Sukses

6 Destinasi Wisata di Surabaya yang Ditutup Saat PPKM Darurat

Salah satu destinasi wisata di Surabaya yang ditutup selama PPKM Darurat adalah Monumen Kapal Selam, yang termasuk dalam cagar budaya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memutuskan untuk menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 hingga 20 Juli 2021 di Jawa dan Bali. Dengan adanya PPKM Darurat ini maka kegiatan masyarakat dibatasi dan lebih banyak berada di rumah, termasuk di Surabaya, Jawa Timur.

Banyak destinasi wisata yang ditutup untuk mendukung kebijakan PPKM Darurat ini. Dari banyak tempat wisata, berikut enam destinasi wisata di Surabaya yang ditutup sementara saat PPKM Darurat, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya (KBS) atau Surabaya Zoo merupakan salah satu kebun binatang yang terlengkap di Asia Tenggara. Tempat wisata ini punya satwa langka Indonesia maupun dunia yang terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces di dalamnya.

Berlokasi di Jalan Sentail, Darmo, Surabaya, saat kebijakan PPKM Darurat mulai berlaku, tempat wisata tersebut ditutup sementara. Hal tersebut diungkap oleh akun Instagram @kebunbinatangsurabaya yang membagikan unggahan informasi tersebut pada 3 Juli 2021.

"Sesuai keputusan Pemerintah Pusat terkait penerapan PPKM Darurat Kebun Binatang Surabaya sementara tutup mulai 3 Juli sampai dengan 20 Juli 2021," tulis unggahan tersebut.

2. Monumen Kapal Selam

Kota Surabaya tak hanya kaya bangunan bernilai sejarah, tetapi juga monumennya. Salah satunya Monumen Kapal Selam, yang termasuk dalam cagar budaya. Monumen Kapal Selam (Monkasel) ini berlokasi di bantaran Kalimas yang ada Jembatan Gubeng, atau di sebelah timur area parkir Plaza Surabaya.

Saat PPKM Darurat Jawa-Bali, tempat wisata ini mengumumkan tutup sementara. Hal itu disampaikan lewat akun media sosial, Instagram sosial pada 3 Juli 2021. 

"Sesuai keputusan pemerintah pusat terkait penerapan PPKM darurat di mulai 3 Juli sampai dengan 20 Juli tutup sementara," tulis mereka di kolom keterangan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Atlantis Land

Atlantis Land merupakan salah satu tempat wisata favorit di Surabaya. Berlokasi di Jalan Sukolilo nomor 100 dan berada di dalam area Kenjeran Park, tempat wisata ini menawarkan tema taman wisata air dan istana bawah laut.

Ketika PPKM Darurat diberlakukan tempat wisata itu juga tutup sementara. Hal itu diumumkan melalui akun Instagram resmi mereka, @atlantislandofficial pada 3 Juli 2021.

"Dalam rangka mendukung pemerintah mengurangi angka lonjakan Covid-19, Atlantis Land tutup sementara selama PPKM Darurat," tulis unggahan di Instagram tersebut.

4. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih merupakan hutan buatan yang sengaja dibuat untuk kepentingan wisata. Berlokasi di Jalam Raya Marina Asri, Keputih, Surabaya, tempat ini menawarkan destinasi wisata yang asri dan teduh. Meski begitu mereka juga harus tutup sementara karena peraturan kebijakan PPKM Darurat.

Hal itu diketahui lewat akun Instagram @lovesuroboyo. “Tempat wisata ini di Surabaya ditutup sejak PPKM Darurat diberlakukan,” kata admin akun Instagram tersebut kepada Liputan6.com Senin, 5 Juli 2021.

3 dari 4 halaman

5. Monumen Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan monumen bersejarah yang menjadi ikon Kota Surabaya. Monumen ini berada di tengah-tengah kota, tepatnya di Jalan Pahlawan, Surabaya, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur.

Saat ini tempat wisata tersebut tutup sementara karena PPKM Darurat. Melalui akun Instagram @museu.surabaya pada 1 Juli 2021, diumumkan bahwa Monumen Tugu Pahlawan tutup sementara dimulai dari 29 Juni 2021.

Tak hanya Monumen Tugu Pahlawan, mereka mengumumkan tempat wisata lainnya, seperti Museum Surabaya, Museum Pendidikan, Museum Olahraga, dan Museum Tjokroaminoto juga ditutup.

"Dengan ini kami informasikan bahwa semua museum milik pemerintah kota Surabaya tutup sementara sampai batas waktu yang ditentunkam," tulis unggahan tersebut dalam keterangan foto.

6. Surabaya North Quay

Tempat wisata menarik lainnya di Surabaya yang ditutup adalah North Quay. Berkunjung ke sini Anda bersama pasangan maupun keluarga akan menikmati liburan dengan pengalaman berbeda. Anda bisa melihat kapal pesiar mewah yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak dari dekat.

Anda juga bisa mengabadikan momen bersama pasangan dengan latar belakang kapal pesiar mewah dan pemandangan yang memesona. Sayangnya, seperti tempat wisata lainnya di Surabaya, Surabaya North Quay yang berlokasi di Jalan Perak Utara.

Dalam unggahan di akun Instagram @ snq_sunsetpoint pada 2 Juli 2021, mereka mengumumkan tutup sementara mulai 3-20 Juli 2021 dan akan buka kembali kembali pada 21 Juli 2021.  (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Daftar 122 Kota / Kabupaten Terapkan PPKM Darurat Jawa Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.