Prabowo Subianto Ungkap Kebiasaan Unik Saat Minum Kopi Hambalang

Oleh Henry pada 14 Jun 2021, 17:02 WIB
Diperbarui 14 Jun 2021, 17:02 WIB
Prabowo Subianto
Perbesar
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjalan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Prabowo Subianto tiba di Istana di tengah suasana pengumuman calon menteri kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kopi termasuk minuman favorit di Indonesia. Begitu juga dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal itu terungkap dalam acara podcast Deddy Corbuzier.

Saat diwawancara, Prabowo Subianto sempat minum secangkir kopi yang disebutnya sebagai Kopi Hambalang.Kopi itu merupakan jenis arabika dari Hambalang, Bogor, Jawa Barat dan merupakan favorit Prabowo yang memang punya rumah di kawasan Hambalang.

"Gue minum kopi dulu sedikit boleh?" tanya Prabowo, di tengah perbincangan dalam video yang diunggah di kanal Youtube Deddy Corbuzier, Minggu, 13 Juni 2021.

Prabowo ternyata sudah menyiapkan secangkir kopi. "Kopi Hambalang pak? Apa sih spesialnya kopi Hambalang tuh?" tanya Deddy Corbuzier.

Pria berusia 69 tahun itu mengaku sangat cocok dengan kopi tersebut. Namun dia merahasiakan khasiat dari minuman itu. "Cocok aja untuk gue. Ha ha kalo gue cerita wah gawat deh," ucap Prabowo usai menyeruput kopinya.

Ia juga mengungkapkan tidak minum kopi malam-malam. Batas minum kopinya sekitar pukul 18.00. Namun lain cerita kalau keesokan harinya ia libur, jadi bisa minum kopi di malam hari. "Malam nggak, saya harus berhenti jam 5 jam 6 (sore) lah. Paling terakhir jam 6, kecuali kalau besoknya hari libur," terangnya.

Kopi asal Hambalang tidak sepopuler kopi daerah lain, seperti Aceh atau Toraja, tapi soal rasa tak kalah nikmat.  Dilansir dari beragam sumber, Kopi Hambalang dikenal punya semburat rasa fruty sehingga ada sensasi karamel manisnya. Kopi Hambalang mirip dengan kopi Bogor kebanyakan yang rasanya agak pahit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Minuman Andalan

Prabowo Subianto Ungkap Kebiasaannya Minum Kopi dan Rasa Unik Kopi Hambalang
Perbesar
Prabowo Subianto Ungkap Kebiasaannya Minum Kopi dan Rasa Unik Kopi Hambalang. foto: Youtube 'Deddy Corbuzier'

Prabowo juga mengungkapkan ia terbiasa tidur setelah pukul 12 malam, tapi selalu bangun di pagi hari, apalagi sejak menjabat sebagai Menhan. "Saya kan sekarang ngantor tiap pagi. Saya punya kebiasaan olahraga di pagi hari, biasanya berenang sebelum saya berangkat kerja. Kecuali kalau hari libur atau ada janji di pagi hari, saya bisa bangun agak siang," ucapnya.

Dalam beberapa kesempatan, Prabowo Subianto terlihat suka minum kopi. Saat debat Capres 2019 pada 30 Maret 2019, ketika ditanya persiapan apa yang dilakukan jelang debat, baik Prabowo maupun Jokowi rupanya meminum minuman andalan masing-masing.

"Udah, udah minum kopi tadi. Nanti minum lagi," ujar Prabowo di lokasi debat, dikutip dari kanal Pilpres Liputan6.com. Namun, Ketua Umum Partai Gerindra itu enggan menyebut kopi apa yang diminumnya."(kopinya) rahasia," kata Prabowo.

Prabowo sebelumnya juga pernah meminta kopi saat mengisi pidato di acara pembekalan relawan Prabowo-Sandi di Istora Senayan, Jakarta, 22 November 2018. Dia sempat jeda sejenak dan meminta kopi kepada panitia acara.

"Dikasih berapa menit lagi saya, gue kasihan sama emak-emak, mana kopi gue ini, saudara-saudara ini semua baru pembukaan, sekarang Pak Amien (Rais) sudah ingatkan harus berangkat kita, saya harus berangkat ke Solo," kata Prabowo saat pidato.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kopi Hitam

Prabowo Subianto Ungkap Kebiasaannya Minum Kopi dan Rasa Unik Kopi Hambalang
Perbesar
Prabowo Subianto Ungkap Kebiasaannya Minum Kopi dan Rasa Unik Kopi Hambalang. foto: Youtube 'Deddy Corbuzier'

Tak lama, petugas acara menghampiri Prabowo dan menyediakan kopi hitam. Mantan Danjen Kopassus itu langsung menyeruput kopi tersebut. "Ini baru kopi, laki-laki minum kopi, gue kalau jadi iklan kopi laku kali ya, luar biasa," kelakarnya.

Acara itu dihadiri para kader Gerindra yang juga anggota DPR. Prabowo menduga kadernya kongkalingkong bersama ajudan untuk tidak tak menyuguhkan kopi agar dirinya tak berbicara panjang lebar.

"Di sini banyak anggota DPR dan banyak dari Gerindra. Mereka sudah tahu, kalau Prabowo Subianto ada kopi, dia bicaranya 3,5 jam. Satu cangkir 3,5 jam, kalau dua cangkir 7 jam," ungkap Prabowo.

"Karena itu mereka kongkalikong dengan ajudan saya. 'eh jangan kasih kopi'. Siapa tahu Pak Prabowo lupa. 'gue enggak lupa nih. Mana kopi gue'," kelakarnya disambut tawa peserta.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Detoks Kopi

Infografis Manfaat Detoks Kopi
Perbesar
Infografis Manfaat Detoks Kopi. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓