Sukses

Pria di Klaten Pesan Semua Menu di Restoran, Total Tagihannya Tak Sampai Rp1 Juta

Total ada 52 menu yang dipesan pria di Klaten itu. Karyawan restoran sempat tak percaya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat makan bersama di restoran, biasanya setiap orang akan memilih menu makanannya masing-masing. Terkadang orang yang mengajak atau mengundang makan bersama sudah memesan beragam menu yang sesuai dengan jumlah tamu.

Namun, bagaimana kalau ada yang memesan semua menu yang ada di restoran untuk acara makan bersama? Tentu hal ini bisa dibilang tidak biasa dan berpotensi mengeluarkan uang banyak. Meski begitu, seorang pria tak keberatan memesan semua menu yang ada di restoran. Ia bermaksud menraktir teman-temannya untuk makan bersama.

Momen tersebut dibagikan melalui akun TikTok @krl.odk.  Dalam video tersebut ia mengunggah nota pembelian makanan yang sangat panjang. Awalnya, ia datang ke sebuah restoran bergaya tradisional modern yang ada di Klaten, Jawa Tengah.

Ia memutuskan untuk memesan semua menu masing-masing seporsi yang ada di restoran. Hal ini sempat mengejutkan pelayan restoran, tapi mereka tetap menyiapkan dan menyajikan semua menu yang dipesan.

Ada sekitar 52 menu makanan dan minuman di restoran itu, mulai dari camilan, minuman, gorengan, hingga makanan berat, semuanya dibeli oleh pria ini. Harga makanan yang dibeli pun variatif mulai dari Rp6.000 sampai dengan Rp28 ribu. Lalu, berapa total harga makanan yang mesti dibayar?

Meski memesan semua menu, ternyata, total uang yang dihabiskan tak sampai Rp1 juta, tepatnya sebanyak Rp709 ribu. Harga makanan di restoran tersebut memang cukup terjangkau.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Termahal Rp28 Ribu

Contohnya, satu porsi nasi goreng harganya Rp15 ribu dan menu bebek goreng yang termahal adalah Rp28 ribu. Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet.

Sejak diunggah pada 6 Juli 2021, video tersebut sudah dilihat lebih dari 2,1 juta kali dan disukai lebih dari 123 ribu kali.

"Wah aku yang biasa jajan ke sana cuma beli minum sama kentang goreng insecure lihat notanya," komentar seorang warganet.

"Wah tapi itu termasuk murah loh, nota sepanjang itu habisnya nggak sampai Rp1 juta. Tapi tetep keren sih borong semua menu," komentar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Ratusan Juta Rupiah

Beberapa waktu lalu juga sempat viral di media sosial, yaitu bon atau tagihan makanan yang bikin heboh karena totalnya mencapai Rp106 juta. Dalam unggahan akun Twitter @FOODFESS2 terlihat berbagai jenis makanan Indonesia dengan harga fantastis. Total pembelanjaan sebenarnya "hanya" sebesar Rp80,9 juta.

Namun dengan ditambah biaya layanan jasa dan pajak, nominalnya membengkak hingga ratusan juta rupiah.Harga makanan dalam tagihan tersebut dinilai terlalu mahal.

Misalnya, nasi goreng dan nasi sambal setan yang dibanderol Rp145 ribu per porsi, singkong seharga Rp65 ribu dan tahu gejrot seharga Rp60 ribu.  Sedangkan menu lainnya tertulis ada bihun goreng seafood seharga Rp85 ribu, martabak telor Rp75 ribu, dan nasi sambal setan Rp145 ribu.

Banyak juga yang menduga kalau makanan tersebut dipesan untuk sebuah pesta. Alasannya, terlihat beberapa menu makanan dan minuman dipesan dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, banyak pesanan rokok dan minuman beralkohol. Karena lokasi tempat makan diyakini berada di sebuah klub malam di Jakarta Pusat, banyak yang menganggap hal itu sebanding dengan harganya.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.