Pameran Makanan dan Minuman Virtual, Cara Aman untuk Bangkitkan Ekomomi di Masa Pandemi

Oleh Henry pada 18 Jun 2021, 04:02 WIB
Diperbarui 18 Jun 2021, 04:02 WIB
Ilustrasi kerja virtual
Perbesar
Ilustrasi kerja virtual. Foto unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Menggelar acara dan pameran virtual semakin diminati di masa pandemi ini. Hal itu juga dilakukan Krista Exhibitions yang siap kembali menggelar Pameran Virtual Internasional pada 22 – 26 Juni 2021. Pameran ini digelar untuk mendukung perkembangan industri makanan dan minuman di masa pandemi Covid-19.

Pameran Virtual Internasional menampilkan enam sektor industri yaitu, Eastfood Indonesia Virtual Expo, Virtual Herbal Jamu Modern & Fitofarmaka Expo, Virtual Coffee & Tea 2021, Virtual Seafood Show, Virtual Cooltech Expo, dan Indo Licensing Virtual Expo.

Pameran ini bisa diakses publik melalui virtual platform pada masa penyelenggaraan. Cara ini dianggap lebih aman dan praktis di masa pandemi, terutama setelah kasus positf Covid-19 semakin meningkat di sejumlah daerah belakangan ini.

"Pameran ini memberikan kesempatan lebih bagi para peserta pameran untuk menampilkan produknya secara virtual, sehingga bisa mengembangkan kembali bisnis dan berbagai transaksi dengan memperhatikan protokol kesehatan," terang CEO Krista Exhibitions, Daud Salim, melalui Virtual Konferensi Pers Pameran Virtual Krista Exhibitions 2021, Kamis, 17 Juni 2021.

"Solusi pemasaran di masa pandemi ini akan membuka peluang ke mancanegara, karena pameran virtual ini bisa diakses oleh pengunjung dari berbagai wilayah dan negara dengan zona waktu yang berbeda. Produk pelaku usaha yang dipamerkan dapat dilihat seluruh dunia," lanjut Daun Salim.

Pameran Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 ini diikuti lebih dari 150 peserta, baik lokal maupun internasional. juga, lebih dari 30 pelaku UMKM siap mempromosikan produknya. Selain itu, ada 50 acara menarik dan akan menghadirkan 35 pembicara yang siap mengedukasi pengunjung yang telah mengikuti jalannya acara.

Jumlah Pengunjung

Pameran Makanan dan Minuman Virtual, Cara Aman untuk Bangkitkan Ekomomi di Masa Pandemi
Perbesar
Pameran Makanan dan Minuman Virtual, Cara Aman untuk Bangkitkan Ekomomi di Masa Pandemi. (Liputan6.com/Henry)

Berbagai segmen dan industri seperti Catering & Catering Maskapai, Hotel, Restoran, Bar & Café, Bakery, Toko Kue, Hypermarket, Supermarket, Classic Store, Mini Market, Pasar Tradisional, e-Commerce, e-Retailer, Toko Online, dan Market Place dipastikan akan mengunjungi pameran virtual ini.

Ada juga Blogger Makanan, Produsen Makanan, Produsen Perikanan, Distributor, Importir & Eksportir, Perusahaan Dagang, Investor, Konsultan F & B, Lembaga pendidikan Kuliner, Lembaga Penelitian Swasta, Kantor Pemerintah, Kedutaan, dan Kedutaan Asing yang diperkirakan akan ikut serta.

Pengunjung berkesempatan untuk video call dan live chat dengan peserta pameran. Kalau ingin melakukan transaksi pembelian, pengunjung dapat membeli produk dan meminta sampel dari produk list yang telah terkoneksi dengan link e-commerce maupun website.

Dari sisi peserta pameran, mereka akan mendapatkan analitik pengunjung yang real time dan lebih detil mencakup jumlah visitor yang mengunjungi booth per hari, data pengunjung (nama, perusahaan, nomor kontak dan e-mail), jumlah view brosur/poster/video, dan jumlah view produk.

 

Terbuka untuk Umum

Pameran Makanan dan Minuman Virtual, Cara Aman untuk Bangkitkan Ekomomi di Masa Pandemi
Perbesar
Pameran Makanan dan Minuman Virtual, Cara Aman untuk Bangkitkan Ekomomi di Masa Pandemi. (Liputan6.com/Henry)

Para peserta pameran juga dapat bertukar kartu nama dengan pengunjung. Kemudahan lain yang didapatkan peserta pameran yaitu dapat mengunggah dan mengatur sendiri file poster, brosur, foto produk dan preview langsung di booth virtualnya.

Pameran Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 ini didukung penuh oleh banyak kementerian, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Perwakilan Negara Indonesia di luar negeri turut bekerjasama dengan mengundang calon buyers International, antara lain KBRI Tiongkok, India, Bahrain, Norwegia dan Uzbekistan.

Mereka juga bekerja sama dengan perwakilan negara di dunia untuk Indonesia di antaranya Kedutaan Qatar, Belgia, Maroko, Sri Lanka dan Polandia. Pameran virtual ini juga merupakan kolaborasi Krista Exhibitions dengan sejumlah asosiasi utama dan terkait.

Acara ini terbuka bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum, mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Bagi yang berminat mengunjungi pameran virtual ini bisa melakukant registrasi online di laman resmi Krista Exhibitions.  Tahun lalu, Krista Exhibition juga telah melaksanakan Pameran Eastfood Indonesia Virtual Expo 2020 pada 8-13 Desember 2020.

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓