Sukses

Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Tubuh dan Cara Pembuatannya

Air rebusan daun salam dipercaya memiliki sejumlah khasiat bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka yang tinggal di Indonesia, pohon salam salah satu tanaman yang tidak asing lagi. Tanaman yang dikenal dengan  daunnya ini, jadi penyedap masakan, seperti daging, nasi uduk, nasi kuning, dan lainnya.

Oleh karena itu, daun salam dikenal sebagai rempah. Masyarakat menyebutnya sebagai ubai serai, sedangkan di Jawa disebut manting, dan di daerah Sunda disebut gowok.

Pohon salam salah satu jenis tumbuhan perdu dan ketinggiannya bisa mencapai 27 meter. Tumbuhan ini hidup secara liar dengan batang tegak lurus, permukaan beralur, dan batang kuat serta keras.

Daunnya lonjong, elips, atau bulat telur, sedangkan pangkal daun berbentuk lancip, serta daunnya tumpul. Secara keseluruhan panjang daun berkisar antara 50 mm sampai 150 mm dengan lebar 35 mm hingga 65 mm.

Dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Sementara tamaan ini punya nama ilmiah Syzygium polyanthum.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut manfaat rebusan daun salam bagi tubuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem Pencernaan

Daun salam memiliki kandungan enzim dengan protein yang tersedia di dalamnya dan dapat memberikan rasa nyaman untuk mereka menjalani program diet non-vegetarian.

Oleh karena itu, mereka yang mengalami masalah pencernaan disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun salam. Air rebusan daun salam juga bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti perut yang kembung, mulas, tidak teratur buang air besar, sembelit.

Asam Urat

Air rebusan daun salam dapat mengatasi mereka yang memiliki masalah asam urat. Daun salam tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, tapi juga untuk menurunkan asam urat.

Caranya? Anda cukup rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat dua kali dalam sehari.

Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya. Adanya kandungan flavonoid di dalam daun salam mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Anda cukup delapan sampai 10 lembar daun salam dan rebuslah sampai mendidih. Setelah itu, Anda bisa mengambil airnya untuk diminum sebanyak satu kali dalam sehari.

3 dari 4 halaman

Jantung

Air rebusan daun salam bisa membantu turunkan kadar kolesterol. Tak heran, jika air rebusan daun salam juga bisa membantu cegah penyakit jantung. Hal ini disebabkan zat polifenol yang dimiliki daun salam yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Rebus 10 lembar daun salam dengan tiga gelas air untuk disaring. Minumlah air rebusan ini dalam keadaan hangat secara rutin. Bahkan kandungan asam caffeic, fitonutrien, dan senyawa salisilat dalam air rebusan daun salam bisa bantu cegah stroke. Flavonoidnya bisa membantu stabilkan tekanan darah.

Batu Ginjal

Daun salam dipercaya dapat mengurangi kadar enzim urease di dalam tubuh. Enzim ini berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal.

Oleh karena itu, daun salam bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal. Caranya, rebus dua lembar daun salam dan minumlah sebanyak dua kali sehari saat air rebusannya saat hangat.

Kekebalan Tubuh

Air rebusan daun salam dipercaya mengandungan vitamin A,B6, B12, C, dan D yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Adanya vitamin C di dalam air rebusan tersebut ampuh dalam melawan radikal bebas.

Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh pun akan baik dan membuat orang tidak mudah terserang penyakit. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup mengambil 10 hingga 15 daun salam yang segar. Setelah itu, rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja dan minum secara teratur.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.