Sukses

Selama WFH, Ini 5 Cara Agar Bahan Makanan Awet di Kulkas

Bahan makanan akan cepat busuk dan tidak bisa dikonsumsi jika kita asal menaruh makanan di kulkas. Untuk itu, berikut cara agar bahan makanan awet di kulkas.

Liputan6.com, Jakarta Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, masyarakat diimbau untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Hal itu untuk menekan penularan virus korona yang semakin tinggi.

Selama di rumah, tentu kita perlu menyiapkan bahan makanan agar mengurangi kegiatan di luar rumah. Untuk itu, kita perlu menyimpan bahan makanan dengan baik. Caranya, kamu bisa memanfaatkan kulkas. Dengan begitu bahan makanan akan awet untuk beberapa waktu.

Namun, kecenderungan orang asal menaruh bahan makanan di kulkas, alhasil bahan makanan akan cepat busuk dan tidak bisa dikonsumsi lagi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut trik menyimpan makanan di kulkas agar tidak mudah busuk.

Tutup bahan makanan

Untuk membantu mencegah penyebaran bakteri dan penyakit bawaan makanan, simpan daging, unggas, ikan, dan makanan laut dalam wadah tertutup atau kantong plastik di bagian bawah rak kulkas Anda.

Olesi Bagian minyak zaitun dan lemon

Olesi bagian luar buah, seperti alpukat dengan air lemon atau minyak zaitun. Asam sitrat dalam lemon dan komponen minyak melindungi alpukat dari oksidasi udara sehingga tidak cepat menghitam.

Jauhkan Apel dari Buah Lain

Apel menghasilkan gas etilen, yang membuat buah-buahan lain lebih cepat matang. Jadi jauhkan dari buah-buahan lain dan simpan dalam kantong plastik di kulkas.

Lapisi kulkas dengan handuk atau kain

Lapisi rak Anda dengan beberapa lembar tisu atau handuk kain yang dapat membantu menyerap kondensasi yang dihasilkan oleh sayuran dan buah-buahan saat dingin. Dengan alas, maka akan mengurangi kelembaban sayuran Anda sehingga tidak akan cepat layu.

Rutin bersihkan kulkas

Agar bahan makanan selama WFH bisa awet, kamu perlu membersihkan kulkas secara rutin, mumpung di rumah saja, kamu bisa membersihkan kulkas seminggu sekali. Jika tidak dibersihkan, bakal ada bakteri yang menumpuk. Bakteri dapat menimbulkan aroma tak sedap yang bisa mempengaruhi kualitas makanan dalam kulkas.

Maka dari itu, pilih kulkas dilengkapi fitur bernama Nano Ferrite Double Filter System & Deodorizer yang dapat menghilangkan bakteri dan bau serta menjaga kesegaran makanan.

Selain itu, pilih teknologi Full Insulation yang akan mempercepat proses pendinginan tanpa harus menyedot lebih banyak energi. Selain itu, terdapat rak penyimpanan sayur dan buah-buahan yang besar dan luas.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini