Sukses

Jasa Sewa Orang Gemuk di Jepang, Apa Tujuannya?

Pihak penyedia di Jepang mengklaim tidak bermaksud merendahkan orang gemuk dengan layanan sewa tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki tubuh gemuk tak selalu merugikan, justru dapat bermanfaat bagi orang lain, seperti terjadi di Jepang. Sejak April 2021, di Negara Matahari Terbit itu muncul layanan untuk menyewa orang gemuk. 

Ini sebuah layanan online baru yang mengizinkan individu dan perusahaan untuk sewa orang gemuk. Tarifnya 2.000 yen atau seharga Rp260 ribu per jam, seperti dilansir dari laman Oddity Central, Rabu, 9 Juni 2021.

Layanan baru yang disebut Debucari ini memungkinkan siapa saja untuk menyewa orang gemuk. Orang gemuk yang dimaksud adalah mereka yang berat badannya lebih dari 100 kilogram.

Debucari dioperasikan oleh Mr Bliss, orang yang sama yang mendirikan merek fashion ukuran plus Qzilla. Laman perusahaan menyatakan bahwa Mr Bliss datang dengan ide untuk Debucari setelah berjuang untuk menemukan model ukuran plus untuk merek pakaiannya.

Dia mendirikan agen pencari bakat untuk orang-orang yang kelebihan berat badan pada 2017. Sekitar 45 orang, sebagian besar pelanggan Qzilla mendaftarkan diri setelah pengumuman perekrutan dibuat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Merendahkan

Sejak April tahun ini, Debucari mengumumkan bahwa mereka akan mulai menyewakan orang gemuk kepada individu atau perusahaan yang membutuhkan orang gemuk. Mereka disewa sebagai model mencoba pakaian untuk teman yang kelebihan berat badan atau hanya membutuhkan seseorang yang lebih gemuk dari orang lain.

Untuk perusahaan, alasan yang masuk akal mungkin membutuhkan orang gemuk untuk bagian dalam iklan. Mereka disewa untuk mempromosikan rencana diet.

Debucari menjelaskan dengan sangat jelas bahwa istilah gemuk tidak digunakan dengan cara yang merendahkan terkait layanannya. Sebaliknya, mereka harus dianggap positif dan diberdayakan.

3 dari 4 halaman

Berapa Tarifnya?

Orang-orang berukuran besar yang melamar untuk masuk Debucari harus tak memiliki masalah dengan disebut gemuk. Syarat wajib lainnya adalah mereka memiliki berat lebih dari 100 kilogram, baik pria maupun wanita  berusia di atas 18 tahun.

Perusahaan menyatakan bahwa seluruh biaya 2.000 yen diberikan kepada orang yang disewa. Debucari hanya mendapatkan komisi yang dinegosiasikan dengan klien korporat.

Debucari sudah memiliki daftar orang yang kelebihan berat badan yang tersedia untuk disewa di beberapa kota besar di Jepang, termasuk Tokyo, Osaka, dan Aichi.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.