4 Masalah Kulit Wajah yang Biasa Dialami Pria dan Cara Mengatasinya

Oleh Henry pada 07 Jul 2021, 06:02 WIB
Diperbarui 07 Jul 2021, 06:02 WIB
Tips Perawatan Kulit Wajah Pria (Photo by Tadeusz Lakota on Unsplash)
Perbesar
Tips Perawatan Kulit Wajah Pria (Photo by Tadeusz Lakota on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Masalah kesehatan kulit wajah tidak hanya dialami perempuan, tapi juga kaum pria. Pria ternyata juga rentan mengalami masalah kesehatan kulit. Karena itu, perawatan diri tidak hanya dilakukan oleh perempuan saja, pria juga perlu melakukan perawatan, terutama kulit wajah.

Menurut co-Founder Norm, Waldo Hartanto, pria juga mengalami beberapa permasalahan kulit, bahkan sering lebih parah dibandingkan perempuan karena mereka cendrung tidak peduli untuk menanganinya.

"Di Indonesia sendiri masih tabu kalau ada para pria yang melek skincare untuk menunjang gaya hidup mereka," terang Waldo dala jumpa pers virtual Norm yang menghadirkan rangkaian produk self-care khusus pria, Selasa, 6 Juli 2021.

[bacajuga:Baca Juga](4554808 45998004599822)

Waldo menambahkan, berdasarkan hasil survei yang mereka lakukan, beberapa permasalahan kulit wajah pada pria Indonesia sebenarnya bisa diatasi. Kebutuhan pria akan perawatan kulit sebaiknya sudah dilakukan sejak remaja.

Berikut empat permasalahan kulit wajah yang biasanya banyak dialami pria:

1. Jerawat

Sama seperti perempuan, jerawat pada pria juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang akan memproduksi minyak berlebih. Aktivitas yang memicu banyak keluar keringat juga membuat pori-pori tersumbat. Hal ini sering terjadi karena pria biasanya lebih aktif dalam bergerak.

Jika tidak langsung dibersihkan dengan sabun pencuci muka, maka bisa memicu pertumbuhan bakteri dan menimbulkan jerawat pada wajah pria.

2. Kulit berminyak

Para pria cendrung memiliki pori-pori yang lebar sehingga mampu menghasilkan minyak wajah lebih banyak dari perempuan. Mereka sering merasa jika itu adalah sifat alamiah sehingga cenderung membiarkan kulit berminyak untuk tidak dibersihkan. Akibatnya wajah jadi timbul komedo dan juga jerawat. Pria juga jarang memakai moisturizer karena dianggap akan membuat kulitnya semakin berminyak. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kulit Kusam

Masalah Kulit Wajah yang Biasa Dialami Pria dan Cara Mengatasinya
Perbesar
Masalah Kulit Wajah yang Biasa Dialami Pria dan Cara Mengatasinya. (Liputan6.com/Henry)

Akibat penggunaan moisturizer dianggap tidak terlalu penting, maka kulit wajah pria cendrung kusam dan hilang tingkat kekenyalannya. Wajah pria jadi lebih cepat kusam karena tidak menggunakan perlindungan wajah.

4. Penuaan

Wajah yang kurang terawat akan membuatnya tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Dengan aktivitas pria yang umumnya padat dan juga super aktif, pria cenderung tidak perduli dengan perawatan wajah. Oleh karena itu, saat wajah kian terpapar beragam hal tanpa sandar, kulit akan semakin lelah dan muncul tanda penuaan.

Mengenai masalah kulit yang sering terjadi pada pria, menurut Men’s Grooming & Lifestyle Content Creator Bimo Ghifari, satu-satunya solusi adalah melakukan perawatan diri. Soal stigma bahwa perawatan wajah hanya dilakukan oleh perempuan saja, Bimo mengatakan sebaiknya jangan didengarkan.

"Jangan dengerin apa kata orang, karena menurut aku kalau buat perawatan itu soal jangka panjang. Menurut aku, nggak ada perawatan wajah yang instan. Harus dimulai dari sekarang, jangan nanti menyesal di kemudian hari saat semuanya sudah terlambat," jelas Bimo Ghifari.

Ia menambahkan, merawat diri adalah proses menghargai diri sendiri. "Kita harus peduli dengan diri sendiri, karena orang yang punya masalah kulit aja kadang suka nggak sadar. Itu dia permasalahan utamanya," sambung Bimo.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Meningkatkan Kualitas Hidup

Masalah Kulit Wajah yang Biasa Dialami Pria dan Cara Mengatasinya
Perbesar
Produk perawatan kulit pria dari Norm. foto: dok. Norm

Untuk menghadapi masalah kulit, perlu melihat kondisi kulit sebelum memakai skincare. Karena bila sudah tahu apa masalah kulitnya, perawatan akan lebih mudah kalau sudah menemukan skincare yang cocok.

"Harus pilih-pilih keperluannya apa, dan juga harus lihat kondisi kulitnya juga. Pria butuh rangkaian perawatan yang diformulasikan khusus untuk mendukung kegiatan mereka serta menjaga kesehatan kulit tubuh, wajah, dan bahkan rambut mereka," ungkap Waldo.

Melihat kebutuhan ini, Norm, brand self-care khusus pria asal Indonesia kini meluncurkan serangkaian produk perawatan wajah, tubuh, dan rambut yang siap mendukung penampilan dan meningkatkan kualitas hidup para pria.

Norm yang sebelumnya merupakan digital platform untuk kesehatan pria, kini telah mengembangkan sayapnya ke produk lifestyle dengan menghadirkan rangkaian produk perawatan tubuh khusus pria. Produk-produk yang mereka luncurkan adalah, Hydra Cleansing Face Wash, Deep Exfoliation Face Scrub, Daily Defense Moisturizer, Pure Performance Shampoo, dan Fortifying Body Wash.

"Perawatan, kesehatan, dan penampilan pria masih menjadi prioritas utama Norm. Kami ingin terus memberikan solusi yang efektif, praktis, dan terjangkau bagi masalah-masalah perawatan tubuh yang dihadapi para pria," pungkas Waldo.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar
Perbesar
Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya