Sukses

Viral Video Petugas Kebersihan Sibuk Bersihkan Kotoran Anjing yang Berceceran di Mal

Pihak mal meminta agar video yang menampilkan petugas kebersihan sibuk membersihkan kotoran anjing berhenti diedarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang merekam petugas kebersihan sibuk membersihkan kotoran anjing menjadi buah bibir. Kotoran anjing itu berasal dari peliharaan milik pengunjung yang datang untuk menghadiri pameran tentang anjing yang digelar di sebuah mal di utara Jakarta.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @keponakanbush dan diunggah ulang oleh akun Instagram @lambe_turah, Sabtu, 12 Juni 2021, terlihat kotoran anjing berceceran di lantai mal tersebut. Belakangan, video tersebut dihapus oleh pengunggah pertama.

"Di sebuah mal di Jakarta, mas-masnya lagi pada membersihkan kotoran binatang peliharaan di mana-mana," tulis dalam kolom keterangan unggahan video tersebut.

Dalam tayangan 14 detik itu, suasana mal tersebut terlihat ramai dipenuhi pengunjung yang membawa hewan peliharaan. Terdengar jelas gonggongan anjing yang saling bersahutan milik pengujung mal yang berada di Jakarta Utara.

Sejumlah pengujung mal terlihat memperhatikan petugas kebersihan yang sibuk membersihkan kotoran hewan peliharaan. Angle kamera kemudian menyorot seorang pengujung yang membawa seekor anjing melewati petugas kebersihan sembari bermain ponsel pintar.

Unggahan itu mengundang komentar warganet yang kebanyakan bernada pedas. Banyak dari mereka mengingatkan agar para pemilik anjing membawa kantong khusus untuk menampung kotoran hewan peliharaan mereka.

"Yang membawa jalan-jalan hewan peliharaan seharusnya sudah punya kantong kotoran. Ini mah sama saja seperti tidak bisa melihara," tulis warganet di kolom komentar.

"Boleh membawa peliharaan tetapi di mal tertentu, kalau bawa hewan harus membawa tissue basah kalau tidak di pempersin hewan peliharaanya. Kalau ini kelewatan jika ninggalin kotoran sembarangan," imbuh yang lain.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klarifikasi Pihak Mal

Akibat viralnya video tersebut, pihak Mal PIK Avenue pun bereaksi. Mereka mengonfirmasi bahwa video tentang kotoran anjing yang tersebar di mal itu berasal dari kegiatan Dog Funtasy Expo yang digelar pada 8--13 Juni 2021.

"Amat disayangkan bahwa pada hari ini (12/6) tersebar berita tidak mengenakkan yang tersebar di media sosial terkait kotoran anjing yang tersebar di area kami selama acara berlangsung," demikian pernyataan tertulis pihak mal.

Pihak mal mengapresiasi para petugas kebersihan yang telah bekerja dengan baik. Mereka juga menggunakan disinfektan untuk memastikan seluruh pelanggan tidak terganggu.

Mal PIK Avenue mengakui bahwa pusat perbelanjaan itu memang mengizinkan hewan peliharaan, termasuk anjing, dibawa masuk ke area mal. Hanya saja, setiap anjing yang memasuki area mal wajib mengenakan popok. Pemilik yang lalai akan ditahan petugas operasional mal.

"Melalui surat klarifikasi ini kami lampirkan beberapa foto bukti penegakan peraturan kami terkait anjing peliharaan terutama selama acara Dog Funtasy Expo berlangsung. Seiring bukti dan surat ini, kami mengimbau warganet untuk berhenti mengunggah, menyebarkan, ataupun menuliskan komentar yang dapat merugikan pihak mana pun di media sosial," imbuh keterangan tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Kewajiban Pemilik Anjing

Pihak mal menyatakan bahwa kewajiban setiap pemilik anjing untuk menjaga kebersihan dan kedisiplinan dari anjing kesayangan. Pihak mal juga menyediakan booth pembelian popok anjing di dua lokasi bagi mereka yang kehabisan popok.

Pihak mal mengatakan pihak panitia selalu berkeliling untuk memastikan area tetap bersih dan menegur pengunjung yang tidak menaati aturan. Lagipula, aturan itu dibuat untuk kenyamanan bersama. Insiden kemarin disebut pihak mal hanya melibatkan segelintir pemilik anjing.

"Kami mengusahakan yang terbaik untuk menjaga kenyamanan pengunjung selama acara berlangsung dan berterima kasih kepada ribuan pengunjung yang telah menjadi paw parents bertanggung jawab di area mal kami," sambung pernyataan tertulis tersebut. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

5 Tanda Daya Tahan Tubuh Menurun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.