Sukses

Talasi Ciptakan Produk Pertanian Berkonsep Berkelanjutan dan Memberdayakan Masyarakat Lokal

Talasi memberdayakan masyarakat melalui inovasi pertanian berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - Usaha mengembangkan produk lokal dan berkelanjutan terus diupayakan berbagai produsen di Indonesia. Salah satunya dilakukan Talasi. Mereka membeli bahan pertanian dan bahan baku lain dari petani kecil, sehingga bisa menyediakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat.

Dengan filosofi Discover The Origin, Talasi menerapkan lima nilai penting dalam menjalankan bisnisnya, yaitu Explore, Empower, Enrich, Embrace Innovation, dan Experience. Mereka berusaha mengeksplorasi daerah dengan potensi pertanian yang baik dengan memberdayakan masyarakat melalui inovasi pertanian berkelanjutan dan mengajak banyak orang untuk merasakan proses Talasi dalam menghadirkan produk premium.

Menurut Alisjahbana Haliman, pendiri Talasi, Discover The Origin merupakan filosofi Talasi dalam mengeksplorasi berbagai hal dari sumbernya. The Origin tidak hanya memiliki pengertian sumber atau asal, tetapi juga awal dari sebuah kehidupan.

"Talasi adalah tentang eksplorasi dan menemukan potensi. Bukan hanya mengeksplorasi alam untuk menciptakan produk premium, kami juga menggali potensi masyarakat untuk semakin maju. Alam dan manusia adalah dua unsur penting untuk menciptakan ekosistem yang kuat dan berkualitas," jelas Alisjahbana Haliman dalam peluncuran virtual laman resmi Talasi, Jumat, 11 Juni 2021.

"Karena itu, kami konsisten melakukan program pemberdayaan masyarakat mengenai rantai produksi, sistem kerja, hingga pelatihan pertanian yang dapat membantu mereka berkembang dan berkontribusi dalam upaya kami mengurangi jejak karbon dalam setiap produk," lanjutnya.

Laman resmi Talasi.com diharapkan dapat menjadi wadah bagi banyak orang untuk mengenal Talasi lebih dalam. Di dalam website ini terdapat tiga konten utama yang dapat diperoleh konsumen, yaitu Products from The Origin, Activities at The Origin, dan Experience by The Origin.

Melalui ‘Products from the Origin’, konsumen dapat secara langsung membeli produk alami Talasi. Mereka memiliki dua merek produk, yaitu Watu dan To-yé.

Watu terdiri dari berbagai produk pangan seperti teh, kopi, madu, kacang- kacangan, hingga konsentrat dan ekstrak tumbuhan seperti vanila, jahe, dan kunyit. Sementara, To-yé terdiri dari produk hand sanitizer, natural mist untuk ruangan, hingga minyak alami seperti minyak kayu putih, minyak telon untuk bayi, hingga Medicated Oil untuk pijat. 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melestarikan Lingkungan

Menurut I Wayan Winarsa, petani kopi dan mitra Talasi, kehadiran Talasi tidak hanya memberikan banyak pengetahuan baru di bidang pertanian, mereka juga memiliki pemahaman baru tentang pentingnya melestarikan lingkungan.

"Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut dan menginspirasi banyak petani lain untuk mulai menerapkan pertanian berkelanjutan yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan sekaligus kesejahteraan hidup," tutur I Wayan Winarsa.

Konsumen dapat pula bergabung bersama Keluarga Talasi mengikuti ‘Activities at the Origin’. Melalui program ini, konsumen diajak langsung oleh masyarakat lokal untuk menikmati alam sekaligus diingatkan pentingnya melestarikan lingkungan untuk generasi masa depan.

Selain itu, melalui ‘Experience by The Origin’, Talasi juga mengajak konsumen mengetahui seluk beluk produk premium dari alam Talasi dengan melihat langsung proses pembuatan produk oleh masyarakat lokal. Saat ini, Talasi memiliki dua lokasi pemberdayaan yaitu Talasi Batukaru, Bali, dan Talasi Weetabula, Sumba.

3 dari 4 halaman

3 Jenis Aktivitas

Di Talasi Bali, konsumen dapat mencoba tiga jenis aktivitas, yaitu Talasi Product Journey yang menawarkan pengunjung untuk tahu lebih banyak cerita di balik layar pembuatan produk Talasi. Dalam perjalanan ini pengunjung juga dapat berbincang dengan petani dan berbagi pengalaman bersama mereka.

Aktivitas selanjutnya yang dapat dipilih adalah Rainforest Walking Experience. Pengunjung dapat mengeksplorasi hutan hujan Batukaru sebagai salah satu hutan paling indah di Bali.

Di hutan ini kita dapat menjumpai berbagai macam tumbuhan obat, pohon buah-buahan, hingga keindahan warna burung liar. Pengunjung juga bisa merasakan kesejukan mata air alami yang terdapat di dalam hutan Barukaru.

Aktivitas terakhir adalah Biking Experience. Pengunjung akan diajak bersepeda mengelilingi berbagai tempat indah di sekitaran Batukaru yang memiliki lanskap pegunungan dan juga laut.

4 dari 4 halaman

Hari Tani Nasional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.