Sukses

Aksi Peduli Lawan Covid-19, dari Gelar Vaksinasi hingga Donasi APD

Sederet pihak bahu membahu berjuang melawan Covid-19 dengan menggelar vaksinasi sampai menyalurkan bantuan.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai pihak saling bahu membahu melawan Covid-19. Aksi kepedulian kepada sesama ini diwujudkan dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat hingga menggalang donasi alat pelindung diri (APD).

Semangat itu pula yang dilaksanakan oleh Sogo Indonesia yang menggandeng BenihBaik.com, sebuah platform crowdfunding. Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, keduanya mengajak seluruh customer Sogo untuk berdonasi yang dilakukan dari pertengahan tahun lalu.

Donasi yang disalurkan berupa alat-alat kesehatan seperti alat pelindung diri (APD), masker medis, dan tes PCR yang disalurkan kepada 18 puskesmas terpencil di sembilan kota besar di Indonesia, serta bagi seluruh masyarakat yang tidak memiliki akses. Lewat program ini, berhasil menggalang donasi senilai Rp 1.841.263.096.

Selain itu, aksi kepedualian lainnya adalah membantu mengatasi kelaparan 3.500 anak terdampak pandemi dengan memberikan nutrisi dan makanan bergizi, yang disalurkan ke beberapa wilayah di Indonesia, dengan total donasi sebesar Rp 1.683.822.990. Donasi dengan total lebih dari Rp3,5 miliar ini telah diserahkan pada minggu ketiga di Juni 2021. 

Semangat berbagi juga datang dari perusahaan bahan kimia untuk konstruksi dan industri asal Swiss, Sika, yang menggelar vaksinasi Gotong Royong untuk pekerja dan keluarganya yang terdaftar. Target sasaran vaksin sebanyak 450 orang.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, vaksinasi Gotong Royong digelar di kantor Sika Indonesia di Cileungsi, Bogor pada Juni dan Juli 2021 akan dibagi dalam dua tahap, masing-masing tahap akan diikuti kurang lebih 200 orang. Melalui kerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Biofarma, para pekerja dan keluarganya akan mendapatkan vaksin Sinopharm.

Kontribusi lain dalam memerangi Covid-19 yang digelar Sika global untuk melindungi para pekerja, keluarganya dan konsumen di berbagai negara terutama di negara-negara yang paling terdampak Covid-19. Sika memberikan lebih dari 35 ribu liter hand sanitizer di 15 anak perusahaan di seluruh dunia. Selain untuk para pekerja, hand sanitizer diberikan ke berbagai rumah sakit, pusat donor darah, panti jompo dan fasilitas perawatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vaksinasi

Sebagai upaya bentuk mendukung program vaksinasi nasional, tiket.com menjalankan sentra vaksinasi perdananya yang berlokasi di Rumah Sakit St Carolus, Jakarta Pusat. Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, sebanyak total 12 ribu vaksin AstraZeneca diberikan kepada penduduk kategori usia 18+ tahun, masyarakat golongan usia pra-lansia (50--59 tahun), serta pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang berdomisili dan bekerja di DKI Jakarta.

Penyuntikan vaksin dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak minimal 12 minggu dari penyuntikan pertama. Penyuntikan vaksin Tahap 1, yaitu pada 14--26 Juni 2021. Sedangkan, vaksin Tahap 2 akan berlangsung pada 6--18 September 2021.

Berdasarkan data per 23 Juni 2021, sejak sentra vaksinasi dibuka pada 14 Juni 2021, tiket.com telah mengakomodir lebih dari 11 ribu pendaftar. Mereka adalah pekerja parekraf di DKI Jakarta mengisi komposisi 52 persen dari total seluruh penerima vaksin. 

Dukungan percepatan program vaksinasi juga dilaksanakan GoTix, bagian dari LOKET dan salah satu layanan Gojek. Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, GoTix bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) hari ini membuka Sentra Vaksinasi COVID-19 di JIEXPO Kemayoran.

Sentra Vaksinasi COVID-19 tersebut diperuntukkan bagi masyarakat umum termasuk pelaku UMKM, di antaranya mitra usaha ekosistem Gojek. Dilengkapi dengan 40 ribu dosis vaksin Sinovac dengan pemberian dosis pertama berlangsung pada 26--27 Juni 2021, program Sentra Vaksinasi ini menyasar 20 ribu warga di enam wilayah, yakni Jakarta dan sekitarnya, yaitu Depok, Tangerang Kota, Tangerang Selatan, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

3 dari 4 halaman

Drive-thru Vaksinasi

YCAB Foundation bersama dengan Terra Klinik mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk umum. Peserta vaksinasi terbuka bagi warga dengan KTP DKI Jakarta yang telah berusia 18 tahun atau lebih untuk menerima vaksin tahap 1 menggunakan vaksin Oxford - AstraZeneca.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, peserta pemegang KTP non DKI Jakarta juga diperbolehkan untuk mengikuti vaksinasi dengan membawa surat keterangan domisili di Jakarta. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, dan pemerintah DKI Jakarta.

Lokasi kegiatan berada di Jalan Duri Raya No. 57A, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Acara digelar pada 24--26 Juni dan 28--30 Juni 2021 dengan jam operasional pukul 09.00--15.00. Petugas yang akan melayani kegiatan vaksinasi berjumlah 60 orang relawan.

Kuota untuk peserta setiap harinya disediakan mencapai 500 orang. Peserta dapat mengendarai kendaraan roda empat atau dua, dan akan melalui rangkaian pemeriksaan sebelum dan sesudah vaksinasi.

4 dari 4 halaman

3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.