Sukses

Patung Putri Diana Dikelilingi Ribuan Bunga di Taman Istana Kensington

Patung Putri Diana diresmikan di Taman Sunken, Istana Kensington, pada 1 Juli 2021, bertepatan dengan momen ulang tahunnya yang ke-60.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Pangeran William bersatu dalam peresmian patung ibunda mereka, Putri Diana. Acara tersebut dilaksanakan di Istana Kensington, London, Inggris waktu setempat.

Peresmian pada 1 Juli 2021 bertepatan dengan momen ulang tahun Putri Diana yang ke-60. Dilansir BBC, Kamis, 1 Juli 2021, Istana Kensington menegaskan selain Pangeran Harry dan Pangeran William serta keluarga kerajaan Inggris, ada pula anggota keluarga dekat Putri Diana yang menghadiri peresmian.

Ada pula komite yang mengawasi pembuatan patung dan desain ulang taman yang menjadi lokasi patung tersebut. Ian Rank-Broadley, yang memiliki rekam jejak panjang dalam menciptakan gambar keluarga kerajaan, dipilih untuk memahat patung Putri Diana. Seniman tersebut juga menjadi salah satu tamu.

Acara ini diperkecil karena pembatasan COvid-19 dan terselenggara dalam acara kecil dan momen yang sangat pribadi bagi keluarga, demikian ungkap sumber kepada PA News agency. Istana Kensington menyebut, Taman Sunken telah menjadi "salah satu lokasi favorit sang putri" ketika ia tinggal di sana.

Lebih dari 4.000 bunga telah ditanam untuk mendesain ulang taman, yang membutuhkan waktu seribu jam untuk menyelesaikannya. Taman yang terletak di dalam Hyde Park London, akan dibuka untuk umum dan dikunjungi secara gratis mulai besok, sejalan dengan jam buka Istana Kensington.

Dilansir Metro, Kate Middleton dikabarkan tidak hadir ke acara tersebut. Sementara, Pangeran Harry terbang ke Inggris seorang diri tanpa ditemani istrinya, Meghan Markle yang tinggal di Amerika Serikat bersama kedua anaknya, Archie dan Lilibet.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Momen Manis

Pangeran Charles dilaporkan juga tidak akan hadir. Sebuah sumber menyampaikan kepada The Times bahwa ia akan melewatkan upacara karena takut membuka 'luka lama'.

Patung itu akan dipajang di Taman Sunken Istana Kensington. Hunian ini juga merupakan rumah bagi monumen Raja William III dan Ratu Victoria.

Taman Sunken juga salah satu tempat favorit Putri di Istana dan taman menjadi tempat untuk foto pertunangan Harry dan Meghan pada 2017. Taman akan dibuka untuk umum mulai Jumat, 2 Juli 2021.

"Pangeran berharap patung itu akan membantu semua orang yang mengunjungi Istana Kensington untuk merenungkan kehidupan dan warisan ibu mereka," bunyi pernyataan Istana Kensington pada 2020.

3 dari 4 halaman

Bertemu Privat

Pangeran Harry dan Pangeran William akan mengadakan pertemuan secara privat. Itu akan dilaksanakan setelah acara peresmian patung ibunda mereka, Putri Diana, Kamis, 1 Juli 2021.

Dilansir dari Mirror, Rabu (30/6/2021), proses peluncuran patung bertepatan dengan ulang tahun Putri Diana yang ke-60. Pangeran William dan Pangeran Harry akan berkumpul untuk pertama kalinya sejak pemakaman Pangeran Philip pada April lalu.

Hubungan keduanya telah sering disebut tidak sebaik dulu. Namun, mereka dilaporkan akan mengesampingkan perbedaan untuk acara peresmian patung kreasi Ian Rank-Broadley tersebut.

Sementara, rencana pembuatan patung Putri Diana pertama kali diumumkan pada Februari 2017. Momen itu menandai 20 tahun sejak ia meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris pada usia 36 tahun.

4 dari 4 halaman

Infografis Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.