Sukses

6 Fakta Menarik Kepulauan Mentawai, Pemilik Tato Tertua di Dunia dan Surga Peselancar

Kepulauan Mentawai dikenal sebagai pemilik tato tertua di dunia. Apalagi, fakta menarik lain di sana?

Liputan6.com, Jakarta - Kepulauan Mentawai merupakan sebuah kabupaten di provinsi Sumatra Barat. Mentawai terdiri dari empat pulau utama berpenghuni yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, serta Pulau Pagai Selatan. Selain itu, terdapat beberapa pulau kecil lainnya yang juga berpenghuni, tapi sebagian besar hanya ditanami pohon kelapa.

Pulau-pulau tersebut mayoritas dihuni oleh suku Mentawai. Luas wilayah kabupaten ini mencapai 6.011,35 km persegi. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya sebanyak 83.517 jiwa.

Masih banyak lagi hal-hal menarik tentang Mentawai. Berikut enam fakta menarik Mentawai yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Suku Mentawai

Suku Mentawai merupakan penghuni asli Kepulauan Mentawai. Suku ini juga merupakan salah satu suku yang tertua di Indonesia. Nenek moyang dari Suku Mentawai diketahui para peneliti sudah mendiami kepulauan ini sejak tahun 500 SM.

Suku Mentawai memiliki agama dan kepercayaan tersendiri bernama Sabulungan. Mereka percaya bahwa hutan, tumbuhan, dan binatang memiliki roh dan jiwa. Ketika roh tidak dirawat dengan baik, maka roh tersebut akan menyebabkan kesialan dan munculnya penyakit.

Ketika sakit mereka dibantu oleh Sikerei, dukun Mentawai. Dukun ini bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti flu, sakit kepala, hingga patah tulang. Kebudayaan serta adat istiadat yang dimiliki oleh suku Mentawai sangatlah kuat. Meskipun berada di zaman modernisasi, mereka tetap teguh menjaganya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tato Tertua di Dunia

Tato Mentawai atau Titi adalah seni melukis di atas kulit yang dibuat oleh suku Mentawai. Bagi mereka, tato adalah busana abadi yang dapat dibawa mati. Tato ini juga berfungsi untuk menunjukkan jati diri dan perbedaan status sosial dalam masyarakat. Objek seperti batu, hewan, dan tumbuhan dalam tradisi orang Mentawai harus diabadikan di tubuh mereka.

Tato Mentawai dinobatkan sebagai seni luki tato tertua di dunia yang sudah ada sejak 1500 SM, lebih tua dari tato Mesir yang baru muncul pada 1300 SM. Pembuat tato disebut Sipatiti. Sang Sipatiti ini hanya dibayar menggunakan seekor babi.

 3. Gigi Runcing

Suku Mentawai punya tradisi unik yakni meruncingkan gigi. Tradisi ini adalah simbol kecantikan dan sebagai tanda kedewasaan bagi wanita suku Mentawai. Dalam tradisi ini mereka mesti menahan sakit saat giginya dikerik karena tanpa diberi obat bius. Gigi mereka dikerik dengan pahat dan batu.

Suku Mentawai percaya bahwa manusia punya dua wujud yakni arwah dan tubuh yang dapat binasa. Manusia senantiasa berada dalam ancaman akan terkena penyakit dan ditarik ke dunia lain bila jiwa mereka tidak puas dengan penampilan fisik. Oleh karena itu, meruncingkan gigi dilakukan dalam upaya mempercantik diri agar jiwa mereka bahagia dan mereka pun berumur panjang.

 

3 dari 5 halaman

4. Punya Taman Nasional

Di Kepulauan Mentawai tepatnya di Pulau Siberut terdapat Taman Nasional Siberut. Taman nasional ini merupakan rumah bagi banyak flora dan fauna. Di sana terdapat 25 spesies anggrek, yang cukup terkenal dari Siberut adalah Anggrek Bulan Putih. Terdapat pula empat spesies primata endemik yang terancam punah yakni siamang Mentawai, lutung, monyet Mentawai, dan beruk.

Pelancong juga dapat berwisata budaya dengan melihat keseharian masyarakat Mentawai seperti membuat kabit (celana tradisional), upacara adat dengan tarian turuk khas mentawai, membuat tato, dan lainnya. Wisata budaya ini juga merupakan daya tarik tersendiri bagi kawasan ini.

5. Rumah Paul Walker

Dikabarkan mendiang Paul Walker mempunyai rumah rahasia di Mentawai. Rumah tersebut berada di tengah hutan, sayangnya, bintang Fast & Furious itu tidak memberi tahu di mana tepatnya letak rumah tersebut. Dia mengaku sangat menikmati suasana sekeliling rumahnya dan juga sering mengambil buah yang tumbuh di sekitar rumahnya.

Menurut Paul Walker, sebelumnya tidak ada jalan ke rumah itu, sehingga membuatnya harus membuka jalan sendiri ke rumah tersebut. Di rumahnya pun tak ada listrik dan hanya menggunakan lilin. Sesuatu yang sangat disuka oleh Walker dari rumah tersebut ialah kehangatan cuacanya. Ia menyebut pulau ini sebagai salah satu tempat terindah di Bumi.

 

4 dari 5 halaman

6. Surga Bagi Peselancar

Mentawai bisa dikatakan sebagai surganya para peselancar dunia. Pantai-pantai di kepulauan ini menawarkan salah satu gelombang tertinggi di dunia yang bisa mencapai tiga hingga empat meter.

Salah satu pantai yang paling dikenal para peselancar dunia adalah pantai Nyang Nyang. Pantai ini terkenal hingga mancanegara berkat ombaknya yang disebut sebagai terbaik ketiga di dunia. Kedahsyatan ombak pantai ini, dapat dirasakan pada Juni hingga Agustus, bahkan ketinggian gelombangnya bisa mencapai empat meter. (Jihan Karina Lasena)

5 dari 5 halaman

Infografis Penimbun Saat Pandemi Covid-19 Terancam Pidana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.