Sukses

Meghan Markle Tak Temani Pangeran Harry ke Inggris Jelang Peresmian Patung Putri Diana

Pangeran Harry datang seorang diri saat kembali ke Inggris tanpa didampingi Meghan Markle dan kedua buah hati mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry kembali ke Inggris menjelang peresmian patung ibundanya, Putri Diana. Acara ini akan berlangsung di Istana Kensington pada 1 Juli 2021, bertepatan dengan ulang tahun Diana yang ke-60.

Dilansir dari laman People, Minggu (27/6/2021), Pangeran Harry tidak ditemani oleh istrinya, Meghan Markle. Perempuan berusia 39 tahun ini tinggal di California, Amerika Serikat bersama kedua buah hatinya, Archie dan Lilibet Diana.

Pangeran Harry telah kembali ke Inggris sekali sejak pindah ke AS pada Maret 2020 untuk pemakaman kakeknya, Pangeran Philip di April 2021. Setelah kebaktian di Kapel St. George di Kastil Windsor, Harry terlihat mengobrol dengan kakak laki-lakinya, Pangeran William.

Saat berada di Inggris awal tahun ini, Pangeran Harry tinggal di rumahnya di Frogmore Cottage di Windsor. Hunian ini adalah tempat sepupunya Putri Eugenie dan suaminya Jack Brooksbank tinggal saat mereka memulai kehidupan sebagai keluarga dengan menyambut putra August Philip Hawke pada Februari 2021.

Rencana pembuatan patung Putri Diana pertama kali diumumkan pada Februari 2017. Momen itu adalah menandai 20 tahun sejak ia meninggal dalam kecelakaan mobil di Paris. Ia berusia 36 tahun pada saat kematiannya.

"Patung itu akan dipasang di Sunken Garden of Kensington Palace pada 1 Juli 2021, menandai ulang tahun ke-60 The Princess," bunyi pernyataan istana.

"Pangeran berharap patung itu akan membantu semua orang yang mengunjungi Istana Kensington untuk merenungkan kehidupan ibu mereka dan warisannya," lanjut pernyataan soal patung Putri Diana tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengukir Memori

Ada banyak memori di Sunken Garden. Salah satunya ketika Pangeran Harry dan Meghan mengadakan sesi foto pertunangan mereka pada 2017 di taman tersebut.

Sementara, Pangeran William dan Pangeran Harry membentuk sebuah komite. Ini terdiri dari salah satu saudara perempuan Diana, beberapa teman, pakar, dan kontak amal untuk membantu memberikan penghormatan yang tepat untuknya.

Mereka mendaulat Ian Rank-Broadley, pematung untuk mengerjakan patung Putri Diana. Sang pematung juga sosok di balik gambar nenek mereka, Ratu Elizabeth yang telah digunakan untuk menghias semua koin Inggris sejak 1998.

 
3 dari 4 halaman

Diundang Makan Siang

Ratu Elizabeth II disebut mengundang Pangeran Harry untuk makan siang di Kastil Windsor, Inggris, pada Juli mendatang. Dilansir dari laman Metro, 8 Juni 2021, undangan itu bertepatan dengan rencana kehadiran Pangeran Harry ke Inggris pada 1 Juli 2021 untuk meresmikan patung mendiang ibunya, Putri Diana. Ia dikabarkan juga akan berpidato terpisah dari sang kakak, Pangeran William.

Menurut sumber tepercaya kerajaan kepada Daily Mail, undangan ini jadi bukti nyata kerendahan hati Ratu Elizabeth II pada cucunya. Hal itu juga jadi pertanda bahwa keluarga Kerajaan Inggris ingin meredakan ketegangan di antara mereka.

Menurut sumber lainnya pada The Sun, undangan itu adalah ciri khas dari sang Ratu. Makan siang akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk membicarakan semuanya.

Kabarnya, undangan makan siang itu telah dibuat sebelum kelahiran Lilibet. Jika terwujud, pertemuan makan bersama tersebut bakal menjadi kali pertama Harry mengobrol langsung dengan sang nenek sejak ia dan Meghan meninggalkan Inggris setelah berhenti sebagai anggota senior kerajaan pada 2020.

4 dari 4 halaman

Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.