Sukses

Pendapatan Pengusaha Pariwisata di Jakarta Menurun Sampai 75 Persen Selama Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 membuat para pelaku usaha pariwisata di DKI Jakarta mengalami penurunan pendapatan yang sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 sangat memengaruhi pendapatan para pelaku usaha pariwisata di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Jakarta. Hal tersebut terungkap berdasarkan survei yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta 2021.

"Survei tersebut terkumpul sebanyak 1.835 sampel responden. Dari jumlah itu sebanyak 1.429 responden pekerja, sedangkan 406 responden pelaku usaha," seperti dilansir dari akun Instagram @disparekrafdki, Rabu, 9 Juni 2021.

Dari survei tersebut ditemukan hasil bahwa mayoritas responden mengakui kondisi pandemi Covid-19 memengaruhi usaha pariwisata mereka. Mereka mengalami kerugian cukup drastis sebanyak 73 persen.

Mayoritas dari mereka mengalami perubahan penghasilan selama pandemi Covid-19. Penurunan penghasilan mereka sangat banyak, lebih dari 75 persen dari pendapatan sebelumnya.

"Mewabahnya covid-19 di Indonesia mengakibatkan banyak pelaku usaha pariwisata menutup usahanya serta pegawai khususnya di sektor pariwisata mengalami PHK atau dirumahkan.⁣ Pemerintah bekerja sama memberlakukan kebijakan mengatasi penyebaran virus di Indonesia dan pemulihan pasca Covid-19," tulis akun tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata

Untuk memulihkan sektor pariwisata Provinsi DKI Jakarta menyusun Quick Wins. Penyusunan tersebut melibatkan pelaku usaha pariwisata, termasuk pekerja dan pemilik usaha pariwisata dan pemerintah daerah.

"Pemerintah perlu menghimpun masukan dari stakeholders pariwisata terdiri dari Asosiasi Pariwisata, himpunan pariwisata, dll mengenai kebijakan dan kondisi selama pandemi COVID-19, yang paling memberikan dampakn bagi pelaku usaha & pekerja sektor pariwisata," tulis akun tersebut.

Semua masukan tersebut akan digunakan untuk memetakan kesiapan dan rencana pelaku usaha sektor pariwisata untuk pulih dari dampak pandemi. Selain itu, penyusunan Quick Wins untuk mengeksplorasi masukan mengenai dukungan yang dibutuhkan pekerja dan pemilik usaha pariwisata dari pemerintah sebagai upaya pemulihan pariwisata di Jakarta.

3 dari 4 halaman

Penutupan Lokasi Wisata

Kerugian dan penurunan pendapatan para pekerja dan pelaku usaha serta pemilik usaha pariwisata sangat beralasan. Selama pandemi Covid-19, sejumlah lokasi wisata di Jakarta sempat tutup sementara.

Beberapa lokasi wisata yang sempat buka tutup sementara di antaranya Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah. Selain itu, sejumlah hotel dan pusat perbelanjaan juga sempat mengalami penutupan.

Penutupan sementara itu untuk menghindari penyebaran Covid-19. Saat ini, lokasi wisata di Jakarta telah buka kembali dan para pekerja dan pelaku usaha pariwisata berharap pandemi Covid-19 segera berlalu.

4 dari 4 halaman

Kondisi Pariwisata Usai Setahun Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.