Sukses

Pangeran Philip Berulang Tahun Seabad, Kerajaan Gelar Pameran Spesial di 2 Istana

Jika masih hidup, Pangeran Philip akan merayakan ulang tahun ke-100 pada hari ini, Kamis, 10 Juni 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Pangeran Philip masih hidup, ia hari ini, Kamis (10/6/2021), merayakan ulang tahun ke-100. Meski begitu, sosoknya tetap mendapat tempat tersendiri di Kerajaan Inggris. Sebuah pameran musim panas akan menampilkan cerita hidup Duke of Edinburgh lewat 150 objek yang ditampilkan ke publik.

Dilansir dari laman Independent, Selasa, 8 Juni 2021, pameran bertujuan untuk menghormati mendiang Pangeran Philip sebagai pendamping Ratu/Raja terlama di kerajaan tersebut. Ia meninggal pada usia 99 tahun di Kastil Windsor, pada Jumat, 9 April 2021.

Pameran khusus itu akan digelar di dua tempat, yakni Kastil Windsor sebagai tempat peristirahatan terakhir Pangeran Philip, serta Istana Holyroodhouse. Pameran di Kastil Windsor akan dibuka pada 24 Juni 2021, sedangkan pameran di Istana Holyroodhouse akan digelar pada 27 Juli 2021.

Di antara barang yang dipamerkan terdapat undangan pernikahan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. Objek itu menjadi kenang-kenangan akan momen Philip dan Ratu Elizabeth meresmikan hubungan asmara mereka pada 1947. Selain itu, akan ditampilkan pula pesanan layanan dan menu sarapan pernikahan keduanya.

Dalam menu sarapan tertulis Filet de Sole Mountbatten yang merupakan bentuk penghormatan terhadap keluarga Pangeran Philip. Sementara, menu Bombe Glacee Princess Elizabeth dihidangkan sebagai bentuk penghormatan bagi pengantin wanita kerajaan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Jubah Penobatan dan Mahkota

Selain barang-barang pernikahan mereka, di pameran yang berjudul "Highlights of Prince Philip: A celebration at Windsor" itu, pengunjung bisa melihat jubah penobatan dan mahkota yang dikenakan oleh sang duke dalam momen penobatan Elizabeth sebagai Ratu Inggris sekaligus pengangkatannya sebagai Chair of Estate pada 1953. Barang-barang itu biasanya diletakkan di Ruang Tahta di Istana Buckingham.

Philip berperan penting dalam upacara penobatan tersebut. Ia lah yang memengaruhi keputusan acara tersebut disiarkan di televisi secara langsung. Momen penobatan itu menjadi yang pertama disaksikan jutaan pasang mata lewat televisi, dan bahkan disiarkan di luar negeri.

Pameran juga akan menampilkan sejumlah hadiah yang diterima Duke of Edinburgh dalam kunjungan kenegaraan, baik lawatan ke luar negeri maupun agenda kerajaan resmi. Termasuk di dalamnya hiasan kepala berbulu First Nation yang diterimanya di Kanada pada 1973 dan sebuah pendingin anggur berbentuk jangkrik raksasa yang diberikan Presiden Prancis Pompidou pada 1972.

Kebanyakan objek yang ditampilkan di Kastil Windsor adalah segala aktivitasnya di Istana Windsor serta komunitas lokal. Maka, pengunjung juga bisa melihat jurnal yang dituliskan nenek buyut ibunya, Ratu Victoria, yang sempat mencatat kelahiran Putri Alice, ibunda Pangeran Philip, sebagai bayi yang sangat cantik.

Pangeran Philip juga terlibat dalam proses restorasi Kastil Windsor setelah terbakar pada 1992. Sebuah potret Philip berdiri di cangkang Aula St. George sambil memegang rol cat juga akan dipajang di pameran itu.

3 dari 4 halaman

Pameran di Istana Holyroodhouse

Sementara itu, pameran di Holyroodhouse akan menampilkan sejarah masa kecil dan karirnya di Angkatan Laut. Pameran akan memajang buku catatan Midshipman-nya dari 1940, yang menggambarkan perannya dalam mengoperasikan lampu sorot kapal pada Pertempuran Cape Matapan saat ditempatkan di HMS Valiant yang berada di lepas pantai Yunani.

Hubungannya dengan Skotlandia dan Edinburgh juga akan dieksplorasi dalam pameran. Kota terakhir adalah sumber gelar bangsawan yang didapatnya jelang pernikahannya.

Ia juga memiliki minat tinggi dalam desain Yacht Kerajaan Britania yang dibangun di galangan kapal Clybak di Skotlandia. Pendamping Ratu Elizabeth II juga dikenal sebagai kolektor seni kontemporer Skotlandia. 

Philip memperoleh sebagian besar koleksi dari pameran tahunan di Royal Scottish Academi antara 1958 sampai 1996. Beberapa di antaranya dipajang di istana. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.