Sukses

Terharu Lihat Perjuangannya, Pria Borong Kerupuk Pedagang Tunanetra

Pedagang kerupuk itu terlihat sangat murah senyum dan sepertinya Willie benar-benar terharu melihat perjuangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak cara untuk membuat diri sendiri dan orang lain bahagia, salah satunya dengan berbagai kebaikan. Ucapan terima kasih atau sekadar senyuman biasanya dapat membuat kita senang. Contohnya, seorang pria berbagi dengan pedagang kerupuk keliling tunanetra.

Hal itu diketahui dari unggahan akun TikTok @williesalim. Dalam unggahan pada 10 Juli 2021 itu, pria muda ini ingin berbagi pada seorang penjual kerupuk keliling tunanetra. Saat itu hari sudah malam, Willie tak sengaja melihat pedagang ini dengan kerupuk yang masih sangat banyak.

Willie kemudian menghampirinya untuk membeli kerupuk. Pertemuan Willie dengan pedagang kerupuk tunanetra ini ternyata sangat menyentuh hati.

Dengan keterbatasan dirinya, pedagang kerupuk itu masih ingin terus berusaha tanpa meminta belas kasihan. "Bapak nggak bisa lihat tapi nggak mau minta-minta," ucap pedagang kerupuk itu pada Willie.

Pedagang kerupuk itu bahkan mengaku pernah ditipu karena dirinya tak bisa melihat. Namun, pria ini tak lama larut dalam kesedihan dan tetap bersyukur atas kuasa Tuhan.

Pedagang keliling itu terlihat sangat murah senyum dan sepertinya Willie benar-benar terharu melihat perjuangannya. Ia bahkan sempat mencium tangan pria itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagikan Kerupuk

Semua kerupuk dagangannya pun diborong oleh Willie dan ia juga memesan taksi online untuk pedagang tersebut pulang ke rumah. Sebelum pergi, pria penjual kerupuk itu sempat berpesan agar kerupuk yang diborong bermanfaat bagi orang lain.

Willie lalu membagikan kerupuk itu pada beberapa orang di jalan, mulai dari driver ojek daring, pedagang kaki lima dan pekerja bangunan ia beri kerupuk secara gratis.

Video ini berhasil menarik banyak perhatian warganet. Sampai berita ini ditulis video tersebut sudah dilihat lebih dari 644 ribu kali dan mendapatkan dan disukai lebih dari 86 ribu kali.

"Terima kasih @Willy Salim semoga Tuhan membalas semua kebaikan mu dan rezeki mu berkah berlimpah, Amiin," komentar seorang warganet.

"Salut Sama Bapaknya, “Dia Miliki Keterbatasan Tapi Masih Mau Berusaha” Beda Hal Nya Sama Yang Masih Muda Yang Non Keterbatasan Malah Minta," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Berjualan di Usia Senja

Apa yang dialami pedagang kerupuk tidak jauh beda dengan seorang kakek penjual yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @mariaulfa271 pada Mei 2021. Ia membagikan kisah seorang kakek yang masih harus mencari nafkah di usianya yang sudah senja.

Video itu memperlihatkan seorang kakek yang bekerja sebagai penjual kerupuk samiler mulai pagi hari hingga larut malam, Kakek itu berjualan di depan minimarket. Karena tak tega, wanita yang mengunggah video tersebut kemudian membeli kerupuk samiler tersebut.

Ia pun mengajak warganet jika bertemu dengan kakek ini atau pedagang pinggiran lain apalagi yang sudah sepuh agar bantu membeli dagangannya meskipun tidak butuh. Diketahui kakek tersebut bernama Iran, ia berasal dari Kabupaten Blora dan berjualan di daerah Surabaya.

Datang dari Blora, kakek penjual kerupuk itu mengatakan tak akan pulang kalau dagangan yang ia bawa belum habis. Meski begitu, sang kakek tetap semangat mencari uang untuk menyambung hidup. Dengan keadaan ekonomi yang kurang dia pantang mengemis.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.