Intip Lokasi Syuting Video Klip Terbaru BTS yang Dekat Bekas Tempat Bakar Sampah

Oleh Henry pada 15 Jul 2021, 08:02 WIB
Diperbarui 15 Jul 2021, 09:40 WIB
BTS
Perbesar
Video musik BTS, Permission to Dance. (YouTube HYBE LABELS)

Liputan6.com, Jakarta - Boy band Korea Selatan, BTS, baru saja comeback dengan lagu Permission to Dance (PTD) yang sudah dirilis video klipnya, Jumat, 9 Juli 2021. Ini adalah lagu berbahasa Inggris ketiga BTS setelah Dynamite dan Butter.

Klip Permission to Dance salah satunya memperlihatkan sejumlah orang dari beragam profesi dan usia menari mengikuti lantunan lagu sambil mengenakan masker. Di bagian akhir lagu yang ditulis bersama Ed Sheeran dan Elton John ini, extras dengan kompak melepas masker mereka.

Selain mengungkap kekaguman akan penggunaan bahasa isyarat dalam koreografi single tersebut, ARMY, sebutan penggemar BTS, juga membahas komponen lain dalam video musik itu. Salah satunya, lokasi syuting PTD.

Akun Instagram, @btsmap1, menulis bahwa lokasi syuting klip tersebut merupakan lahan kosong dekat Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan. Itu berada tidak jauh dari tempat syuting video fashion show Louis Vuitton, Bucheon Art Bunker B39.

Bedanya, lokasi syuting fashion video Louis Vuitton pernah menjadi tempat pembakaran sampah yang "disulap" jadi galeri seni. Sementara, lokasi syuting video klip PTD hanya berupa tanah lapang gersang yang kemudian dilengkapi beberapa set untuk kebutuhan gambar.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Membangun Latar Belakang

Lokasi Syuting Video Klip Terbaru BTS Ternyata di Lahan Kosong Dekat Bandara Incheon Korea
Perbesar
Lokasi Syuting Video Klip Terbaru BTS Ternyata di Lahan Kosong Dekat Bandara Incheon Korea. (dok.Instagram @btsmap1/https://www.instagram.com/p/CROzgXSshb5/Henry)

Sebagai art director, MU:E bertanggung jawab atas desain set dalam video musik. Mereka mengarahkan tim dalam memilih alat peraga dan membangun latar belakang sesuai dengan konsep lagu. 

Ini bukan pertama kalinya MU:E bekerja sama dengan BTS untuk menggarap video musik mereka. Sebelumnya, mereka juga terlibat dalam pembuatan video musik lagu berbahasa Inggris pertama BTS, Dynamite.

Syuting video klip Permission to Dance tak hanya dilakukan di Korea Selatan. Ada beberapa adegan extras berlatar di Los Angeles, Amerika Serikat. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bahasa Isyarat

Lokasi Syuting Video Klip Terbaru BTS Ternyata di Lahan Kosong Dekat Bandara Incheon Korea
Perbesar
Lokasi Syuting Video Klip Terbaru BTS Ternyata di Lahan Kosong Dekat Bandara Incheon Korea. (dok.Instagram @bona._.b/https://www.instagram.com/p/CRHJcsHsujR/Henry)

Video musik Permission to Dance bermakna membangkitkan gairah sekaligus memperlihatkan masa depan yang cerah ketika kita semua bisa menari dan melepas masker pascapandemi.

Seperti telah disinggung, video klip terbaru BTS itu menggunakan koreografi dengan bahasa isyarat yang langsung dipuji atas inklusivitas yang mereka gaungkan.

Koreografi video musik ini menggabungkan Bahasa Isyarat Amerika (ASL) dalam beberapa gerakannya. Mengutip kanal Disabilitas Liputan6.com, para member memeragakan koreorgafi yang berarti "bersenang-senang," "menari," dan "perdamaian."

Kendati sebenarnya ini bukan kali pertama bahasa isyarat lekat dengan boy group yang debut melalui lagu No More Dream tersebut. Di jagat maya, banyak pengguna membagikan video memperlihatkan penerjemah bahasa isyarat di konser BTS yang kala itu berlangsung di Los Angeles.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya