Cerita Haru Pendeta Hadiri Pernikahan Putrinya yang Bercadar

Oleh Henry pada 16 Jun 2021, 20:01 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 20:32 WIB
Cerita Haru Pendeta Hadiri Pernikahan Putrinya yang Bercadar
Perbesar
Cerita Haru Pendeta Hadiri Pernikahan Putrinya yang Bercadar. foto: Youtube 'Cristin Natalia official'

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita berhijab dan bercadar yang menikah namun sang ayah tak bisa menjadi wali karena berbeda agama jadi viral di media sosial. Diketahui ayah kandung sang wanita adalah seorang Kristen dan merupakan seorang pendeta.

Cerita haru ini dibagikan oleh akun TikTok sang pengantin wanita, @cristinnatalia.10 dengan nama Christin Natalia dalam beberapa unggahan sejak April lalu sampai 13 Juni 2021.

Menikahkan anak wanita dengan laki-laki pilihannya merupakan suatu kewajiban bagi seorang ayah. Ia juga harus menjadi wali dari pernikahan putrinya. Namun, kondisi tersebut tidak bisa dirasakan oleh ayah Christin.

Dalam sejumlah video yang dibagikannya, diketahui sang ayah yang bernama Bondi Patoh merupakan seorang pendeta di daerah Timika, Papua Barat. Sedangkan, Christin adalah wanita muslim yang sudah mantap mengenakan hijab dan cadar. Meski jarak yang jauh, ayahnya bersedia meluangkan waktu untuk datang ke pernikahan Christin di daerah Berau, Kalimantan Timur.

"Salah satu hal terberat yang aku dan ayahku rasakan adalah momen di mana ayahku bisa menikahkan anak orang lain di gereja, tapi tidak bisa menikahkan putrinya sendiri karena perbedaan agama kami," ungkap Christin.

Curahan hati Christin pun menarik banyak perhatian warganet yang ikut merasakan kesedihan dan haru dari momen pernikahannya.  Awalnya, ia mengaku berat menikah karena beda keyakinan dengan ayahnya.

Di kala muslimah lainnya dinikahkan oleh ayahnya, dia tak bisa. Namun, akhirnya bisa menerima kenyataan itu dan tetap bersyukur dengan kehadiran ayahnya.

"Alhasil yang jadi wali nikahku adalah wali hakim, bukan ayahku. Walaupun demikian, aku sangat bersyukur dan bahagia sekali di hari itu," tulis Christin.

Keinginan Lama Akhirnya Terwujud

Cerita Haru Pendeta Hadiri Pernikahan Putrinya yang Bercadar
Perbesar
Cerita Haru Pendeta Hadiri Pernikahan Putrinya yang Bercadar. foto: Youtube 'Cristin Natalia official'

Christin juga mengungkapkan bahwa ayah dan ibunya memang sudah berpisah sejak dirinya masih berumur enam bulan. Ia juga menyebutkan bahwa baik ayah dan ibunya sudah memiliki keluarga masing-masing.

Christin pun sangat senang karena di momen pernikahannya, ia bisa kembali berkumpul bersama dengan kedua orangtuanya. Tidak hanya berkumpul bersama, ia juga mengabadikannya dalam satu foto. Itu memang sudah keinginan Christin sejak lama yang akhirnya terwujud.

"Dan setelah sekian lama, akhirnya punya foto bareng mama dan daddy," tulisnya. "Ini adalah foto yang selalu aku nanti-nantikan, akhirnya Allah kabulkan tepat di hari pernikahanku," pungkas Christin.

Dalam sebuah video yang kini sudah ditonton lebih dari 1,5 juta kali itu, mendapatkan berbagai komentar dari warganet. Bahkan, kolom komentar dari video yang dibagikan oleh Christin sudah berjumlah 2.000-an.

Menganut Islam Sejak Kecil

Cerita Haru Pendeta Hadiri Pernikahan Putrinya yang Bercadar
Perbesar
Cerita Haru Pendeta Hadiri Pernikahan Putrinya yang Bercadar. foto: TikTok @cristinnatalia.10

"Kontennya mengandung bawang banget," tulis seorang warganet. "Subhanallah indahnya perbedaan bila saling rukun," komentar warganet yang lain.

"Senyum ayahnya lebar sekali, kelihatan sangat bahagia dan bangga sama anaknya sendiri," tulis warganet lainnya.

Tak hanya di TikTok, untuk menjawab rasa penasaran warganet, Christin Natalia juga membagikan kisah kehidupannya melalui kanal YouTube bernama "Cristin Natalia official".

Pada video, awalnya terlihat kebersamaan dirinya bersama sang ayah saat foto selfie. Terlihat perbedaan keyakinan yang mereka anut. Christin terlihat membaca Alquran, sementara sang ayah membacakan Alkitab pada jemaat di gereja. Ia menjelaskan dirinya menganut Islam sejak kecil dan mengikuti keyakinan dari ibu kandungnya.

Tentang namanya, ia diberi nama oleh sang ayah sebagai "Christin" karena terlahir di keluarga Kristen, sementara "Natalia" karena di lahir pada hari Natal, tepat tanggal 25 Desember. Christin juga mengungkapkan mulai bercadar dari sekitar 2,5 tahun lalu.

"Aku memilih bercadar karena aku nyaman dengan cadar aku," ucapnya.

Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah
Perbesar
Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓