Sukses

Kucing dan Pemiliknya Berhasil Capai Puncak Gunung Tertinggi di Amerika Serikat

Kucing bernama Floki mendaki puncak gunung tertinggi bersama sang pemilik, Mel Elam, selama sembilan bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing, hewan peliharaan yang kerap diasosiasikan sebagai makhluk pemalas karena kerap tidur seharian. Namun, kucing yang satu ini membuktikan sebaliknya. Floki berhasil mendaki salah satu gunung tertinggi di Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Boston Herald, 7 Juli 2021, kucing Floki baru saja berhasil mendaki puncak gunung tertinggi di kawasan pegunungan New Hamsphire, AS. Si anak bulu ini berhasil mencapai puncak gunung tersebut bersama sang pemilik, Mel Elam.

Mel mengadopsi Floki sekitar tahun lalu, tepatnya saat ia kehilangan anjingnya yang biasa menjadi teman pendakiannya. Keduanya menghabiskan waktu sekitar sembilan bulan untuk mendaki puncak tertinggi New Hampshire.

New Hampshire merupakan kawasan pegunungan dengan 48 puncak gunung. Di awal bulan ini, Floki berhasil mendaki puncak Gunung Washington dengan ketinggian 6.288 kaki atau 1.916 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Saat mendaki, Floki selalu menemani Elam yang memakai ransel khusus di punggung. Floki juga dilepasliarkan dengan tetap menggunakan tali pengaman saat menyusuri jalan setapak atau ketika kondisi dan cuaca sedang bersahabat.

Sedangkan saat cuaca dingin, Floki akan diberikan mantel untuk menjaganya tetap hangat. Setelah berbulan-bulan mendaki, keduanya pun berhasil menggapai puncak tertinggi di New Hampshire.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak yang Takjub

"Kami berhasil!" tulis Elam di media sosialnya. Dalam unggahannya yang bertajuk 'Petualangan dengan Floki', Elam juga membagikan beragam momen saat mendaki gunung melalui foto dan video.

Unggahannya tersebut menuai beragam komentar warganet di media sosial. Banyak yang takjub pada perjalanan keduanya mendaki gunung.

Elam mengungkapkan, ia sedang mempertimbangkan untuk mendaki gunung lain dengan Floki. Rencananya ia masih akan mendaki di sekitar New Hampshire. Gunung tersebut memiliki ketinggian di bawah 4.000 kaki atau 1.219 mdpl, namun menawarkan pemandangan yang indah.

3 dari 4 halaman

Tak Sengaja

Tak hanya Floki, ada juga kucing yang berhasil mendaki gunung. Peristiwa itu terjadi di Swiss tapi secara tak sengaja. Peristiwa itu diketahui saat dua pendaki, Cyril dan Erik Rohrer terkejut setelah diikuti seekor kucing di puncak gunung dengan ketinggian 10 ribu kaki.

Saat itu, mereka sedang melewati salju tebal yang menyelimuti Gunung Britsen di Swiss, seperti dilansir dari laman Metro, 28 April 2021. Mereka mendengar kucing itu mengeong dari balik pohon. Awalnya, kucing itu berada di lereng gunung. Karena tidak ingin sendirian, ia mengikuti para pendaki lain sampai ke puncak gunung.

Kemungkinan besar si kucing itu telah mendaki puncak gunung tiga kali selama petualangannya.  Dua pendaki itu mengatakan tak bisa menyingkirkan kucing itu saat berjalan menanjak. Kucing itu tetap bersama dua pendaki itu hingga di atas ketinggian 3000 mdpl. Ia bahkan sempat menggigil dan cakarnya sempat berdarah.

Cyril dan Erik disusul oleh sekelompok pendaki lain di puncak dan mereka membawa kucing itu kembali ke lembah. Mereka kemudian menemukan hewan itu telah hilang selama empat hari dan telah mengikuti kelompok pendaki lain selama dua hari terakhir. Kelompok lain akhirnya membawa kucing itu kembali ke lereng dan menyatukannya kembali dengan pemiliknya.

4 dari 4 halaman

Dampak Erupsi Gunung Agung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.