Sukses

Aksi Pria Berbagi Kebaikan pada Penjual Makanan Keliling, Bisa Ditiru

Berbagi kebaikan tidak harus muluk-muluk. Anda bisa memulainya dengan membantu membeli dagangan para penjual makanan keliling.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain adalah dengan berbagi kebaikan ke sesama. Aksi berbagi ini pun dilakukan seorang pria pada penjual makanan keliling. Ia membagikan momen berbagi kebaikan melalui akun TikTok @steven.stenlyy.

Dalam sebuah unggahan baru-baru ini, ia mendatangi seorang penjual roti keliling. Ia menghampiri pedagang tersebut tanpa membawa kamera di tangannya.

Penjual roti itu berkeliling dengan berjalan kaki dan memikul dagangannya. Steven kemudian bertanya varian roti apa saja yang dijual dan berapa roti yang tersisa. Rupanya roti yang tersisa masih cukup banyak, yaitu 21 buah. Tanpa ragu, Steven mengatakan ingin membeli semua roti yang tersisa itu.

Pada momen itu, seorang pria yang ikut duduk di sana mengatakan ingin meminta salah satu rotinya. Steven lalu mempersilakan pria itu mengambil berapapun roti yang diinginkan tanpa perlu membayar.

Total uang yang harus dibayarkan adalah Rp50 ribu, namun ia memberikan Rp100 ribu tanpa meminta kembalian. Steven pun menuliskan pesan menyentuh sekaligus inspiratif dalam unggahannya itu.

"Anda tak akan pernah tahu kapan kebahagiaan akan datang. Untuk itu, ketika kebahagiaan menghampiri jangan lupa untuk berbagi. Tidak ada batasan untuk membuat orang lain bahagia kecuali Anda sendiri yang membatasinya," tulis Steven di dalam video unggahannya tersebut. 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Bisa Berbagi

Video ini mampu menarik banyak perhatian warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 1,6 juta kali dan mendapatkan lebih dari 3.000 komentar.

"Ih seneng banget lihat bapak dan adiknya senyum lepas. Pasti bahagia banget. Terima kasih ya ko, kamu yang terbaik!" komentar seorang warganet.  "Semoga aku berkecukupan untuk berbagi," komentar warganet lainnya.

Steven cukup sering membagikan videonya membantu pedagang makanan keliing.  Ia sepertinya tinggal di Surabaya karena sebagian besar video yang diunggahnya dituliskan berlokasi di ibu kota Jawa Timur. Di beberapa video, Steven juga menuliskan berada di Bali dan Kendari.

3 dari 4 halaman

Tidak Menyerah

Yang terbaru, Steven membagikan video sedang membantu seorang ibu penjual nasi campur keliling dengan menggunakan sepeda. Dalam unggahan pada 4 Juli 2021 itu, ia terlihat membeli semua nasi campur bungkus yang masih tersedia. Total harganya adalah Rp81 ribu, tapi Steven memberikan uang Rp100 ribu pada ibu tersebut.

Ia sempat berbincang singkat dengan ibu penjual nasi campur itu yang ternyata berjualan dari pagi hingga sore haru. Suaminya pergi meninggalkan dirinya dan ketiga anaknya sehingga ia harus berjualan. Salah seorang anaknya yang perempuan ternyata sudah menikah.

"Ditinggal pergi oleh suami, tapi anda tidak menyerah 🥺, semangat bu," tulisnya dalam keterangan video.  Seperti sejumlah video yang pernah dibagikannya, video tersebut juga mendapat banyak pujian dari warganet dan sudah dilihat lebih dari 633 ribu kali.

Di akun TikTok miliknya, Steven juga membuka wadah donasi bagi siapa saja yang ingin memberi sumbangan atau bantuan pada mereka yang membutuhkan. 

4 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.