Ratu Elizabeth II Dapat Mawar Pink Spesial untuk Peringati Ulang Tahun ke-100 Pangeran Philip

Oleh Liputan6.com pada 10 Jun 2021, 13:02 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 13:02 WIB
Ratu Elizabeth II Dapat Mawar Pink Spesial untuk Peringati Ulang Tahun ke-100 Pangeran Philip
Perbesar
Ratu Elizabeth II di taman istana Kastil Windsor. (dok. Steve Parsons / POOL / AFP

Liputan6.com, Jakarta - Pada malam yang akan menjadi ulang tahun ke-100 Pangeran Philip, Ratu Elizabeth II akan diberikan bunga mawar khusus. Ratu berumur 95 tahun itu menerima mawar merah muda yang unik, yang dibuat khusus untuk menandai seratus tahun ulang tahun Duke of Edinburgh.

Mawar-mawar itu telah ditanam di area taman di Kastil Windsor tempat Pangeran Philip pernah membantu mengubahnya. Duke of Edinburgh yang meninggal pada 9 April 2021 genap berusia seabad pada hari ini, Kamis (10/6/2021).

"Hari itu merupakan hari yang akan dihabiskan Ratu "secara pribadi," kata sumber istana, dilansir People.

Mawar itu diberikan kepada Ratu minggu lalu oleh Presiden Royal Horticultural Society, Keith Weed. Setelah menerima bunga itu, Ratu berkata bahwa bunga itu "terlihat indah". Sejak itu, mawar tersebut telah diberikan tempat di perbatasan mawar campuran Taman Teras Timur di Kastil Windsor.

Pangeran Philip berperan dalam tata letak taman di sana. Ia juga merestrukturisasi petak bunga dan menugaskan untuk ada air mancur teratai perunggu yang berada di tengahnya, kata istana.

"Meskipun sangat pedih, itu juga menyenangkan untuk memberikan Yang Mulia Ratu, pelindung Royal Horticultural Society, mawar Duke of Edinburgh untuk menandai ulang tahun ke-100 HRH Duke of Edinburgh dan untuk mengingat hidupnya yang luar biasa," kata Weed dalam sebuah pernyataan.

"Pengabdian Duke untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya melestarikan alam meninggalkan warisan abadi."

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Akan Didonasikan

Ratu Elizabeth II Dapat Mawar Pink Spesial untuk Peringati Ulang Tahun ke-100 Pangeran Philip
Perbesar
Bunga mawar pink yang didedikasikan khusus untuk mengenang Pangeran Philip. (dok. Steve Parsons / POOL / AFP)

Hasil penjualan setiap mawar Royal Horticultural Society akan disumbangakan ke The Duke of Edinburgh's Award Living Legacy Fund. Dana itu bertujuan untuk membantu lebih banyak anak muda mengambil bagian dalam Duke of Edinburgh Award.

Akhir pekan lalu, putra bungsu Philip, Pangeran Edward dan istrinya Sophie, Countess of Wessex, mengungkapkan tentang hari emosional pemakaman ayahnya pada 17 April 2021. Dalam wawancara, Countess berumur 56 tahun itu, sambil menangis mengatakan kepada majalah The Telegraph tentang saat "ketika semuanya berhenti".

"Saat itulah perintah diberikan kepada tentara untuk membalikkan persenjataan mereka," katanya.

Ini adalah minggu yang emosional bagi Ratu. Pada Sabtu, 12 Juni 2021, dia akan bergabung dengan sepupunya, Duke of Kent, untuk merayakan versi kecil Trooping the Colour, parade ulang tahun tahunannya.

Minggu ini juga memberikan kegembiraan bagi keluarga kerajaan dengan kedatangan anggota keluarga baru yakni Lilibet Diana. Dia menjadi cicit ke-11 Ratu Elizabeth yang mendapatkan nama dari panggilan masa kecil Ratu.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rencana Pameran

Pangeran Philip Berulang Tahun Seabad, Kerajaan Gelar Pameran Spesial di Kastil Windsor
Perbesar
Pangeran Philip. (dok. LEON NEAL / AFP)

Akhir bulan ini, Ulang tahun Pangeran Philip akan dirayakan dalam sebuah pameran besar di Kastil Windsor. Jubah yang dia kenakan dalam penobatan istrinya pada 1953 akan dipamerkan. Beberapa hadiah resmi yang dia berikan selama hidupnya sebagai pendamping Ratu dan memorabilia dari hari-harinya melayani sebagai perwira angkatan laut juga akan dipajang.

Terdapat pula undangan pernikahan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. Benda itu menjadi kenang-kenangan akan momen Philip dan Ratu Elizabeth meresmikan hubungan asmara mereka pada 1947. Selain itu, turut ditampilkan pesanan layanan dan menu sarapan pernikahan keduanya.

RHS (Royal Horticultural Society) menyelenggarakan Chelsea Flower Show yang biasanya dihadiri oleh para bangsawan. Tahun ini, festival bunga itu ditunda hingga September mendatang. (Jihan Karina Lasena)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya