Ini 4 Cara Beli Rumah Bagi Kaum Milenial saat Pandemi

Oleh Reza pada 07 Jul 2021, 11:36 WIB
Diperbarui 07 Jul 2021, 11:36 WIB
milenial beli rumah
Perbesar
Sales Rancamaya Golf Estate tengah memberi penjelasan kepada pengunjung yang datang ke IPEX 2018.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah adalah impian bagi setiap orang, tak terkecuali kaum milenial atau pasangan muda. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi, seperti pengeluaran konsumsi yang dinilai cukup tinggi, pendapatan yang rendah, sampai harga rumah yang tinggi.

Tantangan itu sebenarnya bisa dihadapi dengan komitmen untuk membeli rumah. Selain itu, mereka perlu menerapkan beberapa hal agar bisa membeli rumah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kiat kaum milenial bisa beli rumah.

Buat program khusus

Saat menentukan untuk membeli rumah, hal pertama yang erlu dilakukan adalah komitmen. Selain itu sebagai langkah awal bisa membuka rekening khusus untuk program beli rumah.

Dengan begitu tabungan pribadi dan rumah tidak tercampur. Perlu diingat, jangan pernah menggunakan dana pada rekening khusuus rumah. Nantinya, tabungan itu bisa digunakan sebagai down payment (DP) rumah yang diinginkan.

Riset

Ketika pandemi saat ini, kamu dianjurkan untuk tetap di rumah. Namun hal itu bukan halangan kamu tidak melakukan riset ke rumah yang dinginkan.

Kamu bisa riset melalui online. Biasanya, developer akan update melalui situs perumahan atau media sosialnya. Kamu bisa cek harga, luas tanah dan bentuk rumah melalui online.

Pilih lokasi

Selain itu, kamu juga perlu menimbang lokasi rumah yang ingin dibeli. Jangan sampai, membeli rumah tetap lokasinya tidak startegis. Kamu perlu memperhitungkan jalan raya, akses sampai lingkungan perumahan tersebut.

Pilih penyedia KPR

Terakhir, kamu perlu pastikan bank penyedia KPR adalah bank terkemuka yang berpengalaman mengelola urusan finansial, terutama produk KPR. Dengan begitu, kamu tidak akan rugi saat ingin KPR rumah yang diinginkan.

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya