Sukses

Beton Bisa Membuat Bahan Bangunan Hunian Lebih Berkualitas dan Tak Mudah Keropos

Beton Mix adalah salah satu bahan beton yang sangat mudah dicampurkan dengan bahan-bahan bangunan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum Anda membangun rumah atau hunian, sebaiknya mengenal lebih dalam bahan bangunan yang berkualitas. Salah satunya, bahan bangunan yang terbuat dari beton merupakan bagian penting dalam konstruksi bangunan.

Beton terbentuk dari campuran semen, air, pasir dan kerikil yang diperkuat dengan besi dan baja. Beton memiliki beragam ukuran dan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi sehingga dapat berfungsi maksimal.

Dalam pembangunan hunian, beton digunakan sebagai pondasi, atap, tiang, dan pembatas antar lantai. Beton memiliki kelebihan tahan terhadap beban berat, tahan terhadap suhu tinggi maupun korosi.

Namun sebelum memulai kontruksi bahan bangunan sebaiknya dipilih atau dipahami dalam pembuatan bahan-bahan pembentuk beton. Karena beton juga dapat retak dan kalau sudah mengeras tidak dapat dibentuk kembali. Tentunya diharapkan hasil akhir beton yang kuat, tahan lama, dan tidak mudah roboh.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Beton Mix adalah salah satu bahan beton yang bisa dipilih. Bahan ini sangat mudah dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, seperti semen, air, pasir, dan kerikil untuk menjadi beton. Bahan ini mengandung cairan bening siap pakai dan bisa meningkatkan kualitas adukan beton.

Beton Mix dari Aquaproof yang tersedia dalam ukuran kemasan 1 kg, 5 kg dan 30 kg. diproduksi oleh PT. Adhi Cakra Utama Mulia, perusahaan lokal berbagai produk pelapis anti bocor terkait bangunan. Mereka mengklaim produknya tidak mudah keropos. 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Mutu Beton

Beton Mix bisa mempertahankan bahan bangunan dalam waktu lama. Bahan ini dapat meningkatkan mutu beton yang terhubung antara jumlah air yang dipakai dengan kuat tekan beton.

Dalam penggunaannya, pemakaian air dapat dikurangi tanpa mempengaruhi daya alir beton dan dapat meningkatkan kuat tekan beton. Bahan ini juga berpengaruh juga pada peningkatan kuat tekan beton hingga 20 persen.

Selain itu, Beton Mix juga mempercepat pengerasan beton ketika berumur 28 hari. Bahan ini juga mempermudah pengecoran beton ke dalam adukan. Beton yang mengalir diperlukan untuk pengerjaan cor beton seperti area luas dan pengecoran dengan menggunakan pompa beton. 

3 dari 4 halaman

Manual dan Ready Mix

Ada dua cara yang bisa dilakukan dalam penggunaan produk ini yakni manual dan ready mix. Untuk manual, cukup campurkan bahan ini dengan air yang akan digunakan. Dalam penggunaan air dapat dikurangi 10-30 persen dari kebutuhan air normal.

Setelah itu, masukkan campuran air ke dalam adukan pasir, kerikil dan semen lalu aduk hingga rata. Kemudian, lakukan pengecoran seperti biasa, usahakan adukan beton selesai dituang dalam waktu kurang dari satu jam.

Adapun cara pengunaan kedua adalah dengan cara ready mix, yaitu dengan memasukkan Betonmix ke dalam "mobil molen" untuk pengecoran.

Setelah Betonmix dimasukkan, putar mesin aduk semen selama lima menit lalu tambahkan lagi cairan Betonmix secukupnya. Sama seperti cara penggunaan manual, usahakan beton ready mix telah selesai dituang dalam waktu kurang dari satu jam. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.