Wawancara Sensasional Meghan Markle dan Harry dengan Oprah Dinominasikan Emmy Awards 2021

Oleh Putu Elmira pada 14 Jul 2021, 10:05 WIB
Diperbarui 15 Jul 2021, 15:40 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam Wawancara Oprah. (Joe Pugliese/Harpo Productions via AP, File)
Perbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam Wawancara Oprah. (Joe Pugliese/Harpo Productions via AP, File)

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry bersama Oprah Winfrey pada Maret 2021 sukses menghebohkan publik. Kini, wawancara tersebut dinominasikan di ajang Emmy Awards 2021.

Dilansir dari People, Rabu (14/7/2021), acara bertajuk Oprah With Meghan and Harry: A CBS Primetime Special ini pertama kali ditayangkan di Amerika Serikat pada 7 Maret 2021. Wawancara Meghan dan Harry sebagai salah satu dari lima nominasi kategori Outstanding Hosted Nonfiction Series Or Special saat nominasi diumumkan pada Selasa, 13 Juli 2021.

Serial The Crown dan The Mandalorian mencetak nominasi terbanyak, masing-masing 24 nominasi untuk ajang tahun ini. Secara khusus, The Crown season lalu menceritakan versi fiksi dari periode penuh ketika Putri Diana dan Pangeran Charles, bertemu, menikah, dan memulai keluarga mereka di bawah tekanan kehidupan kerajaan.

Emma Corrin dan Josh O'Connor keduanya dinominasikan dalam kategori aktor utama dan drama untuk penampilan mereka masing-masing sebagai Diana dan Charles. Pangeran Harry sebelumnya mengaku di sebuah episode The Late Late Show telah menyaksikan beberapa kisah The Crown.

Pengakuan Harry di acara tersebut ditayangkan sesaat sebelum wawancara ia dan Meghan dengan Oprah. Wawancara ini disaksikan lebih dari 17 juta orang pada penayangan perdana di AS dan disiarkan di Inggris pada malam berikutnya.

Selama perbincangan dua jam, pasangan ini merekam soal "kepalsuan" yang mereka lihat di media soal diri mereka sendiri. Mereka berbagi cerita baru mengenai anggota keluarga mereka, merinci pilihan untuk menjauh dari tugas mereka sebagai bangsawan yang bekerja.

Mereka juga membuka perjuangan Meghan Markle dengan kesehatan mental saat ia hamil anak sulungnya, Archie, dan mengungkap tengah menanti anak kedua mereka. Meghan melahirkan anak kedua berjenis kelamin perempuan bernama Lilibet Diana pada 4 Juni 2021.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Harga Lisensi

Meghan Markle dalam wawancara dengan Oprah Winfrey. (Joe Pugliese/Harpo Productions via AP)
Perbesar
Meghan Markle dalam wawancara dengan Oprah Winfrey. (Joe Pugliese/Harpo Productions via AP)

Sesi wawancara antara Oprah Winfrey dengan Pangeran Harry serta Meghan Markle dijadwalkan untuk disiarkan pada hari ini, Minggu (7/3/2021). Stasiun CBS yang mendapatkan lisensi penayangannya dikabarkan harus membayar biaya antara 7 juta hingga 9 juta dolar AS atau lebih dari Rp100 miliar kepada rumah produksi Oprah Winfrey, Harpo Productions.

Hal tersebut terungkap dalam laporan The Wall Street Journal. Sebagai bagian dari kesepakatan kedua belah pihak, jaringan penyiaran juga berhak untuk menyiarkannya di luar negeri. Di Amerika Serikat, program wawancara itu akan ditayangkan pada hari ini, sementara di Inggris, wawancara Oprah dengan Harry dan Meghan akan disiarkan oleh ITV pada Senin, 8 Maret 2021.

Dikutip dari People, perwakilan CBS belum merespons permintaan konfirmasi atas berita tersebut. Namun dikabarkan Meghan dan Harry tidak dibayar untuk wawancara tersebut.

Dalam cuplikan video wawancara, Meghan mengungkapkan bahwa Oprah sempat mendekatinya untuk diwawancarai terkait rencana pernikahannya dengan Harry pada 2018 lalu. Namun, permintaan tersebut ditepis Duchess of Sussex.

"Aku tidak bisa mengiyakannya saat itu, itu bukan pilihanku untuk dilakukan," ujarnya, menjelaskan mengapa saat ini waktu yang tepat untuk berbicara.

"Kami kini di sisi yang melewati banyak pengalaman hidup dan juga kami mampu untuk membuat pilihan kami sendiri," ia menambahkan.

"Sebagai seorang dewasa yang hidup sangat mandiri, kemudian masuk ke konstruksi yang sangat berbeda dari yang aku pikir orang-orang inginkan, ini sangat menyenangkan untuk memiliki hak dan keistimewaan untuk bisa mengatakan iya. Aku pikir, aku siap untuk bicara," kata Meghan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Berbuntut Panjang

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Perbesar
Pangeran Harry dan sang istri Meghan Markle membuat keputusan mengejutkan. Pasangan itu mengungkapkan keinginan untuk hidup mandiri dan mundur dari anggota senior kerajaan Inggris. (Files Photo by Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Sederet pernyataan Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam wawancara dengan Oprah Winfrey yang disiarkan pada 7 Maret 2021 lalu, berbuntut panjang dan menuai kontroversi. Bahkan, Ratu Elizabeth II turut bereaksi.

Dilansir dari The Sun, Rabu (10/3/2021), bangsawan senior akan ditanyai secara pribadi oleh Ratu Elizabeth II soal rasisme yang dituduhkan Meghan Markle dan Pangeran Harry. Dalam sebuah pernyataan, Ratu menyebut tudingan itu akan ditangani secara pribadi.

Ratu akan bicara secara pribadi dengan Pangeran Charles, Camilla, Pangeran William, Kate Middleton, dan lainnya. Sebelumnya, The Sun menyebut Meghan dan Harry memberi laporan berbeda soal dugaan pernyataan rasis yang terungkap dalam wawancara dengan Oprah.

Meghan berkata kepada Oprah bahwa seorang bangsawan senior menanyainya saat ia sedang hamil soal "seberapa gelap" putra mereka yang belum lahir. Namun, Harry menyebut pernyataan itu muncul dalam percakapan sebelum mereka menikah dan tentang seperti apa rupa anak-anak mereka di masa mendatang.

Di sisi lain, Ratu Elizabeth II akhirnya merilis pernyataan singkat melalui Istana Buckingham pada Selasa, 9 Maret 2021. "Seluruh keluarga sedih mengetahui sepenuhnya betapa menantang beberapa tahun terakhir bagi Harry dan Meghan," bunyi pernyataan itu.

"Isu yang diangkat, terutama ras, sangat memprihatinkan. Meskipun beberapa ingatan mungkin berbeda, ingatan itu ditanggapi dengan sangat serius dan akan ditangani oleh keluarga secara pribadi," lanjut pernyataan tersebut.

"Harry, Meghan dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai," demikian pernyataan yang dirilis Istana Buckingham atas nama Ratu Elizabeth II itu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry

Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya