Sukses

Daftar Kota Paling Layak Huni di Dunia pada 2021, Auckland di Posisi Teratas

Auckland berhasil menyabet posisi teratas dalam daftar kota paling layak huni di dunia pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 telah berimbas kehidupan individu di seantero jagat. Namun, Selandia Baru telah dipuji secara signifikan atas penanganan krisisnya sehingga mungkin tidak mengherankan jika salah satu kotanya, Auckland, dinobatkan sebagai kota paling layak huni di dunia pada 2021.

Dilansir dari CNN, Minggu (13/6/2021), Auckland menempati posisi teratas dalam Indeks Liveability Global The Economist Intelligence Unit dari 140 kota di seluruh dunia. Hal ini terjadi berkat keberhasilannya dalam mengatasi pandemi dengan cepat, memungkinkan pembatasan dicabut sejak dini.

Ibu kota Selandia Baru, Wellington, berada di urutan keempat dalam daftar tahun ini, bersama Tokyo di Jepang, dan empat kota di Australia, di mana kontrol perbatasan yang ketat telah diterapkan selama krisis, menempati 10 besar.

"Kota-kota yang naik ke peringkat teratas tahun ini sebagian besar adalah kota-kota yang telah mengambil tindakan tegas untuk mengatasi pandemi," kata Upasana Dutt dari The Economist Intelligence Unit dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Tokyo bukan satu-satunya kota di Jepang yang berada di urutan teratas dalam daftar tersebut. Osaka yang menduduki peringkat empat pada 2019, naik ke peringkat kedua.

Meski kota-kota Asia-Pasifik tampaknya telah unggul, Kanada, yang memiliki tiga kota, Calgary, Vancouver dan Toronto hampir dua tahun lalu telah keluar dari 10 besar seluruhnya. Indeks memperhitungkan lebih dari 30 faktor kualitatif dan kuantitatif yang mencakup lima kategori besar, yakni stabilitas (25 persen), perawatan kesehatan (20 persen), budaya dan lingkungan (25 persen), pendidikan (10 persen), dan infrastruktur (20 persen).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kategori

Sementara kategori tidak diubah tahun ini, sejumlah indikator diperhitungkan, seperti tekanan pada sumber daya perawatan kesehatan dan pembatasan acara olahraga lokal, ketika menghitung skor untuk kategori perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, dan pendidikan.

"Pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada kelayakan hidup global," tambah Dutt.

"Kota-kota di seluruh dunia sekarang jauh lebih tidak layak huni daripada sebelum pandemi dimulai, dan kami telah melihat bahwa wilayah seperti Eropa telah sangat terpukul," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Kota Paling Layak Huni di Dunia pada 2021

1. Auckland, Selandia Baru

2. Osaka, Jepang

3. Adelaide, Australia

4. Wellington, Selandia Baru

4. Tokyo, Jepang

6. Perth, Australia

7. Zurich, Swiss

8. Geneva, Swiss

8. Melbourne, Australia

10. Brisbane, Australia

 
4 dari 4 halaman

Batik Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.