Sukses

Ruang Bawah Tanah Colosseum Dibuka Pertama Kali dalam Sejarah

Ini pertama kalinya dalam sejarah Colosseum publik diizinkan masuk ke ruang bawah tanah.

Liputan6.com, Jakarta - Ruang bawah tanah Coloseum atau yang disebut hypogea untuk pertama kali dalam sejarah dibuka untuk publik. Dahulu, area tersebut adalah tempat para gladiator dan hewan menunggu sebelum berperang.

Dilansir dari CNN, Minggu, 27 Juni 2021, kini wisatawan bakal dapat berjalan melalui lorong-lorong di atas plaform kayu. Ruang bawah tanah Colosseum itu menghadirkan koridor dan lengkungan yang menghubungkan hypogea dengan ruangan tempat gladiator dan hewan menunggu, sebelum memasuki lift yang akan melontarkan mereka ke arena.

Kini, hypogea diterangi oleh cahaya lilin. Namun dengan permukaan tanah asli arena yang lama hancur, hal tersebut terlihat dari tingkat atas Colosseum, dan sinar matahari menembus ke dalam.

Kementerian Kebudayaan Italia merilis restorasi besar-besaran dari kubah dan lorong-lorong tempat mereka yang akan berperang menunggu. Karya-karya itu adalah proyek bersama dalam hubungannya dengan merek fashion Italia Tod's dan CEO perusahaan Diego Della Valle menghadiri upacara pembukaan.

Berbicara pada upacara itu, Alfonsina Russo, direktur Taman Arkeologi Colosseum, menyebut karya-karya tersebut akan memungkinkan orang untuk memahami lebih baik bagaimana Colosseum dulu berfungsi. "Restorasi ini sangat penting untuk penelitian arkeologi, karena memungkinkan kita untuk merekonstruksi sejarahnya," katanya kepada CNN.

Ia menjelaskan, ruang itu adalah bagian belakang panggung dari pertunjukan yang berlangsung di area tersebut. Lokasi ini jadi saksi semua persiapan, bahkan teknologinya. "Mereka membawa alat peraga, manusia, dan hewan ke area tersebut melalui serangkaian lift dan lift kargo," tambahnya.

Proyek restorasi dimulai oleh CEO Tod's Diego Della Valle dan Departemen Warisan Arkeologi Roma pada 2011. Rumah mode itu telah menyumbangkan 25 juta Euro atau sekitar Rp431 miliar untuk operasi tersebut.

Proyek di Colosseum ini telah dilakukan dalam tiga fase besar, dimulai dengan pembersihan menyeluruh dari fasad monumen, dan pindah ke area bawah tanah. Sebagian kecil dari hypogea dibuka untuk umum pada 2016. Pekerjaan restorasi besar di hypogea dimulai pada 2018, meskipun tertunda oleh pandemi Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Pembersihan

Arkeolog, restorer, insinyur, dan arsitek termasuk di antara para ahli yang bekerja untuk membawa monumen ini sedekat mungkin ke kejayaannya. Tim menggunakan survei fotografi, pemetaan permukaan, dan pekerjaan yang lambat dan teliti untuk membersihkan kotoran, endapan, dan mikroorganisme selama berabad-abad, seperti ganggang dan lumut.

Di beberapa bagian, mereka harus menghilangkan jejak restorasi sebelumnya, yang telah membusuk seiring waktu, dan menggantinya dengan apa yang mereka gambarkan sebagai bahan yang lebih otentik. Pemulih juga memasang sistem untuk mengurangi infiltrasi air di batu, yang merupakan salah satu penyebab utama pembusukan.

Colosseum dibangun oleh kaisar Vespasianus, dengan konstruksi dimulai pada 72 SM, berakhir delapan tahun kemudian. Putranya, Titus, meresmikan Colosseum dengan 100 hari permainan, termasuk pertempuran laut tiruan, eksekusi hewan, dan pertempuran gladiator.

Menurut sejarawan kuno Eutropius, 5 ribu hewan dibunuh selama pertandingan perdana itu. Pada masa kejayaannya, amfiteater dapat menampung antara 50 ribu--70 ribu penonton. Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi, monumen ini digunakan sebagai perumahan dan sebagai sumber bahan untuk pekerjaan konstruksi lainnya di sekitar kota.

3 dari 4 halaman

Semangat Bangkit

Kini, Colosseum menjadi salah satu landmark paling terkenal di dunia, dan berhasil menarik 5 juta pengunjung per tahun sebelum pandemi. Selama upacara, Della Valle berbicara secara singkat tentang pandemi Covid-19, dan dampaknya terhadap Italia dan menggambarkannya sebagai "tragedi."

"Sudah waktunya untuk memulai kembali untuk bergerak maju karena ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata Della Valle pada upacara pembukaan. "Ketika bisnis swasta bekerja dengan baik dengan warisan seni publik, banyak hal terjadi," tambahnya.

Pembukaan bagian bawah tanah menandai akhir dari proyek restorasi Tod's, tetapi ini bukan akhir dari pekerjaan di Colosseum. Bulan lalu, Kementerian Kebudayaan mengumumkan rencana untuk membangun arena kayu yang akan menutupi hypogea, menggambarkan tentang Colosseum dahulu. Arena baru akan menjadi tuan rumah konser dan jenis acara budaya lainnya.

4 dari 4 halaman

Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.