Sukses

UNESCO akan Masukan Venesia ke Dalam Situs Warisan Dunia yang Terancam Punah

Apa yang membuat UNESCO akan memasukkan Venesia ke dalam Situs Warisan Dunia yang terancam punah?

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) ancam akan memasukkan Venesia sebagai Situs Warisan Dunia yang terancam punah. Hal itu akan terjadi jika kota tersebut tidak melepas industri kapal pesiarnya.

Melansir dari Daily Sabah, Jumat, 25 Juni 2021, otoritas kebudayaan PBB mengancam akan memasukkan kota tersebut ke daftar merah pada pertengahan Juli 2021. UNESCO mengecam upaya Italia yang tidak bersemangat untuk menahan kerusakan yang disebabkan oleh kapal-kapal besar dan pariwisata massal.

Pemerintah di Roma menanggapinya dengan rasa kekhawatiran. Mereka akan bergerak cepat untuk memperbaiki situasi tersebut.

"Ini akan menjadi masalah yang sangat serius bagi negara kita," kata Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini. "Waktu untuk ragu-ragu sudah berakhir."

Jika rencana tersebut terlaksana, maka reputasi kota Venesia akan hancur bagi turis. Pariwisata telah menjadi sumber pendapatan utama di Venesia sejak awal abad ke-18, ketika kunjungan turis ke tempat-tempat indah di kota muncul di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Situs Warisan Dunia UNESCO

Venesia jadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari mancanegara. Pada 1980-an, Karnaval Venesia dihidupkan kembali dan kota ini menyelenggarakan festival bergengsi, yaitu Biennale dan Festival Film Venesia.

Venesia dan lagunanya telah memiliki menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1987. Label ramah pariwisata itu yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan bagi ekonomi lokal.

Jika UNESCO serius dengan ancamannya, Italia akan diminta untuk menyusun rencana aksi baru. Italia harus menyerahkan laporan implementasi itu pada Februari 2022.

3 dari 4 halaman

Protes Warga

Pada awal Juni 2021, setelah jeda 1,5 tahun selama pandemi, kapal pesiar raksasa pertama berlayar kembali dari Venesia. Warga kemudian menggelar protes yang menilai keberadaan kapal pesiar raksasa bisa merusak kondisi Venesia.

Sebelumnya, pemerintah Italia telah memutuskan untuk mengalihkan lalu lintas kapal pesiar itu dan kapal kargo yang berkapasitas 40 ribu ton dari Venesia. Hal itu untuk melindungi dan melestarikan warisan seni, budaya, dan lingkungan di kawasan bersejarah itu.

Lalu, bagaimana jika UNESCO benar-benar memasukkan Venesia yang disebut beberapa orang sebagai daftar hitam? "Itu akan menjadi tamparan bagi semua yang bertanggung jawab di sini," kata warga.

4 dari 4 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.