Sukses

Unggah Penampilan Terbaru, Marshanda Ajak Penggemar Menerima Bentuk Tubuh Apa Adanya

Marshanda ingin berhenti mengatakan kepada diri sendiri bahwa penampilannya terlihat jelek karena bentuk tubuhnya yang berisi dan lengan yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Marshanda termasuk selebritas yang cukup aktif di media sosial, terutama Instagram. Ia pun suka mengunggah penampilan terbarunya di Instagram dengan menambahkan kata-kata bijak dan penuh motivasi.

Dalam unggahan pada 9 Juli 2021, penampilannya tampak berbeda. Tubuhnya jauh lebih berisi dibandingkan dulu. Meski begitu, ia tidak merasa insecure. Lewat potret terbarunya itu, Marshanda ingin membagikan semangat body positivity kepada para penggemarnya.

Body positivity adalah gerakan yang mengajak kita semua untuk bisa menerima bentuk tubuh apa adanya. Tidak hanya bentuk tubuh, tapi juga dengan gender, ras, serta penampilan. Tujuan dari gerakan ini agar perempuan bisa melawan standar kecantikan yang ada di masyarakat itu sendiri.

Marshanda tahu betul itu tidak mudah. Ia mengaku konsep body positivity ini juga berusaha diterapkan di dalam dirinya. Salah satu caranya dengan berhenti mengatakan bahwa penampilannya terlihat jelek karena memiliki bentuk tubuh yang cukup berisi dan lengan yang besar.

"Berat banget rasanya waktu milih foto buat di-post from the whole photo collection of 'MY BODY IS PERFECT AND I LOVE IT' campaign. Beratnya adalah godaan untuk ngumpetin dan gak ngepost foto-foto yang gua merasa jelek disitu karena pikiran-pikiran seperti 'Sumpah tangan gua gede banget' atau 'Ih pinggangnya lebar' atau 'OMG perutnya berlipat'," tulis Marshanda.

"Haruskah kita jadi orang nomor satu yang ngejudge diri sendiri jelek? Segitu kejamnya kah kita harus bersikap sama diri sendiri? Why don't we be bestfriends with ourself instead?" lanjut perempuan yang akrab disapa Caca ini. 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Efek Samping Obat

Dalam unggahan lainnya pada , Marshanda tentang penyebab berat badannya meningkat cukup drastis. Menurutnya, kenaikan berat badan tersebut disebabkan oleh obat bipolar disorder yang rutin ia konsumsi.

Obat tersebut memberikan efek samping yang membuat metabolismenya sedikit melambat, namun nafsu makannya meningkat. Tanpa disadari, semakin lama berat badannya kian meningkat.

Caca mengakui sempat mengonsumsi obat penahan nafsu makan. Tapi kini, ia menyadari bahwa memiliki bentuk apa pun tidak masalah asal tetap menjalankan gaya hidup sehat. Caranya, bisa dengan berolahraga rutin dan mengonsumsi makanan sehat. Ibu satu anak ini juga meminta pada seluruh pengikutnya untuk selalu mencintai diri sendiri bagaimanapun kondisinya.

"Love her, ACCEPT her, EMBRACE her, BE CONFIDENT dan stop adopting other people’s shaming comments and inserting them in our own heads, for ourselves!! I want to accept me. Gue mau berhenti anggap diri gue jelek karena perut gue gendut atau tangan gue gede," pesan Marshanda.

"Jangan gampang komentar supaya orang lain kurusin badan mereka saat mereka gemukan karena kita gatau apa struggle yang mereka bisa aja rahasiakan," lanjut Caca.

3 dari 4 halaman

Rambut Beruban

Bukan hanya soal berat badan, perempuan 31 tahun ini juga pernah mengunggah foto dirinya dengan rambutnya yang mulai memutih. Mantan istri Ben Kasyafani tersebut memperlihatkan rambutnya mulai ditumbuhi uban.

Tak lupa ia menuliskan kalimat tentang pentingnya self love. Ibu anak satu itu menuliskan bahwa semakin kita menerima diri kita sendiri semakin kita merasa cantik.

Bagi Caca, cantik tak sekadar badan kurus atau kulit mulus tapi lebih ke mengasihi diri sendiri. Menerima, mendukung, memaafkan, mencintai, dan memahami termasuk cara kita untuk mengasihi diri sendiri.

"Kalo kita fokus menunjuk uban atau lemak di badan orang lain, pasti kita jadi orang pertama yang mencela diri sendiri ketika ada uban dikepala atau lemak di badan kita. Jangan menjadi orang seperti itu. Kamu pantas mendapatkan yang lebih baik dengan lebih mencintai dirimu sendiri," tulisnya lagi.Unggahan itu pun banjir pujian warganet dan juga rekan artis seperti Poppy Sovia dan Teuku Zacky.

4 dari 4 halaman

Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.