Teka-teki Video Viral Suami Talak Istri 1 Menit Setelah Ijab Kabul

Oleh Asnida Riani pada 07 Jul 2021, 20:03 WIB
Diperbarui 08 Jul 2021, 09:15 WIB
Talak Istri Usai Ijab Kabul
Perbesar
Video pernikahan di sebuah desa di Kabupaten Sumbawa, NTB, viral di media sosial. Mempelai pria langsung mengucapkan kata talak kepada istri yang baru dinikahinya. (Liputan6.com/ Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Pesta pernikahan pasangan pengantin yang diketahui berlangsung di Bima, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), mendadak viral. Lewat video yang beredar di jagat maya, awalnya, prosesi [ijab kabul]4600895 "") di momen tersebut terjadi sebagaimana pernikahan pada umumnya.

Namun, satu menit setelah keduanya dinyatakan sah sebagai pasangan suami-istri, mempelai pria menjatuhkan talak pada perempuan yang sekarang jadi mantan istrinya. Sebelumnya, petugas Kantor Urusan Agama (KUA) terdengar menanyakan perihal mahal yang tidak diminta pengantin wanita.

"Kami harus bertanya pada saudari Haryati, apakah selama ini minta (mahar) atau tidak?" tanya pihak KUA. "Tidak," jawabnya. "Tidak atau minta (mahar?)" tanya petugas KUA lagi meyakinkan. "Tidak," tegasnya.

"Tetap tidak ya, baik tanda tangan di sini," tandas petugas yang segera meminta tanda tangan kedua pihak. Setelahnya, pernyataan talak itu diucapkan dengan lantang dan menyebabkan keriuhan.

Setelah video itu ramai jadi buah bibir, pengguna Facebook, NurAini D'Nrp, berkomentar bahwa si pria enggan menikah karena tak dapat restu dari keluarga saat meminta izin. Namun, pernikahan itu tetap terjadi karena pengantin wanita sudah lebih dulu hamil.

Karenanya, pihak keluarga wanita menuntut agar segera menggelar pernikahan. "Ceritanya, si perempuan ini dalam keadaan hamil. Si lelaki tidak ingin bertanggung jawab, lalu diseretlah oleh keluarga si perempuan," tulis akun Facebook tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sudah Diselesaikan?

Viral Pria Talak Istri Setelah Ijab Kabul, Keluarga Mempelai Wanita Marah
Perbesar
Viral Pria Talak Istri Setelah Ijab Kabul, Keluarga Mempelai Wanita Marah (Sumber: Instagram/trending_bimadompu)

Hal serupa diceritakan juga dirasakan mempelai wanita. Ia awalnya enggan menikah karena tak ingin berumah tangga atas paksaan keluarga. "Namun sebagai perempuan, ia hendak menolak pernikahan ini karena merasa malu menikah dengan laki-laki yang dipaksakan," akunya.

"Itulah menapa ia menolak untuk menikah. Si pria tidak mau kalah, langsung menjatuhkan talak," sambungnya.

Beberapa jam kemudian, pengguna akun tersebut mengunggah foto menuliskan bahwa masalah tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan. Di gambar itu tampak beberapa orang berkumpul seolah tengah berdiskusi.

"Pihak laki-laki sudah meminta maaf kepada pihak keluarga si perempuan atau yang saat ini sudah menjadi mantan istrinya," tulisnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bikin Heboh Jagat Maya

menikah
Perbesar
ilustrasi pernikahan/copyright Unsplash/Petr Ovralov

Sudah terlanjur membuat heboh di jagat maja, video pernikahan yang hanya bertahan satu menit itu mendatangkan ragam komentar. Sebagian besar menyatakan simpati pada mempelai wanita dan keluarganya.

"Sebaiknya dari awal saja secara tegas menolak kalau memang sudah tidak mau. Kalau sudah begini, akan malu karena orang akan ingat terus," tulis salah satunya, sementara yang lain menulis, "Mungkin memang berat, tapi sebaiknya berpisah dari awal kalau sudah begini."

Liputan6.com telah menghubungi pemilik akun Facebook NurAini D'Nrp dan Delian Lubis untuk memberi keterangan lebih lanjut, namun belum mendapat respons sampai artikel ini tayang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah
Perbesar
Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya