Resep Cah Jamur Bayam Rendah Garam, Simpel dan Sehat

Oleh Dinny Mutiah pada 09 Jul 2021, 06:31 WIB
Diperbarui 09 Jul 2021, 06:31 WIB
Resep Cah Jamur Bayam Rendah Garam, Simpel dan Sehat
Perbesar
Cah jamur bayam. (dok. Ajinomoto Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Bayam termasuk sayuran yang relatif mudah diolah dan gampang diperoleh. Sayuran yang aslinya dari Persia itu memiliki beragam manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi dan antioksidan.

Dikutip dari laman HealthLine, Kamis, 8 Juli 2021, kebanyakan karbohidrat dalam bayam berbentuk serat tidak larut. Fungsinya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Bayam juga hanya mengandung sedikit gula, mayoritas dalam bentuk glukosa dan fruktosa. 

Tetapi, tidak demikian dengan vitamin dan mineral yang dikandung bayam. Bayam tinggi karotenoid yang bisa diubah tubuh menjadi vitamin A. Sayur kesukaan Popeye ini juga mengandung vitamin C, yakni antioksidan kuat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan imunitas. 

Bayam juga mengandung vitamin K1 yang penting untuk mencegah kekentalan darah. Ada pula asam folat atau vitamin B9, senyawa yang vital bagi ibu hamil dan untuk mendukung pertumbuhan jaringan. 

Bayam pun merupakan sumber zat besi yang penting dalam pembentukan hemoglobin alias sel darah merah. Begitu pula dengan kalsium yang penting untuk sistem saraf, jantung, dan pembentukan otot.

Dengan berbagai manfaat, rasanya sayang untuk tidak menghadirkannya sebagai menu andalan untuk sekeluarga. Ajinomoto berbagi resep cah jamur bayam rendah garam untuk mendukung pola hidup sehat. Seperti apa resepnya?

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Resep Bayam Jamur

Bayam
Perbesar
Ilustrasi Bayam Credit: unsplash.com/Louis

Bahan:

100 g Jamur Tiram suwir

100 gr Daun Bayam

2 siung bawang putih, iris

3 siung bawang merah, iris

1 buah cabai merah besar, iris

2 g garam

1 g penyedap rasa (opsional)

¼ sdt Lada Bubuk

1 sdm Minyak goreng

50 ml air

Cara Memasak:

1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, bawang merah dan cabai, aduk hingga harum. Tambahkan air.

2. Masukkan jamur tiram, aduk rata, masak hingga hampir matang.

3. Masukkan bayam, tambahkan garam, penyedap rasa, dan lada bubuk. Aduk rata, masak sebentar. Angkat dan sajikan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pentingnya Batasi Garam

Menaburkan Garam
Perbesar
Ilustrasi Garam Credit: pexels.com/Lorena

Garam, khususnya sodium, diperlukan tubuh dalam untuk menunjang fungsi organ. Begitu pula dengan yodium yang biasanya menjadi difortifikasi ke dalam garam dapur, untuk membantu mencegah gondongan.

Tetapi, jumlahnya sebaiknya dibatasi. Berdasarkan rekomendasi WHO, setiap orang dewasa disarankan hanya mengonsumsi satu sendok teh garam per hari atau sekitar 2.400 mg.

Lebih dari itu, ada risiko kesehatan yang mengintai. Prof. Ahmad Sulaeman, Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, menyebutkan salah satunya meningkatnya risiko hipertensi. Karena itu, ia menyarankan untuk mempraktikkan diet rendah garam.

Mengganti sebagian garam dapur dengan MSG bisa dilakukan lantaran kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari kandungan natrium pada garam biasa. "Juga sudah banyak penelitian sebelumnya yang menunjukkan penggunaan MSG bermanfaat untuk membantu mengurangi asupan garam sekaligus menjaga kelezatan makanan," ujarnya, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 7 Juli 2021.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Importasi Garam

infografis Impor Garam
Perbesar
infografis Impor Garam
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya