Sukses

Candi Prambanan Tutup Sementara hingga 5 Juli 2021

Penutupan ini karena kawasan Candi Prambanan masuk zona merah.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Wisata Candi Prambanan kembali harus menutup pintu untuk wisatawan. Candi Prambanan tutup sementara mulai hari ini, Rabu (30/6/2021) hingga 5 Juli 2021 mendatang.

Dilansir Antara, Rabu (30/6/2021), PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) menutup Taman Wisata Candi Prambanan di perbatasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai 30 Juni--5 Juli 2021 karena kawasan tersebut masuk kategori zona merah.

"Penutupan sementara TWC Prambanan ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Klaten Nomor 443.5/418/13 tentang Percepatan Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah," kata Sekretaris Perusahaan PT TWC Emilia Eny Utari di Sleman, Yogyakarta, Selasa, 29 Juni 2021.

Ia melanjutkan, kebijakan penutupan ini diambil menyusul meningkatnya angka kasus positif terkonfirmasi Covid-19. Hal tersebut membuat Kabupaten Klaten masuk dalam zona merah. PT TWC mendukung langkah pemerintah Kabupaten Klaten guna menekan laju penularan Covid-19 di wilayahnya dengan menutup operasional TWC Prambanan.

"Kami berharap penutupan ini bisa ikut berpartisipasi dalam proses penekanan lajunya penyebaran Covid-19 serta untuk pemulihan baik segi kesehatan maupun ekonomi di masyarakat. Kami yakin, situasi ini dapat kita lalui bersama," tambahnya.

Selama penutupan Candi Prambanan, PT TWC terus berkegiatan preventif guna mengurangi upaya penyebaran Covid-19. Hal tersebut dilaksanakan dengan menjaga kebersihan lingkungan di kawasan destinasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen

"Hal ini merupakan bentuk komitmen kami dalam menjaga suasana yang nyaman dan aman sesuai dengan sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf yang telah kami terima di semua destinasi kami," jelas Emilia.

Soal penutupan operasional, pengunjung yang ingin bertanya perihal tiket ke destinasi TWC, dapat menghubungi Call Center di nomor telepon seluler 08112688000. Emilia berharap, upaya yang dilakukan oleh pemerintah serta didukung semua pihak ini bisa tercapai.

"Sehingga kondisi dapat segera membaik, perekonomian dan dunia pariwisata menyusul pulih kembali," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Sempat Buka

Sebelumnya, Pengetatan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro turut diberlakukan dalam kegiatan wisata. Tidak terkecuali dengan kunjungan ke destinasi wisata ikonik, Candi Prambanan.

Beberapa hal juga perlu diketahui pengunjung sebelum berwisata ke Candi Prambanan selama PPKM Mikro periode 23 Juni--2 Juli 2021. Informasi ini disampaikan melalui akun Instagram resmi Taman Wisata Candi Prambanan pada Rabu, 23 Juni 2021.

Kunjungan di Candi Prambanan hanya di Zona 2 atau Area Taman Wisata Taman Candi Prambanan. Pembatasan kuota kunjungan ke candi yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini adalah 1.000 orang per hari.

Jam layanan di Candi Prambanan pukul 08.00--15.00 WIB. Pengunjung dapat mengakses laman borobudurpark.com untuk pembelian tiket secara online.

4 dari 4 halaman

Infografis Candi Prambanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.