5 Cara Simpel Membersihkan Kulkas untuk Mencegah Bakteri

Oleh Liputan6.com pada 13 Jul 2021, 06:01 WIB
Diperbarui 13 Jul 2021, 06:01 WIB
Ilustrasi Kulkas
Perbesar
Ilustrasi kulkas. (dok. Unsplash.com/@ernest_brillo)

Liputan6.com, Jakarta - Kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan makanan agar tetap segar. Namun, jika lemari pendingin tak dibersihkan secara berkala, dapat membuat makanan tidak higienis karena terkontaminasi bakteri.

Setidaknya, Anda perlu membersihkan kulkas sebulan sekali. Langkah tersebut guna mencegah timbulnya bau dan bebas dari bakteri yang bisa menyebabkan makanan basi.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kulkas? Simak rangkumannya dikutip dari laman MarthaStewart, Minggu, 11 Juli 2021, berikut ini.

1. Keluarkan Isi Kulkas

Sebelum Anda memulai membersihkan kulkas, keluarkan isi kulkas terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk memudahkan proses pembersihan. Tempatkan barang penyimpanan yang ada di kulkas ke tempat lebih aman sampai Anda siap untuk mengembalikannya setelah dibersihkan.

2. Lap Bagian Dalam

Setelah mengeluarkan barang penyimpanan, mulailah membersihkan bagian dalam kulkas. Jangan lupa lepas kerangka kulkas, lalu siapkan larutan dua sendok makan soda kue dan satu liter air panas.

Mulai membersihkan dengan cara menyekanya menggunakan kain lembap untuk menjaga kulkas agar tidak rusak. Setelah itu, rendam bagian yang dapat dilepas dalam larutan yang sama dengan gosok, bilas, dan keringkan. Perlu diingat untuk mengerikan menggunakan handuk supaya memudahkan proses pengeringan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Bersihkan Bagian Lemari Es

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi kulkas. (dok. unsplash.com/@nicotitto)

Bagian freezer juga jangan lupa dibersihkan. Caranya, singkirkan dulu es yang sudah membeku. Bersihkan bagian terpisah menggunakan sabun khusus untuk menghilangkan bau yang ditimbulkan dari makanan.

4. Bersihkan Debu

Agar kulkas tetap bekerja secara efisien, bersihkan coil kondensor yang berada bagian belakang kulkas supaya alat pendingin bekerja dengan baik kembali. Alat tersebut umumnya banyak debu karena letaknya berada di bawah.

Caranya vakum secara perlahan-lahan untuk membersihkannya. Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk pasang kembali dengan benar.

 
Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Bersihkan Bagian Luar

4 Cara Kreatif Mendekorasi Pintu Kulkas, Simpel dan Minim Bujet
Perbesar
Ilustrasi magnet kulkas. (Dok. Helena Lopes/pexels.com)

Jangan lupa membersihkan bagian luar kulkas agar tampak seperti baru. Caranya dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan sabun lembut dan air, lalu perlahan-lahan membersihkanya.

Untuk eksterior berbahan baja, gunakan semprotan baja tahan karat khusus dan lap searah serat serta keringkan untuk mencegah goresan. Setelah membersihkan semua bagian kulkas, jangan lupa untuk memasang kembali bagian yang dilepas.

Setelah itu, tunggu benar-benar kering dan baru memulai untuk menyalakan kembali. Anda juga bisa meletakkan isi kulkas kembali, apabila ada barang atau bahan makanan yang sudah tidak layak segera buang. (Muhammad Thoifur)

 
Scroll down untuk melanjutkan membaca

3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya