Sukses

4 Cara Jennifer Bachdim Asuh Anak, Batasi Gawai dan Tak Pernah Marah

Di tengah kesibukan dalam bekerja,Jennifer Bachdim selalu berusaha semaksimal mungkin untuk merawat dan mendidik ketiga anaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Jennifer Bachdim sampai saat ini menikmati kehidupannya sebagai ibu rumah tangga. Ia sudah memiliki tiga orang anak dari hasil pernikahannya dengan Irfan Bachdim. Meski begitu menjadi istri sekaligus seorang ibu bukanlah pekerjaan mudah, apalagi bagi mereka yang memutuskan untuk tetap aktif bekerja dan tidak memiliki pengasuh anak.

Hal itu pun turut dirasakan oleh Jennifer Bachdim. Ditambah lagi, di masa pandemi ini ia dan keluarga terpaksa harus lebih banyak berada di rumah.

Situasi itu ternyata tak menjadi masalah besar bagi Jennifer. Di tengah kesibukan dalam bekerja, ia tetap bisa dan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk merawat dan mendidik ketiga anaknya, Kiyomi, Kenji, dan Kiyoji.

Dalam sebuah unggahan di media sosial, Jennifer mengaku tak pernah marah kepada anak-anaknya dalam situasi apapun. Pernyataannya itu membuat banyak warganet penasaran imgin mengetahui bagaimana perempuan berusia 34 tahun itu mengurus anak-anaknya. Dilansir dari sejumlah unggahan di akun Instagram dan Insta Story miliknya, Jennifer Bachdim membagikan tips mengurus ketiga anaknya.

1. Mencintai diri sendiri

Tips ini sering dianggap sebelah mata, tapi ternyata sangat penting bagi Jennifer Bachdim. Alasannya, kalau kita tidak peduli dan tak menyayangi diri sendiri, bukan tidak mungkin jika kita akan mengalami kesulitan saat merawat anak.

Dengan lebih menyayangi diri sendiri, suasana hati pun menjadi lebih positif, sehingga orang-orang di sekitar dapat lebih merasa senang dan nyaman.

"Everything starts with selflove, love yourself, find your happiness. If you're happy you'll spread and attract happinesss. (Semua dimulai dari mencintai diri sendiri, cintailah dirimu, temukan kebahagiaanmu. Jika kau senang, kau akan menyebarkan dan menarik kebahagiaan," tulis Jenniferr Bachdim.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Membatasi Gawai dan Mendongeng

Cara parenting lainnya dari Jennifer Bachdim adalah memperbanyak waktu untuk menemani anak bermain. Yang tak kalah penting ialah membatas penggunaan gawai. Dalam hal ini, Jennifer hanya memperbolehkan anak-anaknya memakai gawai dan menonton televisi saat akhir pekan.

"Kami tak memperbolehkan mereka memakai gadget ataupun nonton TV saat weekday. Namun di akhir pekan, mereka diperbolehkan nonton film dan main iPad selama satu jam," tulis Jennifer.

Di saat yang sama, Jennifer juga menekankan bahwa sebagai seorang ibu, kita harus kreatif saat berkegiatan bersama anak-anak. Ia juga sering mengajak buah hatinya untuk mendongeng. Hal tersebut penting dilakukan guna mengasah imajinasi anak-anaknya.

3. Sabar dan Memberi Pengertian

Meski terkadang anak-anaknya bertingkah kurang menyenangkan, Jennifer mengaku tak pernah memarahi mereka. Daripada bicara dengan nada tinggi, Jennifer Bachdim berusaha tetap tenang. Situasi pandemi yang membuat sebagian orang merasa jenuh sehingga lebih emosi juga berusaha diredam olehnya, apalagi saat menghadapi anak-anaknya.

"Betul, aku sabar dan aku tidak suka berteriak. Pasti kalau anak-anakku tidak mendengarkan aku tetap tenang. Tapi I'll still make sure they'll know this isn't right and they must have to listen to Mama. (Saya akan tetap memastikan mereka akan tahu kalau ini tidak benar dan mereka harus mendengarkan saya)," tuturnya.

3 dari 4 halaman

4. Mencontohkan yang Baik

Bagi Jennifer, pada dasarnya anak-anak belum sepenuhnya mengerti mana yang benar maupun yang salah. Jadi, alih-alih terlalu banyak menasihati, Jenniferi lebih memilih untuk memberikan contoh yang baik. 

Selain lebih efektif, hal tersebut juga dipandang sebagai sesuatu yang lebih mudah dipahami oleh sang anak. "You are their biggest role model, be a good example. (Kamu adalah sosok teladan terbesar mereka, jadi berilah contoh yang baik)," tulis Jennifer Bachdim.

4 dari 4 halaman

9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.