Sukses

Daftar Maskapai dan Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia 2021, Ada dari Indonesia

Indonesia boleh berbangga karena salah satu maskapainya masuk daftar maskapai paling tepat waktu di Asia Pasifik.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan di seluruh dunia berlomba untuk menjadi yang terbaik. Salah satu barometernya adalah tepat waktu. Tahun ini, maskapai penerbangan Japan Airlines (JAL) berada di puncak peringkat kinerja ketepatan waktu.

Itu berdasarkan Laporan Kinerja Tepat Waktu bulanan pertama sejak Februari 2020 buatan perusahaan analitik penerbangan Cirium. Daftar ini dirilis dengan maksud menghidupkan kembali industri penerbangan dunia.

Dilansir dari Bussiness Standard, Selasa (15/6/2021), sementara JAL menempati peringkat pertama sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia, peringkat keduanya diduduki maskapai Amerika Serikat, Hawaiian Airlines.

Disusul maskapai asal Rusia, Red Wings ZAO, di urutan ketiga dan Avianca dari Panama di tempat keempat.

Dengan peringkat tersebut, JAL juga berada di peringkat pertama maskapai penerbangan paling tepat waktu di Asia Pasifik. Posisi berikutnya adalah maskapai ANA Holding yang juga berasal dari Jepang. Urutan ketiga ditempati maskapai asal Selandia Baru, Air New Zealand.

Indonesia juga boleh berbangga karena ada nama Garuda Indonesia di peringkat keempat. Selanjutnya ada maskapai Korean Air Lines Co di urutan kelima.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terbaik di Eropa dan Amerika

Sementara di Amerika Utara, Hawaiian Airlines menempati posisi teratas dan Air Canada naik ke urutan kedua dari luar 10 besar di tahun sebelumnya. Meski telah mengoperasikan 89.297 penerbangan, Southwest Airlines turun dari urutan kedua jadi sembilan.

Di Eropa, tentunya Red Wings ZAO berada di puncak, yang disusul maskapai Vuelling Airlines dari Spanyol di urutan kedua. Lalu, disusul Iberia juga dari Spanyol, KLM asal Belanda, dan Aeroflot dari Rusia.

Untuk Amerika Selatan dan Tengah, Avianca berada di peringkat pertama dan disusul Azul SA Brasil dan GOL, yang mana keduanya dari Brasil, di peringkat kedua dan ketiga. 

3 dari 4 halaman

Bandara Haneda

Sedangkan posisi teratas kategori yang sama untuk bandara diduduki oleh Bandara Haneda, Tokyo, Jepang yang meraih skor keberangkatan tepat waktu sebesar 96,86 persen.

Bandara lain yang masuk lima besar bandara paling tepat waktu di dunia adalah Sheremetyevo International, Moskow, Rusia; Minneapolis-St. Paul; Detroit Metropolitan Wayne County; dan Philadelphia International, yang mana ketiganya berlokasi di Amerika Serikat.

Dari 20 peringkat teratas bandara tepat waktu, Miami International di Miami, AS, berada di peringkat terbawah dengan skor 83,14 persen. Berdasarkan data yang dimiliki Cirium, 20 bandara teratas secara kolektif telah melayani lebih dari setengah juta penerbangan pada Mei 2021.

Angka tersebut turun empat persen dari jumlah penerbangan pada Februari 2020. Cirium juga mencatat ada peningkatan 117 persen penerbangan yang diselesaikan pada Mei, dibanding bulan yang sama tahun lalu. Mayoritas penerbangan didorong oleh layanan rute domestik.

4 dari 4 halaman

Maskapai Indonesia di Langit Eropa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.