Sukses

Larang Ibu Menyusui di Ruang Terbuka, Disneyland Paris Minta Maaf Usai Dikritik Menteri

Awalnya, pihak Disneyland Paris menolak meminta maaf pada ibu menyusui itu.

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian tidak mengenakkan dialami perempuan di taman hiburan Disneyland Paris, Prancis. Dua petugas keamanan menghentikan seorang ibu yang sedang menyusui bayinya di ruang terbuka.

Peristiwa itu terjadi pada 4 Juli 2021. Pengunjung perempuan lain yang melihat insiden itu langsung menulis cuitan bernada marah pada petugas keamanan Disneyland Paris di Twitter pada hari yang sama.

Ia menuliskan bahwa dua petugas keamanan telah "mencegah seorang ibu menyusui bayinya yang berusia dua tahun di Prancis, pada Juli 2021!". Cuitan itu disertai dengan foto dua petugas keamanan berdiri di dekat bangku yang sedang diduduki dua perempuan, salah satunya terlihat sedang menggendong bayi kecil.

Dalam cuitan lainnya, saksi mengatakan ibu tersebut adalah pengunjung asal Australia. Awalnya, dalam tanggapan pertama atas cuitan itu, Senin, 5 Juli 2021, pihak Disneyland menolak meminta maaf.

Pihak taman hiburan tersebut mengatakan mereka telah menyediakan tempat khusus bagi ibu yang akan menyusui anak mereka. Tempat tersebut juga hadir dengan berbagai fasilitas yang mendukung.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu, 7 Juli 2021, Disneyland lalu mengubah sikap mereka setelah dikecam di Twitter oleh Menteri Kewarganegaraan Prancis, Marlene Schiappa, yang sebelumnya adalah Menteri Kesetaraan Gender.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Pelanggaran

"Dear @DisneylandParis, menyusui bayi bukanlah suatu pelanggaran. Bagus bahwa Anda memiliki kamar khusus, tetapi tidak ada yang tahu kapan dan di mana bayi akan lapar," tulisnya.

"Jangan juga mulai menstigmatisasi ibu, kondisi ini sudah cukup sulit di tempat lain (selain taman hiburan)," tambah Marlene.

Menanggapi pesan tersebut, pengelola Disneyland kemudian menyatakan pada Selasa, 6 Juli 2021 bahwa mereka sangat menyesali situasi tersebut dan sekali lagi menyampaikan permintaan maaf mereka kepada ibu yang bersangkutan. Tindakan petugas keamanan itu "tidak sesuai dengan peraturan dan nilai-nilai kami", katanya. Mereka menambahkan, tidak ada batasan tempat menyusui di Disneyland Paris.

Disneyland Paris sempat tutup selama delapan bulan karena pandemi, sebelum dibuka lagi pada 17 Juni 2021 waktu setempat. Meski begitu, protokol kesehatan tetap diterapkan untuk mencegah penyebaran virus.

3 dari 4 halaman

Baru Buka Kembali

Tokoh-tokoh Disney seperti Mickey Mouse, Minnie Mouse dan Goofy tetap hadir untuk berswafoto bersama pengunjung, namun mereka menjaga jarak. Berdasarkan aturan baru taman bermain, interaksi jarak dekat seperti pelukan dilarang untuk sementara. Pengunjung di atas usia enam tahun juga diwajibkan memakai masker.

Meski begitu, pengunjung yang datang merasa senang bisa kembali ke taman bermain. Menurut CEO Disneyland Paris Natacha Rafalski, pembukaan kembali taman bermain adalah momen titik balik untuk sektor pariwisata dan perhotelan di Prancis yang mulai bangkit dari pandemi.

"Kami semua tidak sabar menunggu momen ini. Restoran, hotel, taman bermain, perhotelan, semua penting untuk hidup masyarakat Prancis," tuturnya.

Tak lama setelah pembukaan kembali, mereka juga membuka akomodasi barunya yaitu Disney's Hotel di New York The Art of Marvel. Ini merupakan hotel pertama di dunia yang didedikasikan untuk karya seni Marvel. 

Dilansir dari Daily Star, 22 Juni 2021, hotel ini menampilkan lebih dari 350 karya seni yang berkaitan dengan Marvel, terutama karakter para superhero mereka. Semuanya membawa para tamu ke galeri seni bergaya New York yang semarak saat berada di Disneyland Paris.

4 dari 4 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.