teman sekelas mengejeknya, tapi ia tidak keberatan. Ia sedih karena anak laki-laki lain mengangkat roknya.

Kemudian, seorang guru secara terbuka mengkritiknya selama kelas. Ia dijelaskan mengatakan, "Seorang anak laki-laki harus (berpakaian) seperti anak laki-laki, mereka tidak memakai rok."

Beberapa murid perempuan di kelasnya berdiri, mengatakan bahwa anak laki-laki memiliki kebebasan untuk memakai rok dan sebaliknya. Tapi, guru itu menjawab, "Itu di Amerika Serikat. Di China, tidak ada 'kebebasan' seperti itu."

Tidak berbeda jauh dari situasi kelas, masalah ini juga bermuara pada pro kontra saat diboyong ke ranah digital. Beberapa memuji orangtua atas keterbukaan pikiran dan kesediaan mereka mematahkan stereotip gender. Sementara, yang lain menyerang si ayah dan mengatakan, ia "terlalu benar secara politis."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontroversi Pendidikan Netral Gender

Cui Le, seorang mahasiswa PhD di Fakultas Pendidikan dan Pekerjaan Sosial Universitas Auckland, menjelaskan bahwa persepsi publik tentang unggahan tersebut mencerminkan betapa masih sangat kontroversialnya pendidikan gender di China.

"Berbeda dengan praktik pendidikan ayah yang menghormati keragaman ini, anak itu menghadapi segala macam tekanan di sekolah, termasuk kritik dari banyak guru, pertanyaan dari satpam, ejekan dan intimidasi dari teman sekelasnya," katanya. "Hambatan ini menunjukkan bahwa di sekolah di Tiongkok, norma gender tradisional masih dominan."

Ia menyambung, masih sulit bagi mereka yang tidak mengidentifikasi diri dengan arus utama untuk mengekspresikan diri, dan pihak berwenang masih kurang kesadaran gender. Juga, Cui mencatat, ini menimbulkan kekhawatiran tentang pengalaman siswa LGBT, terutama yang transgender, di sekolah.

3 dari 4 halaman

Praktik Pendidikan Gender

Minggu lalu, lusinan akun WeChat LGBT ditutup, tindakan yang dipuji banyak orang. Mereka menulis, "Anda boleh jadi gay, tapi jangan memengaruhi anak muda kita" dan "Seharusnya tidak jadi hal yang membanggakan, jika saya cacat, apakah saya akan memamerkannya?"

Di Barat, ada lebih banyak konsensus dalam pendidikan gender untuk menerapkan pemikiran kritis pada norma gender biner, tentang meruntuhkan stereotip gender dan menghormati keragaman gender, kata Cui.

"Di Selandia Baru, misalnya, pendidikan seks dan gender menyatakan bahwa sekolah harus menyediakan seragam netral gender, dan siswa dapat memilih seragam dan kamar mandi berdasarkan kehendak bebas dan identitas gender mereka. Guru juga harus menghindari ekspresi gender biner dalam pengajaran, seperti membagi siswa jadi 'laki-laki dan perempuan'," tuturnya.

"Jelas bahwa akan butuh waktu lama sebelum keragaman dan kesetaraan gender dapat diterima dan dipraktikkan di bidang pendidikan di China,” tandas Cui.

4 dari 4 halaman

Infografis Sekolah Tak Lagi Seperti Dulu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.