Taman Hiburan di Amerika Serikat Luncurkan Roller Coaster Setinggi Bangunan 13 Lantai

Oleh Henry pada 20 Jun 2021, 19:01 WIB
Diperbarui 20 Jun 2021, 19:01 WIB
Taman Hiburan di AS Luncurkan Roller Coaster Setinggi Gedung 13 Lantai
Perbesar
Taman Hiburan di AS Luncurkan Roller Coaster Setinggi Gedung 13 Lantai. (dok.Instagram @fearlyss_coasters/https://www.instagram.com/p/CP4Oke7hAFd/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Roller coaster atau kereta luncur merupakan salah satu wahana yang kerap dihindari oleh seseorang saat berkunjung ke wahana permainan atau taman hiburan. Roller coaster adalah wahana permainan berupa kereta yang dipacu dengan kecepatan tinggi pada jalur rel khusus, biasanya terletak di atas tanah yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda.

Salah satu roller coaster tertinggi di dunia adalah Jersey Devil Coaster, di Taman Hiburan Six Flags Great Adventure, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Meski sudah dibuka pada Maret 2021, wahana permainan ini baru resmi diluncurkan pada 13 Juni 2021.

Kereta luncur ini dibangun setinggi 40 meter dan melintang sepanjang 915 meter dengan kecepatan 98 kilometer per jam. Dilansir Fox News, 14 Juni 2021, pengelola taman hiburan mengatakan bahwa wahana yang disebut juga "Setan Jersey" ini ialah roller coaster rel tunggal tertinggi, tercepat, dan terpanjang di dunia yang menjulang setinggi bangunan 13 lantai.

Wahana ini juga diklaim hanya memiliki satu rel saja. Sebelumnya, Six Flags Great Adventure di New Jersey dijadwalkan dibuka untuk musim panas 2020 setelah diumumkan pembuatannya pada 2019.

Namun pembukaan ditunda karena beberapa bagian tidak dapat diproduksi akibat pandemi Covid-19. Sementara itu, bagian terakhir dari trek oranye di wahana permainan ini diletakkan pada bulan Januari 2021.

Kengerian dan Keindahan

Taman Hiburan di AS Luncurkan Roller Coaster Setinggi Gedung 13 Lantai
Perbesar
Taman Hiburan di AS Luncurkan Roller Coaster Setinggi Gedung 13 Lantai. (dok.Instagram @kaisercoaster/https://www.instagram.com/p/CQBSm7ChmMO/Henry)

Saat itu masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum Jersey Devil dapat dibuka untuk umum. Namun, setelah penantian yang cukup lama, kini pecinta adrenalin bisa menikmati roller coaster tertinggi di dunia pada 13 Juni 2021.

Perjalanan naik kereta luncur ini kabarnya membentang hampir sepanjang 3.000 kaki. Selain kengerian, Jersey Devil Coaster juga menawarkan keindahan.

Saat menanjak naik, penumpang bisa menikmati panorama kota dari ketinggian, meski momen tersebut tak akan berlangsung lama, karena roller coaster langsung menukik turun dan meliuk dengan kencang.

Tak hanya di Amerika Serikat, di Jepang juga ada roller coaster tertinggi dan terpanjang di dunia, yaitu Steel Dragon 2000 di Nagashima. Kereta luncur tersebut punya tinggi sekitar 97 meter dengan panjang sekitar 950 meter dan kecepatan rata-rata 206 km per jam.

 

Siapkan Mental

Ilustrasi roller coaster (AFP)
Perbesar
Ilustrasi roller coaster (AFP)

Durasi naik roller coaster satu ini adalah empat menit, tentunya dapat dibayangkan bagaimana deg-degannya menaiki kereta luncur selama empat menit tanpa adanya jeda.

Roller coaster di setiap wahana permainan tentunya memiliki ketinggian yang berbeda. Bahkan ada roller coaster terseram dan terpanjang di dunia yang sukses bikin tegang seseorang yang melihatnya, apalagi mencoba untuk menaikinya.

Untuk seorang takut ketinggian dan punya penyakit vertigo, alangkah lebih baiknya menghindari wahana permainan satu ini. Penting untuk menyiapkan mental dan adrenalin sebelum mencoba roller coaster. Walaupun memacu adrenalin dan bikin deg-degan, tak sedikit orang yang penasaran untuk mencoba wahana permainan ini.

Polemik Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta

Infografis Polemik Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Polemik Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓