Sukses

Vaksinasi Covid-19 Gratis di Stasiun MRT pada 8--10 Juli 2021, Simak Jadwalnya

Vaksinasi Covid-19 akan berlangsung di Stasiun MRT ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - MRT Jakarta menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun MRT. Program vaksinasi kolaborasi antara MRT Jakarta, Pemprov DKI Jakarta, dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta ini berlangsung mulai 8--10 Juli 2021 (dosis pertama).

Berdasarkan keterangan yang dibagikan melalui akun Instagram resmi MRT Jakarta pada Rabu, 7 Juli 2021, vaksinasi Covid-19 digelar di Stasiun ASEAN pukul 08.00--15.00 WIB. Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin Sinovac.

Untuk ikut vaksinasi ini, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diketahui. Pertama, pendaftaran dan pemilihan jadwal vaksinasi melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki) dengan kuota harian terbatas.

Kedua, membawa hasil print Kartu Kendali Vaksinasi atau pre-screening yang dapat diunduh setelah pendaftaran pada aplikasi Jaki. Ketiga, WNI berusia 12--17 tahun yang didaftarkan dengan NIK (terdapat dalam Kartu Keluarga).

Keempat, WNI dengan usia 18 tahun dan memiliki KTP. Kelima, dalam kondisi sehat, sedang tidak hamil, dan sudah sembuh minimal tiga bulan dari Covid-19 (jika pernah terpapar).

Keenam, membawa surat rekomendasi dari dokter rawat apabila sedang dalam penanganan penyakit. Ketujuh, tidak terdaftar sebagai penerima vaksin sebelumnya.

Syarat kedelapan untuk vaksinasi Covid-19 di stasiun MRT adalah harus membawa KTP asli. Syarat terakhir adalah membawa dan menunjukkan dokumen persyaratan pada saat hari pelaksanaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menuju Tempat Vaksinasi MRT Jakarta

Tempat vaksinasi Covid-19 dapat dituju dengan MRT dari Stasiun Bundaran HI dan berhenti di Stasiun ASEAN. Ada pula shuttle bus menuju Stasiun ASEAN di Gedung Wisma Nusantara yang berlokasi di Jalan M.H. Thamrin Kav 59, Jakarta Pusat.

Diinformasikan pula rekomendasi lokasi parkir di sekitar sentra vaksin MRT Jakarta. Masyarakat dapat parkir di Wisma Nusantara (disediakan shuttle bus), Carrefour Lebak Bulus, Lotte Mart Cipete Raya, Blok M Plaza, Blok M Square, dan Masjid Al Azhar.

Dilansir dari laman resmi MRT Jakarta, program ini menyediakan layanan vaksin gratis dengan target 4 ribu orang. Rencananya, vaksinasi dosis kedua akan dilaksanakan 28 hari setelah vaksin pertama.

3 dari 4 halaman

PPKM Darurat

Sejumlah transportasi umum di Jakarta melakukan penyesuaian waktu operasional selama pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, termasuk MRT. Pelaksana tugas (Plt) Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo menyatakan perubahan waktu operasional dan penutupan sementara beberapa entrance stasiun diberlakukan Senin, 5 Juli 2021.

"Dalam rangka penerapan PPKM Darurat Jawa-Bali penyesuaian waktu operasional MRT Jakarta menjadi pukul 06.00 WIB - 20.30 WIB berlaku Senin - Minggu (setiap hari)," kata Pratomo dalam keterangan tertulis, dikutip dari News Liputan6.com.

Waktu tunggu 10 menit jeda kedatangan per kereta. Kapasitas penumpang juga dibatasi yakni sebanyak 65 orang per kereta.

Selain itu sejumlah entrance gate stasiun yang akan ditutup sementara yakni di Stasiun Fatmawati, entrance B, lokasi terdekat: Escalator dekat taman Cilandak, Astra BMW, South Quarter (Jl. RA Kartini, South Quarter) dan Entrance D, lokasi terdekat: Entrance depan BPJS, SPBU Pertamina (Jalan RA Kartini, RSUP Fatmawati).

Di Cipete Raya yakni Entrance A, lokasi terdekat: Holland Bakery, Toyota (Jalan Terogong Raya, RS Setia Mitra) dan Entrance D, lokasi terdekat: Pusdiklat Kemensetneg (Jl. BDN Raya, Pusdiklat Kemensetneg) c) Entrance E, lokasi terdekat: Showroom Honda (Jalan RS Fatmawati).

Kemudian di Istora Mandiri yakni Entrance B, lokasi terdekat: Hotel Sultan, GBK pintu 7 (Jalan Pintu Gelora 7, Hutan Kota Senayan) dan Entrance D, lokasi terdekat: SCBD, Polda Metro Jaya (Jalan Jend. Sudirman, Polda Metro Jaya)

 
4 dari 4 halaman

MRT Jakarta Kembangkan Kawasan Berorientasi Transit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.