Sukses

Pahami 4 Perbedaan Hotel Syariah dan Hotel Konvensional

Rincian fasilitas jadi salah satu perbedaan hotel syariah dan hotel konvensional.

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari perjuangan sektor perhotelan di tengah pandemi, selama ini pelancong telah mengenal berbagai jenis akomodasi. Salah satunya adalah hotel syariah yang ekosistemnya merupakan salah satu pendukung praktik wisata halal. 

Sejalan dengan itu, beberapa penyesuaian dilakukan dari konsep hotel konvensional. Berikut sejumlah perbedaannya seperti dirangkumkan RedDoorz melalui siaran pers pada Liputan6.com, baru-baru ini.

1. Aturan Lebih Ketat

Hotel syariah tidak memperbolehkan pelanggan yang merupakan pasangan belum menikah menginap di satu kamar. Biasanya pelanggan harus menunjukkan surat nikah atau setidaknya KTP dengan alamat yang sama untuk membuktikan status mereka.

2. Makanan dan Minuman Halal

Hotel syariah wajib menyediakan hanya makanan dan minuman bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Meski layanan ini biasanya juga disedakan pada hotel konvensional, namun belum tentu semuanya telah tersertifikasi MUI.

3. Perbedaan Fasilitas

Anda tidak akan menemukan fasilitas tertentu di hotel syariah, seperti karaoke, club, dan bar. Saat menginap, hotel syariah tidak mengizinkan tamu membawa minuman beralkohol.

4. Ruang dan Alat Ibadah yang Lengkap di Hotel Syariah

Umumnya, hotel syariah menyediakan berbagai kebutuhan beribadah lebih lengkap, seperti Alquran, sajadah, dan petunjuk arah kiblat. Beberapa hotel bahkan menyediakan ruang berdoa dan tempat wudu yang lebih nyaman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memilih Akomodasi Paling Sesuai

Perbedaan hotel syariah dan konvensional membuat pelancong punya beragam pilihan untuk menginap. Karenanya, RedDoorz menyediakan kedua jenis hotel ini.

"Kami sangat menghargai keberagaman di Indonesia, termasuk berbagai kebutuhan akomodasi saat ingin berlibur atau sekadar staycation bersama orang terdekat. Semuanya bisa ditemui di aplikasi RedDoorz untuk memberi kenyamanan menginap pada pelanggan kami," kata Vice President of Operations RedDoorz, Adil Mubarak.

Pihaknya mengklaim menjamin kemudahan memesan, harga terjangkau, dan standar kualitas pelayanan yang baik. Sebagai bentuk komitmen, mereka merilis kampanye #SahabatPass untuk membantu mewujudkan rencana berlibur dengan aman dan nyaman melalui program HygienePass.

3 dari 4 halaman

Promosi Long Stay Promo

Kampanye itu juga menawarkan Long Stay Promo, yaitu program promo bayar tiga malam untuk pemesanan empat malam dan membayar enam malam untuk pemesanan delapan malam. Promo ini berlaku di seluruh properti RedDoorz untuk masa pemesanan 6--20 Juli 2021 dan periode menginap 6--31 Juli 2021.

RedDoorz sendiri telah mendapat sertifikasi HygienePass, program hasil kerja sama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). HygienePass adalah program sertifikasi untuk akomodasi dan perhotelan, terutama mitra properti RedDoorz. Itu berarti "mereka telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar yang telah ditetapkan."

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.