Sukses

Ritual Sebelum Tidur Rachel Vennya dan Anak-anaknya Tuai Pujian

Ritual sebelum tidur yang dilakukan Rachel Vennya dan anak-anaknya terbilang sederhana, tapi maknanya dalam.

Liputan6.com, Jakarta - Rachel Vennya sering membagikan berbagai aktivitas bersama kedua anaknya, Xabiru dan Chava, di media sosial. Mereka suka melakukan beragam kegiatan, termasuk ritual sebelum tidur.

Sebagai ibu, Rachel Vennya ternyata suka memberi pertanyaan tentang perasaan anak-anaknya sebelum tidur. Selebgram berusia 25 tahun ini seolah mengulas emosi apa saja yang dirasakan Xabiru dan Chava seharian.

"Abang (panggilan akrab Xabiru) hari ini happy enggak? Ada yang bikin sedih?" tanya Rachel dalam unggahan Instagram Stories, baru-baru ini. "Iya. Enggak ada," jawab Xabiru dengan raut wajah bahagia. "Happy? Semua baik?" tanya Rachel lagi yang dijawab Chava dengan "happy."

Mantan istri Niko Al Hakim ini kemudian membacakan dongeng untuk kedua anaknya, dilanjutkan dengan membaca doa sebelum tidur.  Ia pun menemani kedua anaknya sampai tertidur pulas.

Momen Rachel bersama dua anaknya kemudian jadi bahasan cukup menarik di TikTok. Pemilik akun @content.nm membagikan ulang video tersebut pada 6 Juli 2021.

Sampai artikel ini ditulis, klip tersebut telah ditonton lebih dari 1,7 juta kali dan mendapat sekitar 800 komentar dari warganet. Banyak yang kagum dengan cara Rachel mengasuh anak.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penuh Kasih Sayang

Sejumlah warganet mengaku terinspirasi menerapkan cara yang sama ketika jadi ibu nantinya. Mereka ingin mendidik anak dengan penuh kasih sayang.

"Makasih Bunda ilmunya. Ntar dipraktekan kalau sudah punya anak. Tiap malam ngobrol sama anak-anak sebelum bobo"" komentar seorang warganet. "Dari dulu gue gapernah ditanya orangtua ‘kamu bahagia ngga'," timpal warganet lainnya.

Tak hanya sekali, Rachel kedapatan sempat berbagai video serupa. Ia kembali menanyakan hal yang sama pada kedua anaknya sebelum tidur. Ia mengungkapkan alasan suka menanyakan perasaan anaknya tepat sebelum tidur.

3 dari 4 halaman

Bisa Terbuka dan Bercerita

Rachel mengaku saat masih kecil terkadang menangis sebelum tidur karena memendam sendiri masalah yang sedang dihadapi. Ia tak mau hal itu terulang pada anak-anaknya.

Rachel berharap kebiasaan itu bisa diterapkan sampai anak-anaknya beranjak dewasa nanti, sehingga setiap ada masalah, mereka bisa terbuka dan bercerita pada dirinya atau keluarga, bukan ke orang lain. Ia juga ingin anak-anaknya selalu bersyukur pada Tuhan.

Rachel mengungkap, ia mendapat tips dari guru anaknya, yaitu waktu terbaik untuk menanyakan isi hati anak adalah saat mereka bangun tidur, baru pulang berkegiatan, dan sebelum tidur. Dengan menanyakan perasaan dan pendapat mereka, ia berharap bisa lebih dekat dengan anak-anaknya, terutama saat mereka tak bisa bertemu secara fisik karena kesibukan dirinya.

"Walau mereka tidak sedang main atau jalan-jalan sama aku, mereka akan tetap cerita sama aku karena aku harus jadi yang paling tahu tentang mereka meski tidak selalu bertemu secara fisik," tulisnya.

4 dari 4 halaman

7 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.