Dubai Buka Kolam Renang Terdalam di Dunia, Ada Fasilitas Apa Saja?

Oleh Komarudin pada 11 Jul 2021, 21:02 WIB
Diperbarui 11 Jul 2021, 21:02 WIB
Kolam selam terdalam di dunia di Dubai
Perbesar
Kolam renang terdalam di dunia di Dubai (dok.instagram/@ deepdivedubai/https://www.instagram.com/p/CRAwwdABaog/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah gedung pencakar langit  tertinggi di dunia dan mal terbesar di dunia, Dubai kembali membuka atraksi pemecah rekor lainnya, yakni kolam renang terdalam di dunia. Dengan kedalaman mengejutkan 60 meter, kolam, bagian dari atraksi baru Deep Dive Dubai, berhasil mengalahkan rekor dari Deepspot Polandia, yang memiliki kedalaman lebih dari 45 meter.

Kolam Deep Dive Dubai diisi dengan 14 juta liter air tawar, setara dengan volume enam kolam renang ukuran Olimpiade. Setidaknya empat kali lebih besar dari kolam menyelam lainnya di dunia. Guinness memberinya gelar 'kolam renang terdalam untuk menyelam' pada 27 Juni 2021, melansir dari laman CNN, Sabtu, 10 Juli 2021.

Kolam renang ini akan dibuka untuk umum akhir tahun ini. Putra mahkota Dubai Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum adalah salah satu pengunjung pertama. Suhu air dipertahankan pada 30 derajat Celcius, suhu yang nyaman untuk mengenakan pakaian selam tipis atau pakaian renang.

Kolam renang dalam ruangan bertempat di dalam struktur berbentuk tiram seluas 1.500 meter persegi, mengacu pada sejarah Uni Emirat Arab sebagai negara penyelam mutiara. Tapi, bintang terbesar Deep Dive Dubai bisa dibilang kota bawah laut kolam renang.

Penyelam dapat menjelajahi apartemen kota yang "terbengkalai" dan bermain kolam renang bawah air di arcade. Pencahayaan dan sistem suara canggih telah dipasang di dalam kolam untuk menciptakan suasana yang berbeda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Studio Film Bawah Air

Kolam renang terdalam di dunia di Dubai
Perbesar
Kolam renang terdalam di dunia di Dubai (dok.instagram/@ deepdivedubai/https://www.instagram.com/https://www.instagram.com/p/CRAw74khMc9/Komarudin)

Kolam renang ini juga berfungsi sebagai studio film bawah air -- yang terbesar dari jenisnya di wilayah ini. Ruang pengeditan media tersedia di dekat fasilitas.

Deep Dive Dubai menawarkan kursus untuk penyelam pemula dan penyelam bersertifikat. Penyelam juga dapat menjelajahi kolam renang dan kota bawah laut sendiri setelah tur dengan salah satu pemandu selam di lokasi.

Sekitar 56 kamera telah dipasang di sekitar kolam untuk memastikan keselamatan penyelam di setiap sudut. Ini juga memiliki ruang hiperbarik paling canggih di kawasan itu - dengan kapasitas 12 orang - dalam keadaan darurat.

"Ada beberapa kolam selam di dunia yang dalam, tetapi yang ini jauh lebih menarik," kata direktur Deep Dive Dubai Jarrod Jablonski kepada CNN.

Kata Jablonski, bukan hanya terdalam dan terbesar, tetapi efek kota yang tenggelam membuatnya menjadi tatanan dunia berikutnya. "Ada begitu banyak hal yang benar-benar tidak adil untuk menyebutnya kolam," kata dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Restoran Istimewa

Kolam renang terdalam di dunia di Dubai
Perbesar
Kolam renang terdalam di dunia di Dubai (dok.instagram/@ deepdivedubai/https://www.instagram.com/p/CRBd6SNhuQa/Komarudin)

Kompleks menyelam juga memiliki restoran yang dilengkapi dengan jendela besar dan layar TV. Fasilitas itu memungkinkan keluarga dan teman yang tidak menyelam bisa menonton dari daratan.

Jika Anda lupa seberapa dalam kolamnya, Deep Dive Dubai telah mengunggah pemberitahuan di situs web-nya bagi mereka yang berencana untuk mengunjungi Burj Khalifa yang terkenal di kota itu.

Jablonsk menyarankan, jangan mengunjungi puncak gedung pencakar langit setelah menyelam. Setelah menyelam, harus menunggu 18-24 jam sebelum naik lebih dari 300 meter. Sebaliknya, tidak ada risiko menyelam setelah mengunjungi gedung tertinggi di dunia.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya