Sukses

Australia Pertimbangkan Izinkan Hewan Peliharaan Masuk Kabin Pesawat

Ada beberapa aturan khusus yang harus disetujui oleh seluruh maskapai Australia jika mengizinkan hewan peliharaan ke dalam pesawat/

Liputan6.com, Jakarta - Aturan untuk naik pesawat terbang di setiap negara terkadang berbeda. Di Australia misalnya, mereka akan melonggarkan aturan tentang hewan peliharaan di dalam pesawat mulai tahun ini.

Undang-undang federal di Australia akan segera mengesahkan peraturan tentang hewan peliharaan. Namun, persetujuan tersebut sepertinya masih menunggu dari keputusan pilot yang masih di bawah pengawasan Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil atau CASA.

Di Australia, hewan peliharaan, dengan pengecualian hewan penolong, hanya dapat bepergian di ruang kargo, dengan perusahaan transportasi hewan yang bermitra dengan maskapai untuk menyediakan layanan tersebut.

Dilansir dari Guardian dan Simple Flying, 1 Juli 2021, juru bicara CASA mengungkapkan bahwa ada beberapa aturan khusus yang harus disetujui oleh seluruh maskapai jika mengizinkan hewan peliharaan ke dalam kabin.

"Mereka harus mempertimbangkan bagaimana cara menahan hewan, efeknya pada penumpang lain, tidak menghalangi antrean keluar, menangani kotoran atau kencing. Prosedur untuk hewan peliharaan akan ditambahkan ke manual operasi mereka," terang juru bicara CASA.

Namun, CASA tidak ikut andil dalam persetujuan itu, semua keputusan diserahkan pada maskapai penerbangan masing-masing. "Perubahan aturan akan memungkinkan maskapai penerbangan membawa hewan peliharaan tanpa meminta persetujuan dari CASA," lanjut juru bicara CASA.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempertimbangkan Perubahan Peraturan

Saat ini, maskapai Virgin Airlines sedang mempertimbangkan perubahan peraturan ini, sebagai bagian dari tinjauan perjalanan hewan peliharaan.

Menurut juru bicara Virgin Airlines, anjing penolong masih dapat melakukan perjalanan di kabin pesawat mereka. Selain Virgin Airlines, Qantas dan Jetstar juga meninjau peraturan hewan peliharaan ini, tapi mereka masih belum ingin memperbarui kebijakan tentang hewan peliharaan di kabin hingga saat ini.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) telah lebih dulu mengizinkan penumpangnya untuk terbang dengan hewan pendukung emosional selama maskapai mengizinkan.

3 dari 4 halaman

Punya Paspor Sendiri

Banyak penumpang yang mencoba membawa beragam hewan ke dalam pesawat selama bertahun-tahun saat mereka menguji parameter aturan.

Namun, sejumlah permintaan untuk hewan pendukung yang tidak biasa membuat departemen transportasi AS akhirnya melarang semua hewan, kecuali anjing untuk masuk ke dalam pesawat pada Desember 2020. Kucing dan anjing dapat dibawa ke kabin sebagai hewan peliharaan, tetapi dengan dikenakan tambahan biaya.

Selain AS, beberapa maskapai penerbangan Timur Tengah juga mengizinkan hewan seperti elang, untuk dibawa ke dalam kabin dan bahkan punya paspor sendiri.

4 dari 4 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.