Sukses

Pria Indonesia Sebut Tinggal di Korea Selatan Seperti di Banjarnegara

Kebanyakan orang berpikir kalau Korea Selatan adalah negara yang modern yang tak bisa ditemukan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Demam Korea dalam beragam hal seperti musik, drama, film dan fesyen melanda banyak negara, termasuk Indonesia. Saking cintanya, banyak dari mereka yang ingin bepergian atau bahkan tinggal di Korea Selatan. Kebanyakan orang berpikir kalau Korea Selatan adalah negara yang modern yang tak bisa ditemukan di Indonesia.

Namun, jauh dari itu ternyata Korea Selatan punya pemukiman atau pedesaan terpencil yang tak kita temukan sebelumnya di drama Korea. Hal itu terungkap dari ulasan seorang pria asal Indonesia yang viral di TikTok.

Pemilik akun @calonsajangnim itu menjelaskan bagaimana kehidupannya selama bertahun-tahun di Korea Selatan lewat sejumlah video yang dibagikannya.

Pria bernama Triantoro Widodo, itu mengulas tempat tinggalnya menggunakan Bahasa Ngapak, dialek daerah Jawa yang biasa dipakai di wilayah Banyumas, Tegal dan Brebes.

'"Lapor Ndan, ini Inyong mau berbagi informasi tentang dunia perkampungan di Korea Selatan, Ndan. Jadi, di Korea Selatan ada Kampung Apa Enggak sih?'" ucap Widodo.

Ia menjelaskan daerah pelosok di Korea Selatan tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Bedanya, kalau di sana antara rumah satu ke rumah lainnya itu berjauhan, sedangkan di Indonesia umumnya tiap rumah berdempetan dengan tetangga sebelah. Tapi secara umum, menurut Widodo, rumah di Indonesia dan Korea tak jauh beda.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Seindah yang Dibayangkan

Ia menyebut meski tinggal di Korea Selatan, tapi rasanya seperti berada di Banjarnegara, sebuah kabupaten di Jawa Tengah.

"Lha ini inyong telung taun setengah hidup di Korea Selatan pokoke rasane koyo urip (hidup) nang Banjarnegara ndan. Lha wong urip e nang pelosok sik kepriwe, oalah buseet," ungkapnya.

Di akhir videonya, dengan nada berkelakar Widodo mengatakan bahwa hidupnya tak seperti yang dibayangkan warganet. Dalam sebuah video yang sudah ditonton lebih dari 2,2 juta kali, pria yang sudah bekerja dan tinggal selama 3,5 tahun di Korea itu menepis komentar warganet yang menyebut bahwa tinggal di negara tersebut menyenangkan.

3 dari 4 halaman

Pulau Jeju

Widodo juga mengungkapkan bahwa tinggal di Korea belum tentu membuat kita bisa menyaksikan konser boyband BTS maupun musisi lainnya.

'"Seneng ya Ndan urip nang kono bisa nonton konser BTS. BTS matamu kui!! BTS urip e nang pelosok og oalah, Ndan, Ndan. (Kalau ada yang bilang 'senang ya hidup di Korsel bisa nonton konser BTS'. BTS matamu itu BTS! Hidupnya aja di pelosok!!), " tulisnya.

Widodo mengaku tinggal di sebuah permukiman di Pulau Jeju. Jeju merupakan pulau yang terletak di antara Selat Korea dan selatan Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan.

Dengan iklim sedang sepanjang tahun, tempat ini juga dikenal sebagai "Hawaii-nya Korea Selatan". Pulau Jeju termasuk salah satu objek wisata paling terkenal di Korea.

4 dari 4 halaman

Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.