Sukses

Berulah Lagi, Istri Duta Besar Belgia Hajar Petugas Penyapu Jalan di Korea Selatan

Penyebab keributan antara istri Duta Besar Belgia di Korea Selatan dengan petugas penyapu jalan itu terbilang sepele.

Liputan6.com, Jakarta - Istri duta besar Belgia untuk Korea Selatan kembali berulah. Kali ini, ia terlibat perkelahian dengan petugas penyapu jalan. Polisi mengatakan perkelahian tersebut terjadi pada Senin pagi, 5 Juli 2021, di Seoul.

Melansir The Korea Herald, Rabu 7 Juli 2021, polisi menerangkan Xiang Xueqiu, istri Duta Besar Peter Lescouhier, berkelahi dengan petugas kebersihan di sebuah taman di pusat kota Seoul. Penyebabnya terbilang sepele, sapu petugas kebersihan menyentuh Xiang.

Dikutip Brussels Times, Rabu 7 Juli 2021, sapu milik petugas berusia 65 tahun itu diketahui menyentuh Xiang secara tidak sengaja saat dia sedang membersihkan jalanan. Terjadilah adu mulut antar mereka, lalu keduanya saling baku hantam.

Petugas kebersihan mendorong Xiang ke tanah dan melukai punggungnya. Xiang kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Sementara, petugas kebersihan tersebut mengunjungi kantor polisi untuk melaporkan bahwa Xiang telah menampar wajahnya. Ia juga meminta bantuan untuk mengajukan tuntutan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kejadian Pertama

Xiang sebelumnya telah diinterogasi oleh polisi atas tuduhan menampar seorang karyawan toko pakaian. Melansir BBC, Rabu 7 Juli 2021, insiden itu terjadi pada 9 April lalu di sebuah toko pakaian di Yongsan-gu, Seoul.

Xiang telah menghabiskan sekitar satu jam mencoba pakaian di sana sebelum keluar dari toko. Seorang pramuniaga kemudian mengikutinya karena mencurigai Xiang mencuri pakaian dari tokonya sebab dia mengenakan pakaian yang mirip dengan yang dijual di toko itu.

Istri duta besar itu kemudian mengikuti sang pramuniaga kembali ke toko. Dalam rekaman CCTV, terlihat Xiang menampar pramuniaga, ia juga mendorong dan menampar pramuniaga lainnya yang mencoba ikut campur.

3 dari 4 halaman

Suami Ditarik Pulang

Polisi Korea Selatan memutuskan untuk tidak melanjutkan kasus antara Xiang dan pramuniaga itu. Xiang meminta kekebalan diplomatiknya, yang disebut polisi sebagai alasan untuk tidak melanjutkan kasus tersebut.

Korban juga meminta agar tuduhan tersebut dibatalkan. Kementerian Luar Negeri Belgia mengatakan, Xiang bertemu dengan pegawai toko untuk meminta maaf atas perilakunya yang tidak dapat diterima.

Insiden tersebut membuat heboh publik Korea Selatan, terutama di media sosial. Banyak yang meminta duta besar dan istrinya meninggalkan negara tersebut. Pada April 2021, Lescouhier meminta maaf atas perilaku istrinya yang tidak dapat diterima.

Menteri Luar Negeri Belgia Sophie Wilms pada  Mei 2021 memutuskan mengakhiri masa jabatan Peter Lescouhier, musim panas ini setelah tiga tahun menjabat. Mereka juga diperintahkan meninggalkan Korea Selatan. (Jihan Karina Lasena)

4 dari 4 halaman

Infografis Jaringan isis di Belgia dan Prancis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.