Sukses

Kereta Super Mewah bak Istana Berjalan Senilai Rp5 Triliun

Kereta super mewah bernilai fantastis ini merupakan rancangan desainer Prancis, Thierry Gaugain.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan teknologi, ada sederet inovasi yang disuguhkan di industri perjalanan, termasuk kereta. Tak sedikit kereta mewah seantero dunia menawarkan fasilitas, pelayanan, dan pemandangan yang mengagumkan.

Dilansir dari CNN, Minggu, 11 Juli 2021, bicara soal terobosan teranyar, desainer Prancis Thierry Gaugain berencana membawa pengalaman perjalanan kereta pada konsep terbaru. Ide tersebut adalah kereta mewah privat yang dibuat untuk mereka yang berkocek tebal.

Gaugain dikenal karena desain kapal pesiarnya yang mengesankan, termasuk kapal Venus setinggi 80 meter milik pendiri Apple, Steve Jobs. Namun proyek ini adalah langkah debutnya untuk membuat konsep kereta.

Kereta ini digambarkan sebagai "istana di atas rel yang mewah". Kereta sepanjang 400 meter tersebut akan dibuat dari 14 gerbong dan kaca yang sangat canggih secara teknologi sehingga dapat beralih dari buram menjadi transparansi penuh.

"Kereta ini dirancang untuk satu pemilik unik. Ini bukan kereta umum, atau kereta penumpang," kata Gaugain kepada CNN Travel.

"Pemilik yang kami bayangkan adalah seseorang yang menyadari keunikan kereta ini dan mengerti bahwa kami tidak hanya berbicara tentang transportasi. Ini tentang perjalanan, bukan seberapa cepat Anda dari titik A ke titik B," tambahnya.

Gaugain merasa perjalanan menjadi lebih terfokus pada kecepatan daripada perjalanan dalam sebenarnya. Ia melihat G Train sebagai moda transportasi yang memenuhi dua kategori tersebut dalam perjalanan menuju lokasi.

"Perjalanan bukan tentang kecepatan. Ini tentang meluangkan waktu, karena waktu adalah satu-satunya harta yang kita miliki," kata Gaugain.

Bukan hanya bagian luar kereta yang dapat diubah hanya dengan menekan tombol. Penumpang juga dapat mengubah "suasana interior kereta di bagian mana pun mereka berada."

"Kereta adalah sebuah panggung," jelas Gaugain. "Anda dapat mengubah cahaya, musim, atau kecepatan untuk mengubah hubungan Anda dengan waktu."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bernilai Fantastis

Kereta mewah mungkin tidak tampak seperti transisi yang paling jelas dari desain kapal pesiar. Gaugain percaya ide itu pertama kali muncul di benaknya ketika dia masih kecil. Ia menjelaskan bahwa kereta api selalu membuatnya terpesona.

Namun, Gaugain memiliki satu orang dalam pikirannya saat dia membayangkan G Train, miliarder Laurene Powell Jobs, istri Steve Jobs. "Ketika ide itu muncul di kepala saya, saya memikirkan dia sebagai pengguna potensial," jelasnya.

Ia belum menemukan pelanggan untuk membeli kereta mewah ini. Diperkirakan, kereta ini menelan biaya sekitar 350 juta dolar AS atau setara Rp1 triliun dan akan memakan waktu setidaknya 2,5 tahun untuk dibangun.

Dengan ruang untuk sekitar 18 tamu yang menginap, G Train diatur untuk berjalan pada kecepatan 160 kilometer per jam. Kereta akan disesuaikan untuk berjalan di jalur kereta api di seluruh Amerika dan Eropa.

3 dari 4 halaman

Gandeng Para Ahli

Gaugain telah menggandeng sejumlah ahli untuk pembuatan kereta mewah ini. Sebut saja pembuat kereta Swiss Stadler, produsen kaca Saint-Gobain, firma teknik Inggris Eckersley O'Callaghan dan perusahaan keamanan Marine Guard untuk memastikan bahwa desainnya "layak."

"Kereta seperti itu sangat rumit. Karena tidak ada kereta yang berjalan di semua rel di seluruh dunia yang mematuhi semua sistem," ungkapnya.

G Train dapat dibagi menjadi dua jika mereka yang berada di dalamnya memutuskan ingin pergi ke arah yang berbeda. Penumpang masuk melalui welcome hall di tengah kereta yang mengarah ke area perumahan utama yang mencakup akomodasi pemilik dan ruang hiburan, serta area untuk tamu istimewa, ruang sosial, serta Grand Salon yang dirancang khusus untuk pertemuan.

Para tamu juga akan memiliki akses ke taman "rahasia". Sementara, sayap kereta dapat dilipat untuk merancang teras terbuka, tempat pesta dapat diadakan, atau bahkan konser di atas kapal.

4 dari 4 halaman

Infografis Kereta Tercepat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.