Gunung Gede Pangrango dan Gunung Ciremai Tutup hingga 20 Juli 2021

Oleh Komarudin pada 03 Jul 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 03 Jul 2021, 13:30 WIB
Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango
Perbesar
Para pendaki menyusuri alun-alun Surya Kencana setelah menapai puncak Gunung Gede. Foto: Ahmad Ibo.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mengumumkan penutupan sementara untuk kegiatan wisata, berkemah, dan pendakian. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung implementasi PPKM Darurat.

"Sesuai surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia terkait Implementasi PPKM Darurat Jawa-Bali tanggal 3 - 20 Juli 2021, kegiatan wisata alam dan berkemah di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditutup sementara untuk umum dari tanggal 03 Juli s.d. 20 Juli 2021, melalui Surat Edaran Kepala Balai Besar TNGGP nomor 1086/BBTNGGP/Tek.2/07/2021," tulis akun @btn_gn_gedepangrango, Jumat (2/7/2021).

Pihak TNGGP menyampaikan permintaan maaf pada mereka yang sudah merencanakan kunjungan pada tanggal tersebut. Para pengunjung bisa mengajukan reschedule atau pengembalian uang dengan menghubungi layanan pelanggan pendakian.

Dalam unggahan tersebut, disertakan juga Surat Edaran yang ditandatangani Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Wahju Rudianto.

"Jika pada tanggal 20 Juli 2021 keadaan Covid-19 tetap mengalami peningkatan berdasarkan informasi dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, maka penutupan akan diperpanjang sampai batas waktu yang memungkinkan pendakian aman," bunyi salah satu bagian dari surat edaran tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gunung Ciremai

Pendakian Gunung Ciremai Dibuka, Tapi...
Perbesar
Pengelola Gunung Ciremai resmi menutup aktivitas jalur pendakian dan objek wisata di sekitar pegunungan merespon pencegahan penyebaran covid-19. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Penutupan juga dilakukan pihak Taman Nasional Gunung Ciremai. Ini dilaksanakan pada 2--20 Juli 2021. Pengumuman penutupan tersebut disampaikan lewat akun Instagram resminya pada 1 Juli 2021.

"Sehubungan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali, kami umumkan bahwa seluruh wisata alam gunung Ciremai di Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat ditutup mulai 2 sampai 20 Juli 2021," tulis akun @gunung_ciremai.

Bagi mereka yang sudah memesan slot pendakian, bisa mengonsultasikan dengan chat WA Admin Booking Pendakian. "So, mari patuhi anjuran pemerintah. Semoga kita mendapat keselamatan dan kesehatan. Amin!" tulis akun tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sempat Tutup

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Perbesar
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. (Liputan6.com/B Santoso)

Bukan kali pertama Gunung Gede Pangrango dan Gunung Ciremai mengumumkan penutupan terkait pandemi Covid-19. Pada periode Ramadan dan libur Lebaran, pendakian juga ditutup.

"Ditutup sementara pada 5--17 Mei 2021," begitu keterangan yang dituliskan pihaknya. Penutupan tersebut mengacu pada Surat Edaran 601/BBTNGGP/Tek.2/04/2021 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian.

"Pendakian gunung Ciremai ditutup pada 13 April sampai 12 Mei 2021," tulis mereka dalam unggahan di akun Instagram Gunung Ciremai.

Keputusan itu merujuk pada surat nomor PG.005/T.33.TU/KSA/4/2021 tentang Penutupan Aktivitas Wisata Alam Pendakian Gunung Ciremai. Disebutkan di sana bahwa penutupan dilakukan dalam rangka pemeliharaan jalur pendakian dan pemulihan ekosistem secara alami.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Potensi Letusan Gunung Merapi Lebih Hebat dari 2006

Infografis Potensi Letusan Gunung Merapi Lebih Hebat dari 2006? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Potensi Letusan Gunung Merapi Lebih Hebat dari 2006? (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya