6 Objek Wisata di Bandung Perpanjang Periode Tutup Sementara

Oleh Komarudin pada 24 Jun 2021, 15:04 WIB
Diperbarui 24 Jun 2021, 15:04 WIB
Orchid Forest Cikole
Perbesar
Orchid Forest Cikole telah dibuka kembali setelah tiga bulan ditutup akibat pandemi corona covid-19 (Dok.Instagram/@orchidforestcikole/https://www.instagram.com/p/BnJAwZMH_eJ/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Bandung jadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan. Setiap akhir pekan, tidak sedikit masyarakat yang berkunjung ke Kota Kembang.

Bukan tanpa alasan, mengingat wilayah tersebut punya beragam objek wisata yang bisa didatangi pelancong. Namun belakangan, sejumlah pengelola objek wisata memutuskan tutup sementara akibat Kabupaten Bandung Barat (KBB) berada di zona merah penyebaran Covid-19.

Awalnya penutupan objek wisata hanya berlangsung selama sepekan sejak 16--22 Juni 2021. Penutupan objek wisata kembali diperpanjang hingga tujuh hari ke depan hingga 29 Juni 2021.

Penutupan objek wisata di KBB berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. PLT Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan pun menerbitkan Surat Edaran yang berlaku sejak 22 Juni 2021-- 5 Juli 2021.

"Surat Edaran ini berlaku mulai sejak tanggal 22 Juni 2021 sampai dengan tanggal 5 Juli 2021, dan pada surat Edaran ini berlaku, maka Surat Edaran Bandung Barat Nomor 360/1588-BPBD/2021 tentang Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Wilayah Kabupaten Barat dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," bunyi Surat Edaran tersebut tertanggal 22 Juni 2021.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6 Tempat Wisata di Bandung yang Tutup

Lembang Park and Zoo
Perbesar
Covid dan Corona berulang tahun satu tahun, Jumat (14/5/2021)

Sejumlah pengelola tempat wisata Bandung yang mengumumkan tutup sementara di antaranya Lembang Park & Zoo, Farm House, Orchid Forest Cikole, The Grea Asia Africa Lembang, Dusun Bambu, dan Jendela Alam. Pihak pengelola objek wisata mengumumkan penutupan sementaranya lewat akun Instagram.

"Dengan berat hati mimin mau nyampein kabar ini. Penutupan Lembang Park & Zoo diperpanjang sampai tanggal 29 Juni 2021. Sahabat Satwa dimana pun kalian berada, yukkk protokol kesehatannya jangan kendor, selalu terapkan 3M yaa Semoga wabah covid-19 bisa secepatnya mereda dan kita dapat kembali berlibur sekaligus belajar di LPZ," tulis akun Lembang Park & Zoo, Selasa, 22 Juni 2021.

Hal yang sama juga ditulis pihak Orchid Forest Cikole. Mereka mendukung program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. "Orchid Forest Cikole tutup sementara diperpanjang hingga tanggal 29 Juni 2021 ya," tulisnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Objek Wisata yang Buka

Situ Cileunca Bandung
Perbesar
Arung Jeram Cileunca Bandung (dok.instagram@cilencarafting/https://www.instagram.com/p/ByeEdWQB706//Devita

Berbeda dengan objek wisata di Kabupaten Bandung Barat yang tutup hingga 29 Juni 2021, beberapa destinasi di Kabupaten Bandung tetap buka. Salah satu objek wisata tersebut adalah Sunrise Point Cukul yang berada di Pengalengan.

Hal tersebut diketahui dari akun Instagram-nya. Sunrise Point Cukul sebelumnya sempat tutup selama seminggu, tapi kini sudah buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain Sunrise Point Cukul, tempat wisata lain yang buka adalah Situ Cileunca yang juga berlokasi di Pengalengan. Sebelumnya, destinasi tersebut sempat tutup selama seminggu.

Meski menyatakan telah buka kembali, pihak Situ Cileunca membatasi jumlah pengunjung hanya 50 persen. Mereka yang berkunjung juga diwajibkan booking terlebih dulu. "Pengunjung wajib mematuhi 3M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak )," tulis akun Instagram Situ Cileunca, Selasa, 22 Juni 2021.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓