Meghan Markle dan Pangeran Harry Dikabarkan Bagikan Foto Lilibet Diana Lewat Grup Whatsapp

Oleh Dinny Mutiah pada 17 Jun 2021, 10:02 WIB
Diperbarui 20 Jun 2021, 22:26 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry
Perbesar
Meghan Markle dan Pangeran Harry (Foto: © AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry dikabarkan telah mengirimkan sebuah foto putrinya, Lilibet Diana, via grup Whatsapp keluarga kerajaan. Karena jarak yang memisahkan terlalu jauh, pasangan itu bergantung pada teknologi untuk menjaga hubungan keluarga dengan anak-anak mereka, dikutip dari The Sun, Kamis (17/6/2021).

Pekan lalu, Kate Middleton sempat mengungkapkan bahwa ia belum melihat ataupun kontak langsung dengan pasangan Meghan dan Harry setelah kelahiran bayi Lili. Ia mengaku tak sabar melihat wajah keponakan barunya yang dilahirkan pada Jumat, 4 Juni 2021, di California, Amerika Serikat, pada pukul 11.40 pagi.

"Aku berdoa yang terbaik untuknya, aku tak sabar menemuinya," ujar Kate menanggapi pertanyaan wartawan saat ia mengunjungi sekolah di Cornwall dalam rangkaian kegiatan KTT G7 di Inggris.

Anggota kerajaan itu mengaku juga belum pernah kontak Facetime dengan keponakannya setelah Harry dan Meghan melakukan sambungan video dengan Ratu Elizabeth II. Setelah kembali dari rumah sakit, pasangan Sussex mengatakan telah memperkenalkan Lilibet yang diambil dari nama kecil sang ratu.

Lili merupakan cicit ke-11 Ratu Elizabeth II. Ia menduduki urutan ke-8 dalam garis takhta, di belakang sang ayah, Pangeran William yang berada di urutan ke-6 dan kakaknya, Archie, yang berada di urutan ke-7.

Lilibet yang nama tengahnya diambil dari nama sang nenek, Diana, tidak mendapat gelar, baik sebagai Yang Mulia maupun putri karena aturan yang ditetapkan Raja George V lebih dari seabad lalu. Namun, ia bisa mendapat gelar Lady dan tetap berhak menyandang nama belakang Mountbatten-Windsor, seperti Archie.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Status Kewarganegaraan Lilibet

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Perbesar
Pangeran Harry dan sang istri Meghan Markle membuat keputusan mengejutkan. Pasangan itu mengungkapkan keinginan untuk hidup mandiri dan mundur dari anggota senior kerajaan Inggris. (Files Photo by Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Seiring dengan beredarnya kabar bahagia ini, banyak masyarakat yang mempertanyakan status kewarganegaraan yang akan dimiliki oleh putri Harry dan Meghan tersebut. Apakah bayi Lilibet adalah warga negara Inggris atau justru dia adalah warga negara Amerika Serikat?

Meghan dan Harry memiliki kewarganegaraan yang berbeda. Meghan merupakan warga negara AS, sedangkan Harry merupakan warga negara Inggris.

Hal ini memungkinkan bayi Lili berhak atas kewarganegaraan ganda. Hal yang sama berlaku lebih dulu bagi saudara laki-lakinya, Archie, yang dapat memiliki paspor Amerika Serikat dan Inggris saat tumbuh dewasa.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Curhat Ayah Meghan

Kehamilan Kedua Meghan Markle
Perbesar
Umumkan kehamilan kedua, Menghan Markle mengenakan gaun Carolina Herrera yang dibuat pada masa kehamilannya yang pertama. | instagram.com/meghanmarkle_official

Sementara itu, Thomas Markle, ayah Meghan, mengungkapkan bahwa ia mengetahui kelahiran Lilibet dari media massa. "Aku mendengarnya dari radio," tuturnya.

Thomas memuji nama yang dipilih anak-menantunya untuk sang cucu. "Lili adalah nama yang sempurna. Dan hal lain yang membuatku bahagia adalah makin banyak darah Meghan di keluarga kerajaan," tambahnya.

Meski begitu, ia mengaku sedih dan mengatakan sangat mungkin tidak akan bisa melihat cucu perempuannya itu. "Kemungkinan besar aku tidak akan pernah melihat cucu-cucuku. Aku tidak mencari belas kasihan. Aku hanya mengatakan kalau itu adalah kenyataannya," katanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Geger Wawancara Meghan dan Harry

Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓